Rekomendasi arif ubayy 1CxMSTES6Ik unsplash

13 Daftar Restoran Keluarga Terfavorit di Jogja

Keindahan alam, budaya, serta hal nya  keramahan masyarakat Jogja memiliki daya tarik tersendiri. karena itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja. selain tempat wisata, restoran yang ada di Jogja pun menjadi incaran. tak heran jika restoran di Jogja yang enak dengan suasana  cukup nyaman banyak yang  bermunculan.

agar tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih restoran di Jogja. kami juga memiliki rekomendasi restoran di Jogja yang terkenal dan restoran di Jogja dengan pemandangan  yang cukup indah. ada beberapa restoran yang bisa di pilih, yaitu Bale Raos, The House of Raminten, atau Gudeg Yu Djum dan lain sebagai nya Yuk,mari di simak :

Table of Contents

Cara memilih restoran di Jogja

Sebelum anda memutuskan pilihan, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tips memilih restoran di Jogja. ada beberapa poin penting perlu anda perhatikan. apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini :

 

① Pilih restoran yang luas atau memiliki playground seperti Gubug Makan Mang Engking dan JIWAJAWI untuk makan bersama keluarga

Restoran dengan area yang luas tentu sangat  cocok di jadikan tempat makan bersama keluarga tercinta. Beberapa restoran keluarga juga menyediakan gubuk-gubuk yang berjarak. alhasil, anda bisa menikmati kebersamaan keluarga dengan lebih akrab tanpa gangguan pelanggan lain.

Khusus untuk anda yang ingin berkunjung dengan anak, pilihlah restoran yang kids friendly. Selain menyediakan kursi bayi, beberapa restoran juga ada yang memiliki area bermain yang luas untuk anak. alhasil, si kecil tak akan mudah rewel saat diajak makan bersama.

Gubug Makan Mang Engking dan JIWAJAWI merupakan beberapa restoran di Jogja untuk keluarga yang dapat anda kunjungi. JIWA JAWI menyediakan lahan outdoor yang cukup luas untuk anak bermain. sementara itu, Gubug Makan Mang Engking merupakan restoran di Jogja yang ada playground anak, kolam ikan, dan permainan lain sebagai nya. tak hanya keluarga, Gubug Makan Mang Engking juga merupakan restoran di Jogja untuk rombongan besar.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Sepatu Karet Pria Anti Air Terbaik

 

② Temukan yang menyediakan meeting room seperti Kalluna untuk makan bersama kolega

Tak hanya orang terdekat, mengajak kolega untuk makan di restoran juga menjadi ide yang bagus. Jika anda berencana mengajak kolega atau rekan bisnis, pilih restoran yang menyediakan meeting room. Memesan ruang rapat tentunya akan membuat anda lebih  sangat nyaman saat membicarakan kerja sama atau urusan dalam hal pekerjaan.

Selain itu, jika Anda berencana untuk mengadakan rapat, pertimbangkan juga restoran dengan koneksi Wi-Fi yang kuat. terkait hal ini, anda bisa membaca-baca review terlebih dahulu sebelum mengunjungi restoran. Kalluna merupakan salah satu sebuah restoran di Jogja yang ada meeting room dan Wi-Fi. dengan demikian, anda bisa lebih nyaman saat meeting bersama kolega di restoran ini.

 

③ Bila ingin yang Instagrammable, cari restoran dengan interior photogenic seperti Mediterranea Restaurant atau view bagus seperti Abhayagiri

Untuk anda yang ingin selalu eksis di media sosial, restoran-restoran dengan konsep kekinian wajib untuk  di kunjungi. Pada umumnya, Instagrammable restaurant memiliki desain interior yang unik, cantik, atau pun artsy sehingga dapat di jadikan sebagai spot foto. Dua contoh restoran di Jogja yang interior nya fotogenik adalah Mediterranea Restaurant dan Kalluna.

Selain desain interior yang photogenic, beberapa restoran juga menyuguhkan pemandangan cantik, misalnya sawah, pantai, atau perkotaan. Anda bisa memanfaatkan pemandangan tersebut sebagai latar foto, baik sendiri mau pun dengan orang terdekat. tentu nya, restoran dengan pemandangan cantik juga cocok untuk healing sejenak. salah satu restoran di Jogja dengan view bagus yang bisa di kunjungi adalah Abhayagiri.

