Rekomendasi display 3123146 640

2 Rekomendasi Pedometer (Penghitung Langkah Kaki) Terbaik

Berjalan kaki berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. selain itu, berjalan dalam jumlah langkah tertentu setiap hari nya bisa dapat mengurangi risiko kerapuhan tulang dan penyakit sendi. membuat target jumlah langkah setiap hari nya akan membuat motivasi anda untuk berjalan kaki meningkat. untuk itu, anda akan membutuh kan pedometer.

Pedometer adalah alat yang di guna kan untuk dapat  menghitung langkah kaki yang biasa di gunakan saat sedang berolahraga. ada berbagai macam merek pedometer watch yang bagus, seperti Hoco, Omron, dan ;ain sebagainya. agar tidak bingung dalam memilih pedometer yang tepat, silakan simak artikel berikut ini! Selamat membaca!

Table of Contents

Gunakan pedometer untuk menjaga kesehatan dan berat badan Anda

Ahli kesehatan merekomendasikan 8.300 langkah sehari untuk wanita dan 9.200 langkah sehari untuk pria. hal ini guna dapat menjaga kesehatan dan mencegah berat badan berlebih.

Jalan kaki adalah olahraga yang sangat ideal untuk di lakukan rutin setiap hari. Nah, pedometer akan membantu anda secara akurat untuk menghitung jumlah gerakan dan olah tubuh secara efisien. untuk itu, saat anda sedang menjalankan olahraga sehari-hari, sangat di sarankan untuk menggunakan alat ini.

Dengan adanya gambaran jumlah langkah pada pedometer, Anda dapat dengan mudah menetapkan target dan program yang di tuju. hal ini tentu nya dapat menjadi motivasi, khusus nya bagi orang yang tidak suka olahraga atau sedang diet. Jangan lupa, pilihlah produk pedometer yang mudah di gunakan, ya.

Cara memilih pedometer (penghitung langkah kaki)

Bagi pencinta jalan kaki yang suka memasang target jumlah langkah, memiliki pedometer tentu akan sangat lah berguna. untuk itu, berikut ini kami perkenalkan beberapa tips dalam memilih pedometer.

Baca Juga:  10 Hotel Terbaik di Surabaya

① Pilih berdasarkan cara pemakaian

Ada tiga jenis pedometer berdasarkan cara pemakaiannya. mari simak ulasan lengkap nya berikut ini dan pilih lah jenis yang paling mudah bagi anda.

Belt clip type, mudah digunakan dan cocok untuk membentuk kebiasaan olahraga sehari-hari

Belt clip type adalah tipe pedometer yang dipasang di pinggang atau sabuk. Tipe ini akan secara akurat menghitung jumlah langkah berdasarkan getaran tubuh. Tipe pedometer ini sangat lah mudah di gunakan, cocok untuk anda yang baru pertama kali menggunakan pedometer.

meski sulit untuk memeriksa layar pedometer ini saat Anda berolahraga, alat ini punya kelebihan tidak mudah terjatuh. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin menghitung langkah saat berjalan kaki atau joging. selain itu, alat ini juga cocok di gunakan oleh para lansia yang concern akan jumlah langkah dan gerak harian mereka.

Pocket-in type, mudah dibawa dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari

Pocket-in type disarankan bagi orang yang malu memasang pedometer pada ikat pinggang. Tipe ini adalah produk unggulan yang dapat mendeteksi getaran hanya dengan memasukkannya ke dalam saku atau tas anda. dengan demikian, pedometer ini dapat di gunakan untuk menemani anda saat beraktivitas tanpa khawatir ketahuan orang lain.

Selain itu, tipe ini memiliki bentuk yang compact sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Tipe pedometer ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin memantau jumlah langkah harian anda.

Tipe gelang, cocok untuk orang yang banyak berolahraga

Tipe gelang atau tipe jam tangan sangat nyaman dan mudah digunakan. Sekilas tipe ini tidak terlihat seperti pedometer. Tipe ini bisa anda pakai sambil olahraga berat, seperti lari dan lompat tali.

Tipe ini lebih praktis karena Anda dapat mengenakannya langsung pada pergelangan tangan Anda. Tipe gelang juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin melakukan olahraga, tetapi tetap ingin tampil stylish dan fashionable.

② Sesuaikan metode penghitungan langkah dengan kebutuhan Anda

Dalam memilih pedometer, sebaiknya Anda juga memperhatikan metode penghitungan langkahnya. Baru-baru ini, produk 3D accelerometer-type dengan segudang fitur telah muncul di pasaran. Alat jenis ini memang memiliki harga yang cukup tinggi, tetapi akurasi pengukuran langkahnya juga jauh lebih baik.

