Rekomendasi wood glue g10bcb5214 640

12 Rekomendasi Lem Sandal Anti Copot

Semahal apa pun harga sebuah sandal, tentu bisa saja mengalami ada nya  kerusakan sewaktu-waktu, entah itu karena lama nya pemakaian mau pun faktor lain sebagai nya. kalau kerusakan nya tidak terlalu parah, kalian bisa saja memperbaiki sendiri sandal tersebut menggunakan lem sandal yang tersedia di pasaran. sekarang sudah banyak lem sandal  bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal. Artikel berikut ini akan membahas rekomendasi produk nya untuk kalian di antara nya ialah :

Tips Memilih Lem untuk Sandal yang Bagus

Tidak sulit menemukan lem sandal, bahkan ada beberapa produk lem yang juga bisa di gunakan pada material kayu hingga keramik. perhatikan beberapa hal di bawah ini supaya bisa memperoleh lem sandal yang cukup kuat.

1. Memastikan bahan dasar pembuat nya

Salah satu bahan paling umum untuk membuat lem sandal adalah senyawa bernama cyanoacrylate. beberapa keunggulan produk lem berbahan dasar cyanoacrylate adalah sangat cepat kering, bahkan hanya dalam hitungan detik, namun rekatan nya sangat kuat. tidak heran kalau lem ini di kenal juga dengan sebutan superglue.

Lem sandal berbahan dasar cyanoacrylate tersedia dalam tekstur encer dan gel, tetapi sama-sama mudah di rata kan dan dapat meresap dengan baik ke objek nya. bahan ini memang bisa bekerja pada berbagai jenis material sandal maupun jenis alas kaki lain nya, tetapi bekerja paling kuat pada sandal berbahan karet dan kanvas. Keren nya lagi, senyawa ini terbukti tidak terlalu toksik untuk makhluk hidup di banding kan dengan bahan lem lain sebagai nya.

senyawa berikut nya untuk membuat lem sandal adalah polyurethane. Lem berbahan senyawa ini memiliki keunggulan dari segi daya tahan sebab ikatan kimia pada polyurethane di kenal paling kuat, bahkan tidak terpengaruh oleh suhu ekstrem.

Perbedaan paling kentara dari produk berbahan polyurethane dan cyanoacrylate ada di tekstur nya, senyawa ini memiliki tekstur yang sangat kental. tekstur itu memang membuat lem polyurethane tidak akan mudah tumpah, tetapi memerlu kan waktu agak lama untuk mengering. meski demikian, kalian  bisa memanfaat kan kekurangan itu menjadi kelebihan lem ini, misal nya bisa segera menghapus dan mengaplikasi kan lem kembali jika terjadi pada kesalahan.

Ketahanan polyurethane ketika sudah menempel pada suatu objek  dan kekentalan tekstur membuat nya menjadi lem yang cocok untuk sandal berbahan tebal. senyawa ini juga bisa menjadi lem sandal yang bagus pada pelapis alas kaki. di pasaran kalian juga dapat menemukan lem lain yang bertekstur mirip dengan polyurethane, yaitu lem yang terbuat dari taulene.

Jika Anda menemukan lem sandal yang bagus berlabel PVA atau PVAc, produk tersebut di buat menggunakan senyawa bernama polyvinyl acetate. karena merupakan sejenis bahan polimer seperti PU, daya tahan lem dari senyawa ini tergolong sangat baik. Jadi kalian  bisa memakainya untuk mengelem bagian luar jenis alas kaki lain yang rusak. Karakteristik lem sandal berbahan polyvinyl acetate adalah sangat ringan dan tidak sekental lem polyurethane, jadi bisa menjadi sebuah pilihan yang cocok untuk sandal berbahan kanvas mau pun sandal berpori lain. selain itu, kalian  juga dapat menemukan lem yang sangat mirip dengan PVA, baik dari segi ketahanan mau pun tekstur, yaitu lem berbahan resin. Lem resin di kenal sangat ringan sehingga bisa di pakai untuk memperbaiki alas kaki berbahan yang lembut.

