Rekomendasi oswaldo delgado wV8EOV3LEtU unsplash

7 Rekomendasi Resort Terbaik di Gunung Kidul

Jika anda berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa masukkan ke daerah Gunung kidul sebagai salah satu itinerary list. Gunungkidul terletak sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta. di Gunungkidul terdapat banyak tempat wisata, baik itu gunung, bukit, mau pun pantai. semuanya menarik untuk dapat di kunjungi bersama keluarga, pasangan, atau untuk rombongan.

agar liburan lebih berkesan, carilah resort di Gunungkidul yang bagus dan nyaman. kami akan mengulas rekomendasi resort Gunung kidul terbaik dengan pemandangan pantai atau gunung. anda akan menemukan Giri Wanara Glamping Resort, Queen Of The South Resort, atau Radika Paradise. Yuk, berangkat ke Gunungkidul resort sekarang

Mengapa harus berwisata ke Gunung Kidul?

Gunung kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang berada di sisi selatan Kota Yogyakarta. Keadaan geografisnya yang berbukit-bukit, ditambah dengan pesisir pantai, membuat Gunungkidul memiliki pesona keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi Gunungkidul, bahkan saat ini banyak hotel, vila, dan resor berdiri di Gunungkidul.

Intip keindahan Gunung Kidul

Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Gunungkidul. Anda bisa merasakan serunya berwisata yang memacu adrenalin, seperti cave tubing di Goa Pindul dan Kali Suci. Selain itu, Anda juga dapat menikmati serunya naik gondola di Pantai Timang. Bahkan, flying fox terpanjang kedua di Asia Tenggara ada di wilayah Gunungkidul juga, tepatnya di Green Village Gedangsari.

Selain wisata penuh adrenalin, Anda juga bisa berwisata air di pantai. Pasir pantai di pesisir Gunungkidul berwarna putih nan cantik. Anda bisa mengumpulkan kerang, bermain ombak, bahkan snorkeling di sana. Seru sekali, bukan? Beberapa pantai yang bisa dikunjungi adalah Pantai Siung, Sadranan, Sundak, Krakal, Slili, Ngobaran, Baron, Kukup, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  2 Rekomendasi Keripik Singkong Balado Terbaik

Jika Anda ingin menikmati keindahan Gunungkidul lebih lama, kami sarankan untuk menginap di hotel, vila, atau resor. Ketiga jenis penginapan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Namun, di artikel kali ini, kami hanya membahas mengenai resor. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silakan Anda cek pembahasan di bawah ini.

Perbedaan hotel, villa, dan resort

Supaya bisa menikmati wisata di Gunungkidul dengan puas, ada baiknya jika Anda mencari penginapan di area tersebut. Gunungkidul memiliki berbagai hotel, vila, dan resor yang bagus. Lantas, apa perbedaan ketiganya?

 

  • Hotel adalah bangunan yang memiliki beberapa kamar dan dapat ditemui di perkotaan hingga pinggiran kota. Kamar hotel biasanya dilengkapi fasilitas yang lengkap, seperti AC, TV, dan air panas. Hotel biasanya dijadikan tempat menginap sementara oleh pelancong hingga seseorang yang menjalani perjalanan jauh dengan sistem penyewaan per kamar.

 

  • Vila biasanya memiliki beberapa ruangan atau kamar dan bangunannya berbentuk rumah. Sistem penyewaan vila adalah per bangunan. Karena itu, vila cocok disewa bersama keluarga besar atau rombongan.

 

  • Sementara itu, resor adalah bangunan yang menonjolkan sisi arsitektur nan unik dengan pemandangan alam sekitar yang cantik. Resor dibangun secara terencana sehingga biasanya dilengkapi fasilitas khusus yang jadi ciri khas resor tersebut. Sistem penyewaan resor adalah per kamar dan fasilitas di dalamnya selengkap hotel.

Cara memilih resort di Gunung Kidul

Pesona Gunungkidul membuat banyak resor di bangun di sana. Yuk, buat liburan anda di Gunungkidul lebih dapat menyenangkan dengan menginap di resor terbaik. sebelum anda mem-booking resor, cari tahu dahulu apa saja yang harus di pertimbangkan pada saat memilih resor di Gunungkidul.