Jenis pendulum model lama memiliki struktur yang sederhana, awet, dan harganya lebih terjangkau. Selain itu, jenis pendulum ini juga memiliki baterai yang lebih tahan lama. Namun, jenis pendulum model lama ini tidak begitu akurat karena terlalu sensitif akan adanya getaran-getaran kecil. Jika anda selalu membawa pedometer untuk mengukur aktivitas harian Anda, sebaiknya pilih pedometer dengan sensor 3D accelerometer-type.

③ Periksa fungsi lainnya

Banyak produk yang sudah dibekali banyak fungsi lain selain fungsi penghitung langkah. Di bawah ini, kami akan menjabarkan detailnya untuk Anda.

Fungsi pengukuran konsumsi kalori, cocok untuk Anda yang menjalankan program diet

Program menjaga pola makan tanpa target yang jelas tidak akan bertahan lama. namun, jika anda bisa mengecek konsumsi kalori saat sedang berolahraga, motivasi anda akan tetap naik. Beberapa pedometer yang ada di pasaran sudah dilengkapi dengan fungsi tersebut. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, silakan mencoba nya.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Merk HP Lipat Terbaik

Untuk wanita, anda dapat memilih pedometer yang dilengkapi fitur keamanan. Kami merekomendasikan produk yang menggabungkan bel dan peluit keamanan untuk melindungi Anda dari orang mencurigakan saat anda berolahraga. namun, tipe ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Fungsi pengukur jumlah latihan, memantau jumlah olahraga harian

Agar lebih mudah dalam mengatur kesehatan, pilihlah produk yang memiliki fungsi dapat mengukur jumlah latihan. Fitur ini akan menjadi pencatat berapa kali anda telah menjalankan olahraga. hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda serta mencegah penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup.

Fungsi penghitungan jarak tempuh dan waktu, bantu kembangkan kebiasaan olahraga secara alami

Bagi orang yang tidak memiliki kebiasaan berolahraga, kami merekomendasikan pedometer dengan fungsi perhitungan jarak tempuh dan waktu. Adanya angka pencapaian akan memotivasi Anda untuk meningkatkannya dengan terus berolahraga. Jika Anda sering berjalan kaki dalam waktu singkat, seperti wira-wiri atau urusan rumah tangga, produk ini pas untuk Anda.

Fitur memori, efektif untuk memotivasi latihan

Jika Anda tidak ingin mencatat secara manual jumlah langkah yang telah Anda tempuh, pilih produk dengan fungsi memori. Kami merekomendasikan produk yang tidak me-reset data saat baterai diganti.

Jika Anda dapat melihat hasil pencapaian dalam kurun waktu tertentu, akan lebih mudah untuk mengamati perubahannya. Makin banyak Anda berjalan kaki, nilai numeriknya akan makin tinggi. anda pun dapat berolahraga tanpa merasa bosan.

Terhubung dengan aplikasi, memperluas cara penggunaan

Ada produk yang memungkinkan Anda mengelola data pengukuran pada smartphone atau komputer Anda dengan mengakses aplikasi khusus. Jika pedometer dapat dihubungkan dengan smartphone, akan lebih mudah membuat program latihan secara langsung tanpa repot merekam.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu atau ingin memelihara kesehatan secara khusus, kami merekomendasikan aplikasi khusus diet. Aplikasi yang dapat digunakan berbeda-beda tergantung pada produsen atau maker-nya. Jadi, pilihlah dengan mengutamakan kemudahan penggunaan.

④ Pastikan keterangan pada layar mudah dibaca

Pemilihan layar juga merupakan hal yang penting. Kesenangan sesungguhnya dari penggunaan pedometer adalah melihat hasil numeriknya yang tertera pada layar. Meski ukuran bodi utamanya compact, sebaiknya pilihlah pedometer yang layarnya besar dan angkanya mudah dilihat. Jika Anda suka joging pada pagi atau malam hari, produk dengan lampu latar akan sangat berguna.

⑤ Carilah produk yang ringan dan compact

Karena pedometer dikenakan di tubuh, sebaiknya gunakan produk yang ringan dan tidak mengganggu pergerakan Anda. Kami sarankan untuk memilih produk dengan ukuran yang compact. Namun, jika terlalu kecil, pedometer akan mudah hilang. Jadi, sebaiknya pilihlah produk dengan tali, lubang tali, atau klip.

Baca Juga:  Rekomendasi 13 Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru 2024)

Belt clip type cenderung dihindari, tetapi tipe ini memiliki desain warna-warni yang mencolok. Anda bisa dengan mudah membedakannya di antara barang bawaan Anda yang lain. Hal ini efektif untuk mencegah Anda kesulitan mencari pedometer di dalam tas.

