Rekomendasi jan de keijzer kJA2Rk q kE unsplash

2 Spion Motor Terbaik

Spion merupakan perlengkapan yang wajib terpasang pada sepeda motor. Fungsi dari spion motor adalah untuk dapat memudahkan pengendara saat melihat situasi di belakang dan samping. namun, banyak pengendara yang kurang cocok dengan model spion bawaan pabrik sehingga melakukan beberapa modifikasi.

kami akan mengulas tips memilih spion motor variasi yang aman dan keren untuk segala beberpa  jenis sepeda motor. kami juga memberikan rekomendasi spion motor dari merek terbaik untuk anda. Artikel ini sudah di tinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Yuk, temukan merek spion motor yang bagus untuk motor kesayangan anda.

Peraturan penggunaan spion motor di Indonesia

Hal pertama yang harus anda ketahui sebelum membeli spion motor adalah mengenai aturan penggunaan nya. supaya anda tidak menyalahi aturan dan di kenakan denda, simak peraturan penggunaan spion motor berikut ini.

Penggunaan spion pada motor diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2012 pasal 37. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa pemasangan spion motor haruslah berjumlah dua atau lebih. Selain itu, spion motor harus terbuat dari kaca atau bahan lain yang dapat memberikan pandangan dengan jelas.

Nah, bagaimana jika pemasangan spion motor tidak sesuai aturan? anda dapat terancam pidana kurungan paling lama sebulan dan denda maksimal 250 ribu bila spion Anda tidak memenuhi aturan. Ketentuan ini telah diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 ayat 1. Untuk itu, pastikan spion motor anda sudah memenuhi standar, ya!

Cara memilih spion motor

Setelah Anda mengetahui peraturan mengenai pemasangan spion motor, kini saatnya kami menjelaskan tips memilih produk terbaik. untuk itu, simak penjelasan berikut ini sampai tuntas.

Baca Juga:  7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

① Utamakan spion motor dengan cermin cembung untuk meminimalkan blind spot saat berkendara

Di pasaran, anda akan menemukan banyak model spion motor variasi. pada umumnya, terdapat dua jenis kaca atau cermin yang digunakan dalam pembuatan spion motor, yaitu cermin datar dan cembung. untuk mengetahui perbedaannya, silakan simak sifat bayangan cermin spion berikut ini.

Cermin datar: sifat bayangannya maya, tegak, dan sama besar.

Cermin cembung: sifat bayangannya tegak, tidak terbalik, dan memberikan tampilan belakang yang lebih luas.

Biasa nya spion motor pabrikan dari merek Honda, Yamaha, atau Suzuki menggunakan jenis cermin cembung. selain memberikan tampilan yang lebih luas, bayangan objek pada cermin cembung akan terlihat lebih kecil.

Cermin cembung dapat meminimalkan titik buta atau blind spot sehingga lebih aman untuk di gunakan. sementara itu, spion dengan cermin datar tidak direkomendasi kan karena fungsi memberikan sudut pandang  secara kurang maksimal.

② Untuk pengguna motor sport atau motor matic, cek model spion lipat

Spion motor menjadi aksesori yang paling mudah terbentur saat mengendarai sepeda motor. Hal ini terlebih jika Anda sering mengalami kesulitan saat memarkir sepeda motor. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan jenis spion lipat.

Spion lipat bisa menghemat tempat ketika parkir. namun, jangan lupa untuk membukanya kembali ketika Anda akan berkendara. Spion lipat cocok dipasang pada motor sport dengan full fairing atau motor matic. hal yang paling penting adalah memperhatikan panjang spion nya. Jangan sampai spion lipat melebihi panjang setang sepeda motor karena membahayakan saat berkendara.

Spion lipat memiliki ukuran yang beragam, ada yang bentuknya ramping dan ada pula yang berukuran besar layaknya spion mobil. Beberapa motor matic 155 cc pun sering menggunakan jenis spion ini, seperti Yamaha N-Max. Desainnya bahkan ada yang mirip dengan spion pada motor sport Yamaha R25.