 

1.Tentukan view yang anda inginkan

Saat Anda pergi berlibur, suasana seperti apa yang ingin Anda nikmati? di Gunungkidul anda dapat memilih resor dengan pemandangan gunung atau pantai. Keduanya sama-sama indah dan mampu menyegarkan pikiran.

Dekat pantai: Nikmati keindahan sunset dan sunrise yang cantik

Pantai di Gunungkidul sangatlah menawan. Pasirnya berwarna putih, air lautnya jernih, dan di beberapa sudut pantainya berdiri karang yang kokoh. Bahkan, di Gunungkidul masih banyak pantai yang tergolong sepi karena belum banyak dikunjungi orang.

Jika Anda ingin refreshing sambil mendengarkan deburan ombak, carilah resor yang berdiri di dekat pantai. Pada malam hari nan sunyi, suara ombak bisa menjadi pengiring istirahat Anda yang tenang.

Menariknya lagi, anda juga dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset dari depan kamar tanpa terhalang pepohonan. Lalu, jika Anda ingin bermain air di pantai, pengelola biasanya memberikan akses jalan yang lebih dekat.

Baca Juga:  13 Merk Semir Ban Motor Terbaik yang Bikin Tetap Kinclong

Daerah gunung: Nikmati kesegaran dan keasrian hutan yang hijau

Keadaan geografis yang masih sangat natural membuat Anda akan menemukan banyak hutan dan perbukitan di Gunungkidul. Oleh karena itu, resor yang dibangun di daerah gunung ini akan menyajikan view hijaunya alam yang menyegarkan mata.

Udara yang bersih dan jauh dari polusi siap memenuhi paru-paru Anda. saat malam tiba, suara jangkrik akan menemani istirahat anda. suasana ini benar-benar dapat membuat hati anda lebih tenang karena jauh dari keramaian kota.

Resor dengan view gunung menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin lebih dekat dengan alam. biasanya resor memberikan fasilitas tambahan, seperti acara trekking, menyusuri sungai, atau mengadakan barbecue party di hutan. menarik sekali, bukan?

2.Cek akses menuju lokasi

Resor di Gunungkidul menonjolkan vibes asri sehingga bisa membuat anda lebih menyatu dengan alam. karena itu, banyak resor yang di bangun di tengah perbukitan, hutan, atau tepi pantai. hal ini membuat anda harus mempertimbangkan akses menuju lokasi.

Akses jalan yang tersedia tidak semuanya mulus. anda mungkin akan menemukan akses jalan yang berbatu atau mungkin jalan yang sempit. meskipun begitu, semuanya sepadan dengan pemandangan yang akan anda dapatkan.

untuk  dapat mengetahui informasi tentang hal ini, jangan ragu menanyakan langsung kepada customer service resor. selain itu, anda juga bisa mencari tahu review dari pengunjung sebelum nya.

3. Cari tahu fasilitas yang ditawarkan

Preferensi orang dalam memilih resor tentu nya berbeda-beda. namun, sebelum menentukan pilihan resor, anda bisa mencari tahu dahulu fasilitas yang tersedia di resor tersebut.

misalnya, jika anda ingin berlibur bersama keluarga, resor yang menyediakan kolam renang atau playground luas bisa jadi pilihan menarik. area resor yang tak berundak-undak juga patut di pertimbangkan supaya tidak membahayakan anak.

Apabila Anda ingin menepi dan mendekatkan diri dengan alam, cari resor yang memiliki fasilitas kegiatan alam, contohnya trekking. Sayangnya gunung dan juga perbukitan bisa saja menghalangi sinyal komunikasi. Jadi, ketersediaan Wi-Fi juga bisa menjadi pertimbangan.

4.Pertimbangkan jarak resort dengan tempat wisata

Banyak tempat wisata di Gunungkidul yang sayang jika tidak Anda nikmati. Karena itu, pertimbangkan pula jarak antara resor dengan tempat wisata. makin dekat lokasinya dengan tempat wisata, maka makin mudah anda mengaksesnya sehingga liburan jadi lebih seru dan cukup menyenangkan.

selain itu, daya tarik resor akan lebih lengkap lagi jika ada akses khusus tamu menuju lokasi wisata. termasuk di antara nya adalah jalan pintas setapak menuju pantai atau ketersediaan tour guide untuk tamu resor.