④ Pertimbangkan berdasarkan jenis makanan yang enak menurut Anda: Makanan khas Jogja, masakan Indonesia, masakan luar, atau healthy food

Ada berbagai jenis makanan yang dapat anda cicipi saat datang ke restoran di Jogja. anda bisa memilih makanan khas Jogja, masakan Indonesia, masakan dari luar negeri, atau makanan sehat. tinggal sesuaikan saja dengan selera anda!

Makanan khas Jogja: Tawarkan cita rasa yang autentik

Sudah jauh-jauh sampai Jogja, anda wajib mencoba menu khasnya yang autentik. Makanan khas yang dapat Anda cicipi, yakni gudeg, sate klatak, tengkleng gajah, dan oseng mercon. kemudian, bakpia, tiwul, dan jadah tempe adalah beberapa makanan ringan yang juga bisa anda coba. beberapa makanan bahkan ada yang dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Gudeg Yu Djum adalah salah satu sebuah  restoran legendaris yang wajib untuk  di kunjungi. Sesuai dengan nama nya, restoran ini menjual gudeg, yang merupakan makanan khas Jogja. selain untuk di makan di tempat, tentunya anda juga bisa membawa pulang gudeg dari restoran ini sebagai oleh-oleh.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik

Makanan Indonesia: Dibuat dari bumbu-bumbu lokal yang pas di lidah

Makanan di Jogja rata-rata di dominasi oleh rasa manis. Nah, apabila anda kurang suka dengan rasa manis, cicipi lah makanan Indonesia lain sebagai nya yang dapat di temui di restoran Jogja. Anda bisa menjadikan soto, nasi goreng, ayam keprek, gurami bakar, atau penyetan sebagai pilihan. makanan-makanan tersebut di buat dari bahan-bahan lokal yang mampu memanjakan lidah anda.

Salah satu contoh restoran yang menjual masakan Indonesia di Jogja adalah The House of Raminten. tak hanya legendaris, The House of Raminten juga merupakan salah satu sebuah  restoran di Jogja yang enak dan murah. selain itu, Bale Raos juga bisa  dapat di kunjungi jika ingin mencoba pengalaman menyantap hidangan ala sultan!

Makanan luar negeri: Rasakan kelezatan yang  cukup berbeda

anda ingin merasakan menu masakan dengan cita rasa berbeda? Kalau begitu, pilih saja restoran yang menghidangkan makanan luar negeri. Di Jogja Anda akan menemui cukup banyak restoran dengan masakan luar negeri, seperti sushi, pizzaribs, bibimbab, dan kebab.

Menariknya lagi, beberapa restoran dikelola langsung oleh chef yang berasal negara-negara tersebut, lho. dengan demikian, rasa yang di hasilkan pun pasti makin lezat dan orisinal! Contohnya adalah Mediterranea Restaurant yang didirikan oleh chef asal Prancis, Kamil Massard Combe.

Healthy food: Untuk asupan yang lebih sehat

apabila anda sedang menjalani diet sehat, restoran dengan menu healthy food adalah pilihan terbaik. Restoran di Jogja tak hanya menyajikan salad sebagai menu yang sehat. ada banyak menu yang di olah  dengan menggunakan bahan baku sehat.

Beberapa restoran di Jogja juga menyediakan menu makanan 100% vegan friendly. Jadi, Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga karena aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Salah satu contoh restoran di Jogja yang menjual makanan sehat adalah Jejamuran. Restoran ini menggunakan jamur sebagai bahan utama pengganti daging dalam berbagai hidangan mereka!

⑤ Ketahui jam bukanya, terutama bila anda mau wisata kuliner pada malam hari atau nge-date

Banyak orang yang memilih untuk mengisi malam hari dengan wisata kuliner. tidak hanya di angkringan pinggir jalan, Anda juga bisa mengunjungi beberapa restoran di Jogja. Namun, Anda harus mengetahui jam bukanya. Pastikan restoran tujuan Anda buka sampai malam atau buka 24 jam.

apabila anda berencana membawa pasangan nge-date, pilih restoran dengan ambience yang romantis. Restoran yang remang-remang dengan iringan live music mungkin bisa menjadi solusi bagus untuk tempat kencan. beberapa restoran bahkan menyediakan layanan khusus menghias meja agar suasana nya makin romantis.

Salah satu restoran di Jogja yang cocok untuk dinner date bersama pasangan adalah Secret Garden. Restoran ini buka sampai jam 23.00 sehingga anda tak perlu terburu-buru meskipun datang larut malam.

