Rekomendasi feo con ganas DiOWbQiS5c4 unsplash

15 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik 2024

Sepatu bola dapat juga  mengoptimalkan performa anda saat bermain sepak bola. meski sekilas terlihat sama, sebenarnya sepatu bola sangat lah bervariasi. terdapat sepatu bola yang ringan, fleksibel, serta yang bisa di pakai untuk lapangan rumput asli dan sintetis. Sepatu bola juga ada yang di buat dari bahan kulit dan tekstil.

kami akan menjelaskan cara memilih sepatu bola yang bagus dari merek Ortuseight, Nike, Specs, adidas, Puma, sampai Mizuno. anda juga akan menemukan rekomendasi sepatu yang terinspirasi oleh pesepak bola legendaris, Lionel Messi dan Neymar Junior. Penasaran? Yuk, baca review lengkapnya di bawah :

Table of Contents

Apa bedanya sepatu futsal dengan sepatu bola?

Sepak bola dan futsal adalah jenis olahraga yang memiliki banyak suatu kemiripan. oleh sebab itu, tak heran jika sebagian orang bingung membedakan sepatu yang cocok untuk futsal dan sepak bola. Perbedaan paling signifikan antara sepatu futsal dan sepatu bola terletak pada bagian alas (outsole) sepatu.

Futsal di lakukan di lapangan rumput sintetis yang lapisan bagian bawahnya terbuat dari beton keras. Untuk lapangan futsal atau mini soccer, pakailah sepatu yang outsole-nya berupa karet yang empuk, kuat, dan lentur. Sepatu futsal juga bersifat antiselip supaya pemain tidak mudah terpeleset saat berlari di atas rumput sintetis yang licin.

Di sisi lain, sepak bola di mainkan di lapangan tanah yang luas dan memiliki rumput asli. Oleh sebab itu, outsole sepatu bola dilengkapi pul atau cleats yang menonjol dan sangat keras. tujuannya adalah agar sepatu dapat mencengkeram tanah sehingga pemain bisa berlari dan berpijak dengan stabil. Sepatu bola kurang ideal di pakai untuk bermain futsal karena akan membuat anda selip saat berlari.

Silakan cek  di bawah jika anda sedang mencari sepatu yang cocok untuk bermain futsal di lapangan berumput sintetis.

Baca Juga:  3 Saus Kacang yang Enak

Cara memilih sepatu bola

Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih sepatu sepak bola. gunakanlah tips di bawah sebagai panduan agar anda memperoleh produk yang tepat.

① Untuk fun football, pertimbangkan sepatu bola dari kulit sintetis atau knit yang ringan dan terjangkau

Sepatu bola dari kulit sintetis memiliki tekstur yang halus, lembut, dan tahan air sehingga aman dipakai saat hujan. sepatu ini harganya terjangkau dan desainnya  cukup beragam. Jika anda biasa bermain sepak bola santai bersama teman-teman, sepatu bola kulit sintetis ini sangatl ah tepat.

Kulit sintetis memiliki bobot yang sangat ringan dan menempel di kaki sehingga anda dapat bergerak dengan bebas. sepatu bola ini cocok di pakai oleh pemain yang banyak berlari, menyerang, dan dribbling bola. Jadi, pemain yang berperan sebagai striker, playmaker, dan winger sangat direkomendasikan memakai sepatu ini. sebagai catatan, sepatu bola kulit sintetis kurang awet karena bahannya mudah retak.

Belakangan ini, banyak juga sepatu bola kulit sintetis yang dikombinasikan dengan bahan tekstil atau knit. tidak hanya ringan, perpaduan kedua bahan ini membuat sepatu bola menjadi lebih nyaman dan pas di kaki. anda pun bisa berlari dengan leluasa layaknya tidak memakai alas kaki. Hal ini membuat kontrol Anda terhadap bola jadi lebih maksimal.

 

② Utamakan sepatu bola dari kulit asli yang awet dan kuat untuk pertandingan

Sepatu bola kulit asli memiliki ketahanan yang sangat bagus, bahkan bisa dipakai hingga lebih dari 2 tahun. Kebanyakan bahan kulit yang digunakan adalah kulit kanguru yang dikenal lembut dan elastis. Bahan kulit asli terasa nyaman dan fitnya lebih bagus karena akan berubah mengikuti bentuk kaki pengguna. Karena itu, tidak aneh bila sepatu ini banyak dipakai oleh para atlet profesional.

Kulit asli memiliki lapisan yang tebal sehingga mampu memberikan perlindungan yang lebih tinggi terhadap kaki pemain. Namun, bobot sepatu bola yang terbuat dari kulit asli cenderung lebih berat. Oleh karena itu, sepatu ini di rekomendasikan untuk pemain tipe bertahan atau pengumpan, seperti bek dan gelandang (midfielder). Kelemahannya, kulit asli tidak tahan air dan mudah kotor apabila terkena hujan.