Saat berkendara dengan kecepatan penuh, Anda juga dapat menekuk spion motor sehingga lebih mudah dalam melakukan manuver. Menariknya lagi adalah terdapat beberapa merek spion lipat yang sudah terintegrasi dengan lampu sein LED. Jenis spion ini dapat memberikan kesan yang gagah pada motor anda.

③ Jika ingin tampilan motor yang lebih ringkas, pilih model spion tomok

Spion tomok pertama kali diperkenalkan oleh Rizoma, yaitu perusahaan yang memproduksi perlengkapan sepeda motor dari Italia. Produk Rizoma biasanya digunakan untuk motor-motor premium, seperti Ducati dan BMW. namun, saat ini sudah banyak produsen yang menjual spion motor model tomok dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Pilihan Jenis Topi Pria Terbaik

Dari sisi desain, spion tomok memiliki bentuk yang lebih compact dan minimalis dibandingkan spion motor pabrikan. Jadi, tak heran jika spion tomok sering di pilih pengendara yang ingin memodifikasi sepeda motor nya agar terlihat lebih ramping. anda pun dapat dengan sangat mudah melakukan manuver tanpa khawatir spion tersenggol kendaraan lain di sisi kiri dan kanan.

Jika Anda memutuskan untuk memilih jenis spion tomok, perhatikan ukuran kacanya. Biasanya spion tomok menggunakan kaca yang lebih kecil dibandingkan spion standar untuk tampilan yang lebih ringkas. hal tersebut berpengaruh pada kenyamanan anda dalam melihat kondisi jalan di belakang ketika mengemudi. Engsel spion tomok rata-rata hanya bisa digerakkan secara vertikal sehingga pengaturannya kurang fleksibel.

④ Suka tampilan motor yang klasik dan retro? Cari spion berbentuk bulat

Saat ini, banyak sepeda motor modern yang dimodifikasi dengan gaya retro atau klasik. Salah satu aksesori motor retro yang kerap dimodifikasi adalah bagian spionnya. Nah, pilihlah spion dengan bentuk bulat untuk menambah kesan klasik. Jenis spion ini juga dikenal dengan spion retro karena banyak terpasang pada motor pabrikan tahun 80-an.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya, bolehkah pengendara sepeda motor memakai spion jalu atau bar end? Pada umumnya, spion jalu hanya digunakan untuk keperluan kontes sepeda motor. namun, belakangan ini spion jalu juga dipasang pada motor modifikasi bergaya retro.

Sebenarnya, spion retro merupakan spion standar pabrikan sehingga tidak masalah untuk digunakan. Hanya saja jika Anda membeli spion jenis retro aftermarket, pilih yang spesifikasinya sesuai dengan spion standar pabrikan (kaca cembung). Penggunaan spion jalu tidak direkomendasikan karena mengurangi safety riding. Spion tersebut memberikan sudut pandang kecil serta menambah panjang setang kendaraan.

untuk pemasangannya, spion jalu diletakkan pada bagian ujung setang motor dengan posisi yang sejajar. Kondisi ini tentunya bisa membuat Anda merasa kesulitan saat ingin melihat kondisi dari sisi kanan, kiri, ataupun belakang. Jika Anda mengutamakan kenyamanan dan keamanan, hindari memasang spion jalu pada sepeda motor Anda.

Kami telah mengulas spion jalu secara khusus untuk kepentingan modifikasi. anda bisa membacanya melalui link di bawah ini!

