Rekomendasi robert laursoo my6Q5k WmoI unsplash1

16 Rekomendasi Oli Motor Terbaik 2024

Bagi kalian  para pengguna motor, semakin banyak kegiatan yang akan di lakukan maka potensi untuk mengendarai motor juga semakin sering. hal ini akan membuat kalian  kelupaan untuk merawat motor yang mengakibat kan performa nya juga semakin menurun. saran kan untuk sering mengganti oli. namun oli motor yang di gunakan juga tidak boleh sembarangan. kalian  harus memerhatikan beberapa faktor dalam menggunakan oli motor terbaik.

Oleh karena itu, artikel  ini akan memberikan kalian  sejumlah informasi terkait oli motor terbaik mulai dari tips memilih oli motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda, daftar rekomendasi produk oli motor terbaik hingga cara merawat mesin motor agar tetap awet.

Tips Memilih Oli Motor yang Bagus

agar mesin motor kalian  awet dari rentan nya kerusakan, maka perlu untuk memerhatikan beberapa tips berikut dalam memilih oli motor terbaik di antara nya sebagai berikut :

1. Sesuaikan Oli dengan Jenis Motor

Jenis motor yang paling banyak di guna kan oleh orang pada umum nya adalah motor sport, bebek dan skuter matic. Motor sports biasa nya memiliki kapasitas mesin yang besar, rata-rata berukuran 250 cc. Motor bebek memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, biasa nya di bawah 150 cc.

Untuk jenis skuter matic menggunakan transmisi perpindahan gigi otomatis. Motor juga di beda kan berdasar kan kopling nya yaitu Kopling basah dan kering. Kopling basah berarti kopling motor tersebut terendam air, sehingga tidak akan mudah aus seperti motor bebek dan motor sports. sedangkan kopling kering berarti kopling nya tidak terendam atau pun di selimuti oli, biasa nya di gunakan untuk jenis motor skuter matic.

Oli dengan kode JASO MA di tujukan untuk motor dengan kopling basah, sehingga kampas dan gigi yang terdapat di plat kopling tidak akan mudah terselip. Oli motor dengan kode JASO MB lebih baik di gunakan untuk jenis skuter matic, di karenakan mayoritas kopling motor skuter matic berjenis kering dan tidak terendam oli, sehingga oli khusus motor ini bersifat lebih licin dan lebih di fungsikan untuk membasahi kampas kopling bukan melumasi nya.

2. Tingkat Keenceran Oli

kalian dapat mengetahui standar indeks kekentalan oli pada kemasan yang biasa nya di buat seperti SAE 20W-40, SAE 10W-30 dan lain sebagai nya. pemilihan tingkat keenceran oli dapat di sesuai kan dengan lingkungan tempat tinggal. Oli dengan kode SAE 15W-50 berarti memiliki tingkat keenceran mencapai angka 50 dan dapat di guna kan pada kondisi suhu hingga minus 15 derajat celsius.

Semakin kecil angka di depan huruf W (yang mengacu pada winter atau musim dingin), berarti tingkat keenceran nya pun semakin tinggi. Untuk kalian  yang tinggal di daerah bersuhu panas, maka sangat di sarankan menggunakan oli dengan tingkat keenceran yang rendah.

kalian bisa menggunakan oli dengan label kode SAE 15W-40 sampai SAE 20W-40 atau merk oli dengan tingkat keenceran yang lebih tinggi misalnya SAE 20W-50 yang lebih bagus untuk motor yang berusia lima tahun ke atas atau memiliki jarak tempuh lebih dari 100.000 km.

Baca Juga:  10 Toko Kue di Tangerang terbaik dan patut kalian coba

3. Kinerja Motor

Perhatikan pula kinerja motor kalian  apakah ringan atau berat. Jika kinerja motor berat maka sangat di saran kan menggunakan oli dengan API tinggi. Kode ini dapat kalian  temukan pada kemasan oli. Kode API di gunakan untuk mengukur kemampuan oli dalam menahan gesekan komponen mesin yang terjadi.