 

③ Perhatikan tipe pul dari sepatu, misalnya tipe firm ground untuk main di rumput asli

Terdapat berbagai jenis lapangan sepak bola, seperti lapangan rumput asli, rumput sintetis, lapangan tanah, dan lain sebagainya. anda harus menyesuaikan jenis pul atau studs-nya dengan lapangan tempat anda bermain sepak bola.

Firm Ground (FG)

Pul tipe firm groundberbentuk kecil dan tinggi agar Anda tidak mudah terpeleset saat bermain di rumput asli. sepatu ini dapat di pakai pada lapangan dengan tekstur sedang, yakni tidak terlalu keras maupun basah. umumnya, sepatu bola FG memiliki 9 studs di bagian depan dan 4 studs di bagian belakang.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Android TV Box Terbaik

Artificial Ground (AG)

Sepatu dengan studs tipe artificial ground (AG) cocok dipakai untuk lapangan sepak bola dengan rumput sintetis. Pul tipe AG memiliki bentuk lebih kecil dengan posisi yang berdekatan satu sama lain. Jumlah studs yang ada pada tipe AG juga jauh lebih banyak.

Multiground (MG)

Sesuai namanya, pul pada sepatu bola ini bisa digunakan di berbagai jenis lapangan alias multiground(MG). Studs pada sepatu ini berbentuk menyerupai kerucut. Pul akan mencengkeram kuat saat dipakai di lapangan berumput alami dan bisa dipakai bergerak bebas di lapangan berumput sintetis.

 

④ Pilih sepatu dengan sisa 5 mm di ujung jari demi kenyamanan Anda

Sepatu bola memiliki pengaruh yang signifikan terhadap performa Anda saat mengendalikan bola di lapangan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih sepatu dengan ukuran yang tepat dan nyaman di kaki. Tak hanya menurunkan performa, ukuran sepatu yang kurang pas juga beresiko membuat Anda cedera.

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan lima produk sepatu bola terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas

1. NikeTiempo Legend 9 Academy MG

 

Rekomendasi tiempo

                                                            ( Gambar Nike Tiempo Legend 9 )

Upper empuk untuk hasilkan tendangan yang presisi

Kelebihan:

  • Ringan dan empuk untuk gerakan yang lebih gesit dan presisi
  • Dapat digunakan di lapangan dengan rumput asli maupun sintetis
  • Upper-nya tipis dan nyaman di kaki

Kekurangan:

  • Harus memilih ukuran up size jika memiliki kaki yang lebar (wide)

Upper pada sepatu bola Nike Tiempo Legend 9 Academy MG ini di lengkapi bantalan yang  cukup empuk di bagian dalam nya. adanya bantalan tersebut akan membantu anda untuk menghasilkan operan dan tendangan bola yang lebih presisi.

Produk ini layak di pilih oleh anda yang memiliki posisi sebagai striker atau gelandang tengah. sepatu bola ini juga di desain dengan upper dan plate yang tidak bulky. anda pun bisa bergerak dengan gesit saat bertanding di lapangan.

Lokasi : Jl. Jalur Sutera Kav. 29B No. 1-3, Pakualam, Serpong Utara, South Tangerang City, Banten 15326

Website : www.nike.com

 

2. Ortuseight Catalyst Raiden FG

 

Rekomendasi ortuseight

                                                   ( Gambar Ortuseight Catalyst Raiden FG )

Harganya terjangkau, kualitas nya tak mengecewakan!

Kelebihan:

  • Memiliki teknologi Ort-treX agar pemain bisa melakukan akselerasi dan manuver dengan cepat
  • Melindungi kaki agar tidak cedera, tetapi tetap terasa fleksibel
  • Dilengkapi lapisan tipis yang menjaga stabilitas kaki saat berjalan/berlari

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan size chart sehingga perlu lebih teliti saat memilih ukurannya

Catalyst Raiden FG adalah sepatu bola yang harga nya sangat terjangkau. Meski begitu, kualitas dari sepatu bola Ortuseight ini tidak akan mengecewakan. Bagian upper-nya diberi material pelapis yang membuat bentuk sepatu dapat menyesuaikan dengan kaki pengguna.

Selain itu, insole sepatu ini dibuat dengan teknologi Ort-shoX untuk mencegah kaki bergeser dan menyebabkan cedera. Produk ini tersedia mulai dari size 37 sehingga layak dihadiahkan pada remaja yang baru memulai menekuni hobi sepak bola.