⑥ Perhatikan karakteristik produsen dan merek

Jika Anda tidak yakin dalam memilih pedometer, salah satu opsinya adalah memilih dari produsen atau mereknya. Pilihlah produsen besar yang terkenal sebagai pembuat pedometer berkualitas.

Salah satu merek pedometer yang bisa Anda pilih adalah Omron. Produk-produk keluaran Omron mudah digunakan dan tersedia dalam banyak pilihan. Produk-produk Omron juga mudah di temukan di Indonesia, baik pembelian secara online maupun offline. di antara sebagai berikut di bawah ini :

1. Omron Pedometer

 

Rekomendasi omron

                                                                ( Gambar Omron Pedometer )

Akurat menghitung langkah, ada backlight-nya pula!

Kelebihan:

  • Ada backlight untuk pemakaian di malam hari

Kekurangan:

  • Tidak bisa disambungkan ke aplikasi handphone

Pedometer pengukur langkah yang satu ini lebih dari sekadar pedometer. dengan teknologi Active Engine 2 yang canggih, anda dapat menghitung langkah dengan lebih akurat. Bukan hanya menghitung langkah saat berjalan kaki saja, lho. Alat ini mampu menghitung kegiatan aktivitas fisik Anda seperti di dapur, di meja, dan sebagainya.

Pedometer ini juga dapat menampilkan kalori yang terbakar selama anda berkegiatan. Pas sekali untuk anda yang sedang diet dan perlu menghitung kalori dengan ketat. Fungsi dan desain cukup sederhana khas Omron ini juga akan membuat anda cepat terbiasa menggunakan pedometer.

Lokasi : Menara Bidakara 1 lt.22, Jl. Pancoran Barat No.kav. 71-73, RT.1/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870

Website : www.omronhealthcare-ap.com

 

2. Walking Style Step Counter

 

Rekomendasi walking

                                                            ( Gambar Walking Style step counter )

Desain ramping yang mudah dibawa-bawa

Kelebihan:

  • Mampu menyimpan memori hingga 7 hari

Kekurangan:

  • Tidak bisa disambungkan ke aplikasi handphone

Apakah skinny jeans merupakan salah satu sebuah  outfit favorit anda? Kini, anda bisa mengenakan skinny jeans favorit dengan tetap mengantongi pedometer di saku tanpa terlihat menggembung. hal tersebut berkat desain ramping memanjang yang dimiliki Omron Pedometer HJ-321. Bobotnya pun  cukup ringan bagaikan tidak ada pedometer yang menempel di tubuh anda.

Lokasi : Lindeteves Trade Center, Jalan Hayam Wuruk No.127, RT.1/RW.6, Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11180

Website : www.omron-healthcare.co.uk

 

Pertanyaan umum seputar pedometer

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar pedometer. Simak pembahasan kami di bawah ini!

Apa manfaat pedometer

Pedometer adalah alat untuk mengukur langkah kaki.

Apakah pedometer benar-benar bermanfaat?

Pedometer sangat bermanfaat untuk mengetahui jumlah langkah kaki atau kalori yang dibakar oleh tubuh Anda setiap hari.

Di mana sebaiknya memasang pedometer?

Tergantung pada bentuknya, pedometer ada yang bisa dipasang di sabuk atau dimasukkan ke dalam saku dan tas.

Gunakan aplikasi pedometer jika pedometer biasa sulit digunakan

Apakah anda sering lupa untuk membawa pedometer saat keluar rumah? Bagi yang merasa kesulitan membawa pedometer setiap hari, sebaiknya gunakan aplikasi pedometer. Aplikasi ini dapat diunduh ke smartphone Anda dan digunakan seperti halnya pedometer biasa. Aplikasi pedometer ini bisa Anda pakai dengan nyaman dan mudah digunakan kapan saja.

 

Gunakan aplikasi pedometer saat Anda berjalan kaki dengan tujuan olahraga atau saat dalam perjalanan ke kantor. ada banyak aplikasi yang memungkinkan anda berolahraga sambil bermain dengan game agar kegiatan olahraga anda makin menyenangkan. hal ini akan membantu anda mengembangkan kebiasaan olahraga dengan secara  mudah.

Kesimpulan

Demikian tips dalam memilih pedometer dan beberapa produk pedometer terbaik pilihan kami. Pedometer dapat membantu latihan anda, khususnya bagi anda yang melakukan olahraga berjalan kaki atau joging. Kegiatan olahraga bisa lebih sangat  terpantau sehingga anda bisa mencapai target dengan lebih cukup mudah.

Dengan memilih pedometer yang tepat, motivasi anda untuk hidup sehat pasti juga akan meningkat. anda pun akan jadi lebih bugar dan sehat.