Kode ini biasa nya di ikuti oleh huruf seperti API SL, API SA, API SB, dan lain sebagai nya. sesuaikan nilai API dengan kinerja motor yang di pakai. semakin berat kinerja motor, maka semakin tinggi nilai API. Semakin tinggi huruf yang mengikuti huruf S, berarti kualitas oli semakin bagus, semakin tinggi kemampuan untuk menahan gesekan komponen mesin, dan telah memenuhi standar terbaru. Jika hanya menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari, kalian  cukup menggunakan oli motor dengan kode API SA hingga SE.

Setelah mengetahui beberapa tips untuk memilih oli yang tepat, saat nya kalian di berikan beberapa daftar rekomendasi oli motor terbaik di antara nya sebagai berikut :

1. AHM Oil

 

Rekomendasi ahm

                                                                                     ( Gambar AHM Oil )

Merk AHM Oil sudah tidak perlu d iragukan lagi untuk  kualitas nya. termaksud ke dalam salah satu merk oli motor terbaik yang di produksi langsung oleh PT. Astra Honda Motor. di khusus kan untuk semua jenis motor Honda baik matic, bebek atau seri sport, namun tidak menutup kemungkinan untuk di gunakan oleh motor dengan merk lain di karenakan spesifikasi yang sangat mumpuni yang di tawar kan oleh oli ini. harga yang ditawarkan oleh produk ini juga terbilang cukup lah  terjangkau sehingga kalian  tidak perlu khawatir keuangan kalian  akan terguncang.

Berdasarkan spesifikasinya, oli motor terbaik ini terbagi menjadi 4 jenis yakni Oli AHM SPX-1, Oli AHM MPX-1, Oli AHM SPX-2, dan Oli MPX-2. AHM Oil sangat baik dalam menjaga performa mesin motor, karena di dalam oli ini terdapat kandungan sintetik yang berkualitas tinggi. Kinerja mesin motor kalian akan menjadi sangatlah  optimal, mengurangi terjadi nya gesekan, serta menjaga kestabilan suhu mesin dengan sangat baik.

Lokasi :  Jl. Veteran Raya, RT.3/RW.11, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Harga : Mulai dari Rp25.000 

Website : www.astra-honda.com

 

2. Pertamina Enduro Matic

 

Rekomendasi enduro

                                                                       ( Gambar Pertamina Enduro Matic )

Pertamina Enduro Matic merupakan sebuah  oli motor terbaik berikut nya dengan review baik dari para pengguna nya. tingkat viskositas 10W-30 yang cukup encer pada oli ini membuat nya dapat bekerja dengan cepat sejak pertama kali di hidup kan. dapat di lihat dari oli ini akan segera mengisi celah-celah terkecil mesin motor. merupakan oli keluaran Pertamina dengan kemampuan yang dapat memberikan performa secara  dengan  maksimal saat temperatur mesin rendah hingga sedang. namun, saat dalam temperatur tinggi, performa mesin akan semakin bertahap menurun.

untuk motor yang di guna kan pada area perkotaan dengan lalu lintas yang padat dan jarak tempuh yang sedang maka oli motor ini sangat lah cocok untuk di guna kan,  terdapat spesifikasi Jasonya MB, API nya SL dan viskositas 10W-30. mengandung additive Molybdenum, untuk mengurangi gesekan pada mesin yang bertemperatur dan berkecepatan tinggi. Oli motor terbaik ini sangat di rekomendasi kan untuk mesin sepeda motor empat langkah matic generasi terbaru dengan CC besar, yang membutuhkan performa  secara  dengan maximal.

Baca Juga:  15 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik 2023

Lokasi : Grha Pertamina – Tower Pertamax Lantai 19. Jalan Medan Merdeka Timur No. 6. Gambir, Jakarta Pusat, 10110, Indonesia.