Baca Juga:  6 Merk Gula Pasir Kemasan Terbaik

Lokasi : Jln Daan Mogot KM 19.6 Kawasan Pusat Niaga Terpadu Blok FF no. 8 RST, RT.001/RW.001, Poris Jaya, Batuceper, Tangerang City, Banten 15122

Website : www.ortuseight.id

 

3. MILLSXyclops Kaldera FG

 

Rekomendasi millis

                                                 ( Gambar Sepatu MILLS xyclops kaldera FG )

Tampilan stylish yang terinspirasi dari jersey pre-match Timnas dan gunung berapi Indonesia

Kelebihan:

  • Desainnya stylish dan akan menjadi pusat perhatian
  • Memiliki kualitas yang bagus untuk sepatu bola di kelasnya

Kekurangan:

  • Sepatu terasa agak kaku saat pertama kali dipakai

Ingin tampil keren dan stylish saat bermain bola? Pakai saja salah satu sepatu bola MILLS keluaran terbaru ini! meski sepatu bola ini buatan brand lokal, tetapi soal kualitas bisa di adu. Xyclops Kaldera FG memiliki desain yang terinspirasi dari jersey pre-match Timnas dan karakteristik wilayah Indonesia yang di kelilingi gunung berapi.

tampilannya yang colorful dan mencolok, membuat anda menjadi pusat perhatian di lapangan. sepatu bola ini juga memiliki model yang amat fit di kaki, ringan, dan fleksibel sehingga mumpuni untuk dipakai pemain pemula.

Lokasi : Ketapang Business Centre, Komplek, Jl. Kyai Haji Zainul Arifin No.18 – 19, RT.8/RW.7, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140

Website : www.mills.co.id

 

4. MizunoMorelia Neo III B Elite

 

Rekomendasi mizuno

                                                           ( Gambar Mizuno Morelia Neo )

Terbuat dari kulit kanguru yang memberikan sensasi seolah telanjang kaki

Kelebihan:

  • Dilengkapi heel counter eksternal untuk stabilitas dan cengkeraman yang efisien
  • Terbuat dari kulit kanguru yang durable dan nyaman di kaki
  • Bisa digunakan untuk bermain bola di lapangan rumput asli dan artificial

Kekurangan:

  • Desain studs-nya masih kalah (kurang agresif) dibanding produk lain di kelasnya

Apakah anda mencari sepatu bola kulit kanguru asli yang ringan dan fleksibel? Jika iya, produk yang satu ini tak boleh anda lewatkan. Sepatu bola Mizuno ini terbuat dari K-Leather yang memberikan sensasi layak nya tidak memakai sepatu atau bertelanjang kaki.

Produk ini sangat lah halus, ringan, dan fleksibel. bahan kulitnya pun sangat awet sehingga bisa anda pakai untuk jangka panjang. sepatu ini juga akan mendukung anda untuk memainkan teknik sepak bola profesional dengan kecepatan yang tinggi.

Lokasi : Gedung Summitmas II 3rd Floor, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 61-62, Senayan, Kebayoran Baru, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Website : www.mizuno.id

 

5. AdidasX Speed flow.3 Laceless Firm Ground Soccer Cleats

 

Rekomendasi SPEED

                                                               ( Gambar Adidas X SPeed Flow )

Model laceless yang praktis dilepas-pasang dan pas di kaki

Kelebihan:

  • Sangat ringan, awet, dan nyaman dipakai berlama-lama
  • Membuat kaki terasa barefoot saat menendang bola
  • Studs-nya kukuh dan mencengkeram kuat ke dalam tanah

Kekurangan:

  • Modelnya slim, dapat terasa sesak untuk kaki yang lebar

Sepatu bola adidas X Speedflow.3 ini memiliki desain yang cukup  unik, yakni laceless atau tanpa tali. Selain membuat tampilannya lebih clean dan minimalis, desain tersebut juga menjadikan sepatu ini sangat praktis saat di kenakan. Kaki anda bisa langsung masuk dan tergenggam erat oleh upper-nya yang lembut dan stretchy.

Produk ini sempurna untuk anda yang menginginkan sepatu bola yang praktis di lepas-pasang. cengkeraman nya yang kuat membuat anda dapat berlari dengan kecepatan tinggi tanpa takut tergelincir.

Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman Kav. 10 – 11, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220

Website : www.adidas.com

 

Kesimpulan

Sepatu bola akan meningkatkan performa Anda saat bermain sepak bola. Anda bisa memilih sepatu berbahan kulit asli dengan durability tinggi atau berbahan kulit sintetis yang ringan dan fleksibel.

lalu, anda juga perlu menyesuaikan tipe studs-nya dengan lapangan yang di gunakan. pastikan ukuran nya sesuai agar anda merasa cukup  nyaman saat bermain. Jangan lupa untuk menjadikan tips dari kami sebagai acuan saat  dalam memilih, ya, semoga untuk artikel kali ini bermanfaat bagi kalian semua.