Baca Juga:  14 Merk Helm Sepeda Keren & Kekinian

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan tiga restoran terbaik di Jogja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini di pilih secara teliti di antara nya sebagai berikut :

1. Mediterranea Restaurant

 

Rekomendasi medi

                                                  ( Gambar Mediterranea Restaurant Yogyakarta )

Hadir kan cita rasa Prancis yang autentik dari chef ternama

Kelebihan:

  • Memiliki banyak spot Instagrammable untuk para photo hunters
  • Reviewer mengatakan pelayanannya sangat ramah

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengeluhkan perlu menunggu pesanan cukup lama

Anda sedang mencari restoran yang dapat  menghidangkan makanan khas Prancis di Jogja? Mediterranea Restaurant ini lah jawaban nya. Restoran ini di kelola langsung oleh chef ternama, Kamil Massard Combe. Chef Kamil merupakan chef asal Prancis yang hijrah ke Jogja pada tahun 2008.

Karena keahlian nya dalam memasak hidangan khas Prancis, beliau pun mendirikan Mediterranea Restaurant. tak hanya tempatnya yang estetik, menu yang di sajikan pun terbuat dari bahan-bahan  yang berkualitas. terlebih lagi, masakan nya di buat tanpa zat aditif dan semua sayuran di bersihkan menggunakan dengan  air mineral yang bersih.

Lokasi : Tirtodipuran St No.24A, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55143

Website : www.mrbykamil.com

 

2. Gudeg Yu Djum Pusat

 

Rekomendasi djum

                                                             ( Gambar Gudeg Yu Djum Pusat )

Rumah makan gudeg terkenal yang sudah ada sejak 1951

Kelebihan:

  • Memiliki banyak cabang yang tersebar di daerah Jogja
  • Ada pilihan gudeg vakum yang bisa dibawa ke luar kota

Kekurangan:

  • Porsi gudeg kurang banyak menurut beberapa ulasan

Kurang lengkap rasanya jika anda belum mencicipi gudeg saat datang ke Jogja. apabila anda ingin mencoba gudeg di restoran yang terkenal di Jogja, mampir saja ke Gudeg Yu Djum Pusat. Restoran ini sudah ada sejak 1951 dengan cita rasa yang cukup  autentik.

Kenikmatannya yang tidak pernah berubah membuat banyak artis ibu kota singgah ke restoran ini. ada beberapa menu yang dapat anda pilih, yakni Paket Gudeg Nasi, Paket Gudeg Besek, dan Paket Gudeg Kendil. Tinggal sesuaikan saja dengan selera Anda.

Lokasi : Jl. Kaliurang Km. 4,5 CT III/22 Gang Cokrowolo Karangasem, Mbarek, Jl. Agro, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Website : www.gudegyudjumpusat.com

 

3. The House Of Raminten

 

Rekomendasi ruminten

                                                             ( Gambar The House Of Raminten )

Tawarkan konsep restoran unik yang dipenuhi koleksi antik

Kelebihan:

  • Letaknya tidak jauh dari Tugu Yogyakarta sehingga akses nya sangat  mudah
  • Banyak pelanggan yang mengatakan bahwa selain harga nya cukup  terjangkau, makanan nya juga enak

Kekurangan:

  • Tempat nya kurang luas sehingga sering terjadi penumpukan pengunjung
  • Restoran nya kental dengan bau kemenyan sehingga cukup mengganggu bagi orang yang tidak suka dengan aroma nya

Ingin mencoba menikmati hidangan Indonesia dengan konsep Jawa yang  cukup berbeda? Mampir saja ke The House of Raminten. Restoran ini hadir dengan konsep tradisional Jawa. selain pramusaji nya berbusana khas Jawa, restoran ini memiliki alunan musik gamelan guna menciptakan suasana khas Jogja.

tak hanya itu, terdapat barang-barang antik, seperti patung atau pajangan yang menghiasi setiap sudut restoran ini. untuk dapat mendukung pelestarian budaya, pada hari-hari tertentu terdapat live tari yang dapat di nikmati oleh para pengunjung.

Lokasi : Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Website : www.raminten.com

 

Kesimpulan

Kami telah memberikan tiga  rekomendasi restoran terbaik yang ada di Jogja. apakah ada salah satu atau beberapa restoran yang anda sukai? selain  dengan memperhatikan jenis makanan, tipe restoran, serta fasilitas nya, jangan lupa untuk dapat  menyesuaikan dengan bujet anda.

Saat ini, sudah banyak restoran di Jogja dengan harga yang terjangkau, memiliki tempat nyaman sekaligus hidangan yang enak. Jadi, saat berkunjung ke Jogja, jangan habis kan waktu anda di satu tempat saja, ya. Selamat kulineran di kota yogyakarta.