Baca Juga:  6 Merek Baju Kemeja Batik Pria Terbaik

2. Mengenal keunggulan yang di tawar kan

Setelah mengetahui bahan dasar nya, penting juga untuk memperhatikan keunggulan lem, seperti daya tahan nya terhadap suhu mau pun air. bagi orang-orang yang tinggal pada wilayah beriklim panas, lem sandal yang bagus tentu nya yang tahan terhadap suhu tinggi, contoh nya Lem Fox Plus Tube yang di klaim tahan hingga suhu 100 °C. dengan demikian, ikatan kimia pada lem akan cepat rusak dan bisa bertahan lama pada alas kaki Anda.

Jika Anda tinggal di daerah pegunungan serta sering melakukan kegiatan outdoor, pasti kan memilih lem sandal yang menawarkan fitur tahan air, contoh nya lem Original Gorilla Glue. Lem dengan fitur tersebut akan tetap bertahan pada jenis alas kaki tertentu walaupun sering terendam air dan dicuci berkali-kali. senyawa yang di gunakan untuk membuat lem sandal yang bagus tahan air umum nya berupa polimer.

3. Memastikan warnanya setelah mengering

Bekas lem yang terlihat jelas pada sandal tentu tidak akan bagus untuk  di lihat. oleh karena itu, Anda juga perlu memperhati kan bagaimana warna lem itu setelah mengering, di samping kuat atau tidak nya lem. sebagus apa pun kualitas lem, justru bisa merusak tampilan sandal kalau punya warna mencolok setelah kering.

untuk merekat kan bagian upper dan outsole, lem sandal yang bagus adalah yang berwarna transapran karena tidak akan meninggalkan bekas yang kentara. Anda juga dapat mengaplikasikan nya ke alas kaki yang berwarna terang. sementara itu, lem berwarna kuning atau kecoklatan akan lebih cocok di aplikasi kan pada bagian dalam jenis alas kaki tertentu atau insole. Anda juga bisa kok mengaplikasikan nya ke bagian luar sandal, asal kan berwarna gelap.

Baca Juga:  5 Lampu Baca Terbaik

Sebagian besar lem sandal yang bagus hampir sama dengan produk khusus lem sepatu, bahkan ada juga lem multi fungsi untuk merekatkan beragam material. berikut rekomendasi berbagai macam  produk tersebut.

1. Lem FOX Kuning

 

Rekomendasi lem

                                                                            ( Gambar Lem Fox Kuning )

Lem FOX Kuning menjadi salah satu  sebuah lem sandal yang bagus dan sangat populer di Indonesia karena sifat nya multi fungsi. selain untuk alas kaki, kalian  juga dapat mengaplikasikan nya ke kayu, kulit, serta material tebal lain sebagai nya. daya rekat nya pun di kenal sangat kuat, tetapi memang di perlu kan waktu beberapa jam sampai lem bisa mengering dengan sempurna pada sandal atau alas kaki Anda.

Popularitas Lem FOX Kuning yang cukup tinggi membua tnya sangatlah  mudah di temu kan di pasaran, baik itu di marketplace dan berbagai toko bangunan. dengan harga mulai dari  8000-an rupiah saja per kemasan 70 gram, Anda sudah bisa mendapat lem sandal yang bagus dan cukup  tahan lama.

Lokasi : Kw. Industri Pulogadung, Jl. Rawaterate I No.3, RW.3, Rw. Terate, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13920

Website : www.lem-fox.com

 

2. Lem Kuning Aica Aibon 601

 

Rekomendasi aica

                                                                    ( Gambar Lem Kuning Aica Aibon 601 )

Lem Aica Aibon atau yang lebih di kenal sebagai lem aibon pada dasar nya merupakan suatu  cairan perekat serba guna dari bahan-bahan sintetis dan pelarut organik. daya rekat lem Aibon 601 memang sangat lah kuat, tetapi warna nya yang kuning menjadikan nya lebih cocok untuk bagian dalam sandal mau pun beberapa jenis alas kaki lain sebagai nya. Anda bisa menemukan produk ini dengan cukup  mudah di pasaran, termasuk di tempat foto kopi dan di jual sekitar 13 ribuan rupiah saja per kemasan 70 gram.

