Rekomendasi gabre cameron W4vDQETfroY unsplash

4 Bakso Ikan Kemasan yang Enak

Ingin mencicipi bakso ikan dengan sangat  mudah dan tidak merepotkan? Bakso ikan kemasan bisa menjadi salah satu sebuah  pilihan. apalagi sekarang tersedia bakso ikan yang enak dengan berbagai varian dari berbagai merk terkenal yang bisa anda pilih.

neski sangat populer dan menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang di Indonesia, ternyata bakso berasal dari Tionghoa, tepatnya bermula dari masa Dinasti Ming yang berkuasa di China pada 1368-1644. Di Indonesia sendiri jenis bakso yang paling populer adalah bakso sapi, namun saat ini terdapat banyak varian bakso lain yang tidak kalah enak, salah satu nya bakso ikan. Pada artikel ini akan di bahas mengenai cara memilih dan rekomendasi bakso ikan kemasan yang enak, serta beberapa ide pengolahannya.

Tips Memilih Bakso Ikan Berkualitas Bagus

Rasa bakso ikan memang tidak kalah lezat dari bakso sapi, sehingga cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Dari segi tampilannya, bakso ikan terlihat lebih putih dibandingkan bakso sapi yang warnanya cenderung abu-abu gelap. supaya memperoleh bakso ikan kemasan berkualitas bagus dan lezat, coba terapkan beberapa tips di bawah ini.

1.Mengetahui jenis ikan yang jadi bahan baku

Umum nya bakso ikan kemasan yang bagus memiliki ciri khas, seperti warna nya putih bersih, tidak ada kotoran, dan tidak ada warna lain. Warna putih tersebut sebenar nya berasal dari warna daging ikan yang dijadikan sebagai bahan bakunya, yaitu warna putih. Daging ikan yang berwarna putih juga akan memberikan tekstur bakso yang lebih elastis dibandingkan dengan daging ikan warna lain karena kandungan aktin dan myosinnya yang cukup tinggi,.

Ikan berdaging putih yang cocok digunakan untuk membuat bakso ikan kemasan adalah ikan cunang, kerapu, tenggiri, kakap, layur, dan golok-golok. Sedangkan ikan yang dagingnya berwarna merah kurang bagus jika diolah menjadi bakso, karena mengandung histidin yang bisa diubah menjadi histamin dan dapat menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal. Selain itu, tampilan dan tekstur bakso juga tidak sebagus bakso dari daging ikan yang berwarna putih.

Baca Juga:  10 Coffee Shop di Jakarta Selatan Paling Nyaman dan Kekinian

Dari berbagai jenis ikan berdaging putih, ikan tenggiri menjadi salah satu jenis ikan yang sering dijadikan sebagai bahan baku bakso ikan kemasan. Dagingnya yang tebal dan duri yang sedikit menjadi alasan lain ikan tenggiri dipilih untuk membuat bakso. Terlebih lagi, tingkat aktin dan myosin dalam ikan ini cukup tinggi, jadi tekstur bakso akan jadi kenyal.

Meski kandungan proteinnya tergolong tinggi, namun kadarnya bisa menurun karena banyaknya bahan tambahan yang digunakan saat membuat bakso, misalnya tepung. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memastikan persentase daging ikan lebih banyak dibandingkan bahan tambahan bakso. Untuk bakso ikan kemasan, Anda bisa mengecek komposisinya untuk memastikan hal tersebut.

Jenis ikan lain yang juga sering dijadikan sebagai bahan bakso ikan kemasan adalah ikan tuna karena dagingnya tebal, rasanya enak, serta mengandung protein, vitamin, mineral, dan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan. Sebagai perenang yang handal, ikan tuna memiliki otot daging yang kompak dan diyakini bisa menghasilkan olahan bakso yang berkualitas. Selain diolah sebagai bakso, ikan tuna juga dikemas dalam kaleng dan dipasarkan secara luas ke minimarket maupun swalayan.

Kalau Anda kurang tahan bau amis ikan, coba cicipi bakso ikan kemasan yang menggunakan ikan kerisi sebagai bahan bakunya. Kandungan ureanya yang tidak terlalu tinggi membuat bau ikan kerisi tidak seamis ikan lain, jadi sering juga diolah sebagai surimi. Dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan ikan berdaging putih lainnya, jadi ikan ini menjadi salah satu bahan baku favorit produsen bakso ikan.

2.Mencari tahu ada atau tidaknya bahan tambahan

Semakin banyaknya merk bakso ikan kemasan, membuat produsen menambahkan bahan tertentu supaya produknya tetap diminati oleh masyarakat. Beberapa bahan yang sering ditambahkan pada bakso ikan, antara lain wortel, keju, atau bahkan cabai. Bahan tambahan sayuran akan mempercantik tampilan bakso, sekaligus meningkatkan kadar vitamin dalam bakso ikan kemasan. Sedangkan bahan tambahan seperti keju dan cabai akan menghadirkan rasa yang berbeda ketika memakan bakso tersebut.