⑤ Miliki spion dengan panjang tangkai sekitar 15 cm agar mudah mengatur area pandang

Setelah Anda menentukan desain spion yang akan digunakan, jangan lupa untuk mempertimbangkan panjang tangkainya. Untuk spion pabrikan, panjang tangkainya bisa mencapai 15 cm. Spion dengan tangkai yang panjang dapat menjadi patokan saat Anda mengendarai sepeda motor. Jika motor Anda menyenggol kendaraan lain, bagian motor yang pertama kali tersenggol dan mengalami kerusakan adalah spion.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Hotel di Jakarta Utara yang Dekat Tempat Wisata

Spion yang tangkainya panjang memang lebih  sangat mudah untuk di atur bidang pandang nya. namun, spion yang terlalu panjang dan melebihi stang motor akan membahayakan pengendara. makin panjang spion, makin besar pula risiko bersenggolan dengan pengendara lain. hal ini tentunya mengakibat kan pada risiko kecelakaan lebih besar. Jadi, pilih lah spion yang memiliki panjang tangkai sama dengan spion pabrikan apa pun jenis spion nya.

⑥ Pertimbangkan spion berbahan aluminium yang ringan atau besi yang awet sesuai dengan kebutuhan

Cek pula material tangkai dan frame spion motor. Pada umumnya, frame pada spion motor dibuat menggunakan material aluminium CNC. Jika anda menginginkan produk yang awet dan tidak akan mudah patah, pilih lah spion motor dengan material tangkai besi.

1. Spion Vespa Panjang Chrome

 

Rekomendasi chorme

                                                           ( Gambar spion vespa panjang chorme )

Spion dengan look klasik khas retro

Kelebihan:

  • Panjangnya mencapai 20 cm, makin akan mudah mengatur pandangan

Kekurangan:

  • Tidak menggunakan cermin cembung

Bagi anda yang menyukai sepeda motor dengan style retro, kami rekomendasikan produk ini untuk anda. dengan desain khas klasik berupa cermin datar berbentuk bulat, spion ini terkesan vintage.

Selain untuk motor bergaya retro, anda juga dapat mengaplikasikannya pada motor model chopper. dengan kombinasi jenis setang telanjang, spion ini, dan lampu depan berbentuk bulat, modifikasi motor anda akan makin lengkap.

Lokasi : Jl. BSD Boulevard Utara, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten 15339

Website : www.biggo.id

 

2. Spion Tomok 2 Full CNC FULL Model Rizoma

 

Rekomendasi tomok

                                          ( Gambar spion tomok 2 Full Cnc full model rizoma )

Desain minimalis dan foldable, tak perlu ragu melaju

Kelebihan:

  • Dapat digunakan untuk Ninja 250, N-Max, Vario, R15, R25, CB150R, dan sebagainya
  • Tersedia banyak pilihan warna untuk disesuaikan dengan bodi motor

Kekurangan:

  • Hanya menyediakan satu jenis kunci L, sementara ada tiga jenis baut

Jika anda kerap melewati jalanan padat, pertimbangkan lah untuk memilih produk ini guna dapat meningkat kan ketangkasan. Spion model tomok Rizoma ini memiliki desain tangkai yang pendek sehingga tak akan mudah membentur atau pun menyenggol kendaraan lain. pemasangannya pun mudah karena kompatibel dengan beragam dudukan spion motor.

Selain itu, produk ini dapat di lipat dengan secara  mudah sehingga tidak memakan tempat saat anda memarkirkan kendaraan. Spion ini juga tersedia dalam banyak warna yang bisa disesuaikan dengan warna motor anda. Material nya merupakan aluminium CNC hingga ke bagian rumah atau frame cermin spion.

Lokasi : Jl. Kebon Jeruk III No.35-A, RT.8/RW.6, Maphar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11160

Website : www.priceza.co.id

 

Kesimpulan

Kami telah mengulas tips memilih dan merekomendasikan produk spion motor terbaik untuk anda. apakah anda sudah menemukan produk yang tepat? Harga spion motor yang dijual di pasaran beragam sehingga anda dapat memilih sesuai dengan budget dan selera.

Spion yang bagus adalah spion yang dapat membantu anda melihat kondisi lalu lintas di belakang dengan nyaman. bagi anda yang peduli terhadap keselamatan berkendara, lengkapilah motor anda dengan  cara memasang dua buah spion, ya!