Lokasi :  LTC Glodok , JL. Hayam Wuruk, Mangga Besar , 127 , Taman Sari , 11180 Jakarta Barat , DKI Jakarta, RT.1/RW.6, Mangga Besar, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11180

Website : www.aica.co.id

 

Cara Menggunakan Lem Pada Sandal supaya Bagus Lagi

Selain memilih lem sandal yang memiliki dengan  kualitas bagus, kalian  juga perlu mengetahui bagaimana cara mengelem sandal yang benar. Berikut tips selengkap nya sebagai berikut dan di bawah ini :

1. Cara mengelem bagian sol

Baca Juga:  15 Rekomendasi Meteran Digital

Langkah-langkah untuk mengelem bagian sol sandal, antara lain :

– Bersihkan kedua permukaan sandal, termasuk debu-debu halus di permukaan dan bekas lem kering yang telah menempel pada sandal tersebut. Anda dapat menggunakan kain basah atau amplas untuk keperluan ini.

– Lepas tutup dan keluarkan isi lem secukup nya mengguna kan aplikator atau kuas kecil, kemudian aplikasikan tipis-tipis saja sampai  dengan merata.

-Tekan bagian yang di lem dengan kuat, gunakan pemberat supaya penekanan nya lebih  secara maksimal dan tidak menimbulkan celah pada sandal.

-Tunggu sampai beberapa saat sampai lem benar-benar mengering, ada yang hanya hitungan menit tetapi ada yang butuh waktu berjam-jam. Jangan lepas pemberat sandal sampai lem benar-benar kering. Sebaik nya diam kan semalaman untuk hasil paling kuat.

-Bersihkan sisa-sisa lem yang menempel pada permukaan sandal menggunakan kain basah atau aseton. Anda juga dapat memakai penghapus varnish yang bisa di temukan  di beberapa pada toko bangunan.

2. Cara mengelem sandal bolong

Sandal bolong juga bisa di perbaiki  dengan menggunakan lem sandal yang bagus. Berikut langkah-langkah nya.

-Jejali sandal dengan kertas koran atau majalah supaya bentuk nya tidak akan berubah, terutama pada sandal berbahan kulit suede dan kanvas.

-Beli material yang warna dan jenis nya sesuai, jadi nanti tidak akan membuat tambalan nya kentara.

-Untuk melindungi lem agar tidak mudah  merembes, tempeli bagian dalam sandal dengan duct tape atau lakban yang kedap air. Lakban atau tape juga berfungsi agar lem dapat di ratakan dengan sempurna.

-Aplikasikan lem sandal yang bagus milik Anda untuk menutup lubang pada permukaan sandal. untuk lem yang sangat cepat kering gunakan es batu untuk meratakan nya.

-·  Tekan-tekan bagian tersebut supaya lem nya merekat dengan kuat, gunakan pemberat kalau perlu. setelah lem benar-benar kering, buat potongan melingkar atau kotak untuk menutupi lubang pada sandal. kalau lubang nya ada pada ujung jari kaki, gunakan tambalan yang menutupi seluruh bagian jari tersebut sehingga tampak lebih rapi.

-Taruh kain basah di atas tambalan, lalu uapi dengan setrika uap atau steamer selama sekitar 10-15 detik untuk menyesuaikan bentuk tambalan dengan bentuk sandal. Ulangi proses ini sekitar 3-4 kali.

-Selesaikan proses ini dengan menjahit sekeliling tambalan dengan cukup rapi.

Kesimpulan

Jika kalian  memiliki cukup banyak koleksi sandal di rumah, sebaik nya sedia kan lem untuk berjaga-jaga, kalau sewaktu-waktu ada kerusakan. pada artikel ini telah di bahas mengenai beberapa produk lem sandal terbaik sekaligus cara menggunakan lem tersebut pada sandal atau jenis alas kaki lain nya yang kalian miliki, semoga artikel di atas bermanfaat bagi kalian semua nya.