Baca Juga:  11 Brand Minuman Kesehatan Asli Indonesia yang Berkualitas

3.Memastikan merk bakso ikan sudah terdaftar di BPOM dan MUI

Saat memilih bakso ikan kemasan, pastikan dalam kemasannya sudah tercantum nomor izin dari BPOM dan logo halal MUI. Produk yang sudah terdaftar di dua lebaga tersebut biasanya mencantumkan delapan informasi terkait produk yang dijual. Informasi tersebut mencakup nama produk, sertifikasi halal, kandungan isi, waktu expired, kuantitas isi, nama produsen pembuat produk, dan informasi gizi. Dengan demikian, produk tersebut akan terjamin keamanan dan kehalalannya.

Berikut ini empat rekomendasi baso ikan kemasan yang enak ialah :

 

1. So Good Fish Meatball Soup Original

 

Rekomendasi so 1

( Gambar baso ikan merek SO Good )

Bakso ikan kemasan dari So Good ini sudah dilengkapi dengan bumbu kuah instan, sehingga Anda bisa menyajikan bakso ikan dengan cepat. Penyajiannya juga tidak sulit, tinggal rebus bakso dalam 400 ml air bersama bumbu instannya selama 5 menit. anda juga bisa menyajikan nya dengan cara di goreng mau pun dapat  di campurk an bersama bahan makanan lain, misal nya cap cay atau sup. di kemas dengan berat bersih 120 gram, So Good Fish Meatball bisa dibeli melalui minimarket, pasar, maupun swalayan dengan harga 15 ribuan rupiah.

Lokasi : Candra Buana Surya Semesta Pt., Jl. Tipar Cakung No.49, RT.3/RW.7, Cakung Bar., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13910

Website : www.sogood.id

 

2. Shifudo Bakso Ikan

 

Rekomendasi shif

   ( Gambar Bakso Ikan merek shifudo )

Shifudo Bakso Ikan terbuat dari beberapa komposisi, antara lain ikan, air, tepung tapioka yang dimodifikasi, isolat protein kedelai, garam, bawang putih, dan putih telur bubuk. Bakso ikan kemasan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, jadi pasti akan digemari oleh seluruh anggota keluarga. Shifudo Bakso Ikan dikemas dengan berat bersih 500 gram berisi 33 butir bakso dan harganya 24 ribuan rupiah.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Gitar Akustik Elektrik Terbaik

Lokasi : Treasury Tower Lt.8, District 8 SCBD Lot. 28 Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Senayan, Kebayoran Baru
DKI Jakarta 12190 Indonesia

Website : www.cpp.co.id

3. Kusno Baso Ikan

 

Rekomendasi kusno

( Gambar Bakso ikan Merek Kusno )

Terbuat dari bahan dasar ikan segar, Kusno Baso Ikan sangat cocok diolah sebagai camilan maupun campuran nasi goreng, siomay, maupun dikukus saja. Merk bakso kemasan yang sudah bertahan selama lebih dari 30 tahun di Indonesia ini memang rutin melakukan pengujian dalam hal  kualitas dan keamanan produk baksonya, sehingga pernah dinobatkan sebagai Usaha Makanan Terbersih se-Indonesia. Saat ini Kusno Baso Ikan sudah dijual juga secara online melalui e-commerce dengan harga 22 ribuan rupiah untuk kemasan 250 gram.

Lokasi : Jl. Sunan Gn. Jati No.6b, RT.003/RW.008, Paninggilan, Kec. Ciledug, Kota Tangerang, Banten 15153

Website : www.primafreshmart.com

 

4. Edo Fish Ball 500gr

 

Rekomendasi edo

  ( Gambar bakso ikan merek Edo Fish Ball )

Edo Fish Ball merupakan bakso ikan kemasan yang diproduksi oleh PT Sukanda Djaya yang mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi penting lain untuk tubuh. Komposisi yang menyusun produk ini hanyalah ikan segar, air es, tepung tapioka, minyak sayur, gula, garam, dan penyedap rasa, tanpa tambahan bahan  pengawet maupun pewarna sintetis. Edo Fish Ball bisa dibeli melalui e-commerce dan harganya sekitar 49 ribuan rupiah untuk kemasan 500 gram.

Lokasi :Kawasan Industri MM 2100, Jl. Irian No.2, Danau Indah, Kec. Cikarang Bar., Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17520

Website : www.sukandadjaya.com

 

Kesimpulan

Selain bakso sapi, bakso ikan kemasan juga cukup  banyak di gemari di Indonesia karena rasanya enak dan mudah di jadikan beragam jenis olahan. di artikel ini sudah di bahas mengenai  dalam cara memilih dan rekomendasi merk bakso ikan kemasan dari berbagai merk, serta beberapa resep untuk dapat mengolah nya.