Harga : Mulai dari Rp37.000

Website : www.pertaminalubricants.com

 

3. Yamalube

 

Rekomendasi YAMAHA

                                                                                  ( Gambar Yamalube oli )

Oli motor terbaik untuk motor merk Yamaha, apa lagi jika bukan Yamalube. Oli yang secara resmi di keluarkan oleh Garpu Tala. Tersedia untuk berbagai macam  pilihan motor Yamaha termasuk model 2 tak. untuk jenis Yamalube Super Matic sangat di saran kan untuk di gunakan pada motor dengan tipe Yamaha Nmax, Aerox, dan Yamaha Lexi dengan tingkat kekentalan SAE 10W-40. terbuat dari material full sintetis. selain itu di dalam Yamalube Super Matic ini juga terdapat terdapat partikel molybdenum yang berguna untuk mencegah gesekan di mesin motor dan memaksimal kan tenaga setiap rentang putaran mesin.

Untuk kalian  yang memiliki motor dengan seri sport seperti R25, R15, MT-15 dan lain-lain, maka oli motor terbaik yang sangat di sarankan untuk di gunakan adalah Yamalube RS4GP dengan kekentalan SAE 10W-40. Oli ini di rancang untuk membuat perpindahan gigi lebih halus, meminimalkan getaran, serta memaksimal kan performa motor. selain itu untuk jenis motor 2 tak, Yamalube memiliki produk RX-King dengan menggunakan spesifikasi semi sintetik.

Lokasi : Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat, RT.6/RW.12, Jatinegara, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13920

Harga : IDR 11,200.00 to IDR 40,250.00

Website : www.yamaha-motor.co.id

 

4. BM1 PC 1300

 

Rekomendasi BM

                                                                                  ( Gambar BM1 PC 1300 )

BM1 PC 1100 oli motor yang memiliki spesifikasi full-sintetik dengan viskositas 10W-40 cocok untuk di gunakan pada motor matic. berdasarkan review dari para penggunanya, saat menggunakan oli ini mesin motor matic akan menghasilkan suara mesin yang halus dan minim getaran sejak pertama kali dihidupkan. saat temperatur mesin meningkat, performa motor tetap responsif. selain itu ketika rpm berada pada kapasitas sedang, maka kalian  tidak akan merasakan terjadi nya power loss pada tuas gas.

Setelah kalian menempuh perjalanan sejauh 2200 km, maka sangat di sarankan untuk melaku kan pergantian oli dengan yang baru agar performa mesin tidak menurun dan tidak timbul suara berisik dari mesin. Oli BM1 di desain secara khusus untuk generasi baru oli motor dengan formula PC-AFA (Polar Compound Anti Friction Additive) yang memenuhi persyaratan untuk di gunakan oleh motor 4 tak seperti Vixion, MX King 150cc, Byson dan lain nya. PC AFA berfungsi untuk meningkatkan tenaga mesin, dengan mengoptimalkan perlindungan mesin, mengurangi suara berisik pada mesin, mesin lebih dingin dan mengurangi konsumsi pada bahan bakar.

Lokasi : Pergudangan Green Sedayu Biz Park Blok DM 3 No 29, Jalan Daan Mogot Raya Km. 18, Kalideres, 3 No.8, RT.11/RW.6, Kalideres, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11840

Harga : Rp77.000.

Website : www.bm1-oil.com

 

5. Federal Matic Ecomaxx 30

 

Rekomendasi federal

                                                                        ( Gambar Federal Matic Ecomaxx 30 )