Baca Juga:  4 HP Oppo Termahal & Canggih

Berikut ini tiga rekomandsai resort terbaik di Gunung kidul di antara nya sebagai berikut :

 

1. Edge Resort Yogyakarta

 

Rekomendasi edege

                                   ( Gambar nampak pemandangan area luar Edge Resort Yogyakarta )

Banyak spot Instagramable untuk abadikan momen indah Anda

Kelebihan:

  • Interior di dalam kamar eksotis dengan lantai dan dinding batu
  • View laut yang indah, cocok untuk menikmati sunset sambil bersantai

Kekurangan:

  • Lokasi berundak-undak, sehingga perlu diperhatikan jika membawa anak balita atau lansia

Penggemar spot foto-foto pasti akan dimanjakan oleh resor yang satu ini. Setiap sudutnya sangat instagramable untuk menjadi background foto-foto cantik anda. selain itu, konsep eksterior resor ini menonjolkan dinding bebatuan yang makin mengesankan nuansa alami nya.

ketika menginap di resor ini, Anda bisa bersantai di tepi kolam renang, balkon, atau restoran sambil memandang pantai yang tenang. Namun, karena tipe bangunannya berundak-undak, pastikan untuk selalu mengawasi anak kecil yang berlibur bersama anda, ya.

Lokasi : Jl. Gua Langse, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Website : www.edgeresortyogya.com

 

2. Giri Wanara Glamping Resort

 

Rekomendasi giri

                                   ( Gambar nampak suasana area kamar giri wanara glamping resort )

Dapatkan pengalaman glamping dengan pemandangan hutan yang eksotis!

Kelebihan:

  • Cocok untuk Anda penggemar trekking sehingga bisa maksimal untuk eksplor bukit dan sungai
  • Memberi pemandangan dan suasana hutan yang teduh serta eksotis

Kekurangan:

  • Saat siang hari terasa panas di dalam kamar karena AC kurang kuat
  • Jalan berundak-undak, kurang ramah untuk balita

Nah, kalau anda seorang pencinta alam dan ingin bersatu dengan alam saat liburan, jangan lewat kan glamping di tempat ini. Giri Wanara Glamping Resort terletak di tengah hutan dengan suasana kesunyian hutan yang sangat eksotis. bila anda beruntung, anda bisa melihat spesies kera ekor panjang.

Fasilitas alam glamping ini terbilang cukup lengkap. Anda bisa menikmati barbecue party di outdoor atau trekking sambil menyusuri sungai didampingi guide lokal berpengalaman. dijamin, pengalaman glamping di sini jadi akan  berkesan.

Lokasi :  RT.01 / RW02, Wunung, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851

Website : www.giriwanara.com

 

3. HeHa Ocean Glamping

Rekomendasi he ha

                                            ( Gambar nampak dari atas He Ha Ocean Glamping )

Kamping mewah di iringi deburan ombak pantai yang menenangkan

Kelebihan:

  • Pemandangan langsung pantai yang indah

Kekurangan:

  • Menurut konsumen, AC tidak terlalu terasa saat siang hari

Deburan ombak di pantai bisa meredakan stres, apalagi jika anda menikmatinya di bawah tenda dan beratapkan langit malam. nah, ketimbang repot-repot memasang tenda sendiri, lebih baik nikmatilah glamping atau glamour camping yang fasilitasnya sudah praktis dan lengkap.

HeHa Ocean Glamping yang instagenic ini patut di pertimbangkan. tempat ini di bangun di tepi tebing sehingga anda bisa langsung melihat deburan ombak pantai setiap membuka pintunya. Jika anda ingin berfoto-foto di atas balon udara, tinggal turun saja dan menikmati wisata HeHa Ocean View di bawah nya.

Lokasi : Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Website : www.hehaskyview.com

Kesimpulan

Yogyakarta selalu menjadi kota yang membuat banyak orang rindu dan ingin kembali mengunjungi nya. terlebih lagi, Gunung kidul menyimpan pesona alam yang tidak pernah habis dan siap membuat anda terpukau. sebelum anda memilih resor di Gunung kidul, jangan lupa perhatikan fasilitas nya.

semoga dari artikel ini anda dapat mendapatkan referensi resor yang bagus untuk membuat pengalaman liburan jadi lebih menyenangkan. selamat menghabiskan waktu di Gunung kidul bersama orang tersayang dan keluarga.