Federal Matic Ecomaxx 30 dengan SAE 20W-40API JASI MB yang sangat cocok untuk motor matic. Oli motor terbaik ini menggunakan formula Synthetic special, yang membuat motor matic tetap awet. Oli ini di lengkapi dengan tiga keunggulan yakni Active Moly, Viscoelastic Molecules dan Double ACT Cleaner. Active Moly berguna untuk mencegah terjadi nya gesekan pada mesin dan menghemat bahan bakar. Viscoelastic molecules berguna untuk meningkatkan kinerja dan akselerasi mesin menjadi lebih secara  optimal. Double ACT Cleaner untuk membersihkan komponen mesin motor 2X lebih efektif. Direkomendasikan untuk motor keluaran terbaru atau usia pemakaian motor di bawah 5 tahun.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Merk Sandal Anak Laki-Laki Branded (Terbaru 2023)

Bagi kalian yang memiliki motor matic dengan kubikasi 125 cc hingga 150 cc maka oli ini sangat di rekomendasi kan untuk di gunakan. agar performa mesin tetap terjaga maka rutin lah mengganti oli mesin setiap 2.000 KM atau 2 bulan sekali. ada kala nya oli motor terbaik ini mengalami penurunan performa yang di sebab kan oleh beberapa faktor seperti kondisi jalan (geografis), debu, macet, bahan bakar, udara panas, dan pola saat berkendara.

Lokasi : Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 15, Lantai 29 Unit A-G, RT.003/RW.006, Kunciran, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143

Harga : ‎IDR 50,000.00

Website : www.federaloil.co.id

 

6. Castrol Oil Scooter 4T

 

Rekomendasi castrol

                                                                         ( Gambar Castrol Oil Scooter 4 T )

Oli motor terbaik yang banyak di rekomendasi kan berikutnya adalah Castrol Oil. dengan spesifikasi nya yang bagus, serta kualitas yang baik, oli ini dengan miliki daya tahan yang  secara maksimal serta mampu memberikan perlindungan pada mesin dengan lebih optimal. harga produk ini terbilang cukup mahal namun sebanding dengan kualitas yang di miliki. Castro power 1 racing 4T ini mampu meningkatkan performa mesin pada motor.

Kualitas dan spesifikasi pada oli ini sangat lah baik. Oli motor terbaik ini memiliki daya tahan yang lama dan mampu memberikan perlindungan pada mesin motor kalian secara optimal. Oli mesin matic 4 tak yang di rancang khusus menggunakan Teknologi Scootek sehingga mengalir pada mesin motor untuk mencegah terjadinya gesekan pada sebuah mesin.

Lokasi : Perkantoran Hijau Arkadia, Tower B Lt.9, Jl. TB Simatupang No.Kav. 88, RT.1/RW.1, Kebagusan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

Harga : IDR 54,000.00

Website : www.castrol.com

 

Cara Merawat Mesin Motor

Agar mesin motor kalian  tetap awet dan berumur panjang, maka kalian  perlu mengetahui beberapa tips dalam merawat mesin motor berikut.

1. Menjaga Kebersihan Motor

Kebersihan motor juga menjadi faktor penting untuk menjaga keawetan motor. rutin lah mencuci motor minimal seminggu sekali. selain nyaman saat di gun akan, mesin juga tidak karatan akibat debu yang menempel terlalu lama.

2. Rutin Mengganti Oli

kalian juga harus rajin mengganti oli motor yang berguna sebagai pelumas mesin. Oli akan merawat dan mendingin kan mesin saat bekerja. Ganti oli maksimal 2 bulan sekali yang sapat di sesuaikan dengan pemakaian motor.

3. Periksa Aki Motor

Aki berguna sebagai kelistrikan dari motor. Baik aki kering atau pun aki basah tetap membutuh kan sebuah  perawatan. Jika motor kalian menggunakan aki basah maka rutin mengecek isi air, dan jika menggunakan aki kering maka setrum kan aki jika daya nya berkurang.

Kesimpulan

Itu lah beberapa informasi terkait oli motor terbaik, kira nya informasi tersebut dapat membantu kalian  dalam memilih produk yang tepat demi menjaga keawetan motor kalian . Jika kalian  ingin mengetahui berbagai informasi terkait rekomendasi, kalian dapat membaca laman pada artikel lain sebagai nya.