Rekomendasi jeremy bishop Fpb7075lK1Y unsplash

4 Rekomendasi Kompor Panggang Terbaik

Memanggang merupakan salah satu teknik memasak yang akan mematangkan bahan makanan dengan memanfaatkan panas udara tanpa membutuhkan api yang menyentuh langsung wadah memasak. Proses memanggang ini akan dapat  menghasilkan hidangan dengan aroma khas dan lezat.

Saat memanggang anda tidak dapat  membutuhkan minyak atau air sehingga sajian yang di hasilkan akan lebih sehat dan tidak terlalu berlemak. memanggang biasa nya di lakukan saat ada acara spesial atau berkumpul dengan kerabat. namun tidak menutup kemungkinan memanggang sendiri di rumah untuk menyediakan hidangan buat keluarga ya.

agar kegiatan memanggang dapat di lakukan dengan lebih secara  praktis, maka anda akan membutuhkan sebuah alat yaitu Kompor Panggang. Alat ini akan membantu Anda untuk membakar makanan dengan lebih cepat dan praktis dibandingkan alat lainnya. Terdapat kompor panggang yang menggunakan listrik dan juga gas. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, artikel ini akan menyajikan beberapa informasi seputar kompor panggang terbaik.

Tips Memilih Kompor Panggang

Seblum memutuskan untuk membeli kompor panggang, pastikan Anda sudah mengetahui informasi seputar alat panggang terlebih dahulu. Ada banyak merk kompor panggang yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. oleh karena itu, berikut ini beberapa cara memilih alat panggang terbaik.

1. Perhatikan Material

Saat ingin membeli kompor panggang pastikan Anda memperhatikan terlebih dahulu material dan ukuran kompor panggang. Material yang biasanya akan dijumpai dipasaran adalah baja, besi, stainless steel, dan lainnya. Material stainless steel umumnya anti karat, tahan panas, dan mudah dibersihkan. Material besi atau logam tergolong food grade dan sanggup menjaga dan menyerap panas secara optimal. Terdapat pula kompor panggang dari bahan teflon, keramik, dan cash iron yang memiliki sifat antilengket dan mudah dibersihkan.

2. Perhatikan Ukuran

Pilihlah kompor pangang yang memiliki lebar piringan sesuai dengan kebutuhan dan jumlah makanan yang hendak di panggang. Hal ini akan membantu Anda untuk mempercepat proses pemanggangan. Panggangan seluas 50 – 60 cm memungkinkan memanggang bahan makanan dalam porsi banyak seperti ikan dan daging secara bersamaan. Kompor panggang dengan pirinagn luas juga dilengkapi dengan termometer built-in sehingga cocok untuk memasak banyak makangan tanpa perlu khawatir gosong.

3. Perhatikan Bentuk Piringan

Selain itu perhatikan pula bentuk piringan kompor panggang. Terdapat beberapa bentuk piringan kompor panggang yang bisa ditemui di pasaran seperti bentuk lingkaran, persegi, dan lainnya. Ada pula bentuk piringan bergelombang, datar, dan tray ganda.

Baca Juga:  6 Merk Topi Brand Terkenal (Terbaru 2023)

Bergelombang: bentuk piringan ini akan membuat hasil panggangan Anda tidak terlalu berminyak karena minyaknya akan jatuh kedalam gelombang. Namun hasil panggang tidak terlalu masak merata sehingga cocok untuk memanggang daging atau makanan tebal agar tidak mudah gosong.

Datar: bentuk piringan ini akan membuat bahan makanan matang sempurna karena seluruh permukaan akan mendapatkan panas yang merata.

Tray Ganda: bentuk ini terdiri dari sebelah sisi memiliki tekstur gelombang dan sebelah sisi lainnya bertekstur datar sehingga membuat Anda lebih fleksible untuk memasak berbagai jenis bahan makanan.

4. Hasil Panggang Merata

Pilihlah kompor panggang yang dapat memberikan hasil panggangan masak secara merata. Anda dapat memilih kompor panggang yang telah dilengkapi dengan teknologi infrared sehingga bahan makanan dapat matang secara merata baik bagian dalam dan bagian luar. Selain itu Anda tidak perlu memanggang dalam waktu lama untuk memperoleh tingkat kematangan sempurna. Kompor panggang dengan teknologi infrared juga tidak menghasilkan asap ya, sehingga makanan tidak akan memiliki bau asap dari proses pemanggangan.

Kompor panggang ini dapat membuat makanan terasa lebih sedap dan wangi.

5. Lokasi Penggunaan

Memanggang biasanya dilakukan diluar ruangan (outdoor), namun tidak menutup kemungkinan jika Anda memanggang didalam ruangan (indoor) juga bukan? Oleh karena itu, pastikan dahulu kompor panggang yang akan dibeli akan digunakan didalam atau luar ruangan agar Anda bisa menyesuaikan sumber pemanasan.

Indoor: jika ingin memanggang didalam ruangan, maka Anda bebas menggunakan kompor panggang seperti apa saja baik sumber panas listrik atau gas. Kompor panggang gas akan menghasilkan panas lebih cepat sehingga cocok untuk memanggang iga, ikan, daging, atau burger agar lebih cepat matang. Kompor panggang listrik penggunaannya lebih praktis karena cukup mencolokkan pemanggang ke sumber listrik tanpa khawatir gas habis.

Outdoor: jika ingin memanggang diluar ruangan maka kompor panggang yang memungkinkan untuk digunakan adalah kompor panggang gas. Anda dapat melakukan barbeque parti tanpa perlu mengotori lantai rumah dan repot melakukan instalasi.

6. Komponen Bisa Lepas Pasang

Carilah kompor panggang yang memiliki setiap komponen mudah untuk dilepas dan dipasang kembali. Hal ini akan membantu Anda untuk membersihkan sisa makanan dan lemak yang menempel pada kompor dan piringan pemanggang. Selain itu, alat panggang Anda akan tetap higienis dan terhindar dari karatan. Anda juga dapat memilih kompor panggang dengan tungku pembakaran dilapisi kaca antipanas sehingga saat dibersihkan Anda hanya perlu menggosok saja.

7. Fitur Tambahan

Carilah kompor panggang yang sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap seperti micro-safety switch, pengaturan suhu, dan built-in thermometer. Fitur ini akan membantu proses penganggangan lebih cepat dan praktis. Micro-safety switch akan membuat sistem pemanasan mati otomatis saat pemanggang dipindahkan. Built-in thermometer dan pengaturan suhu berguna untuk menyesuaikan suhu panggangan. Tempat air berguna untuk meminimalkan asap yang di hasilkan.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Laptop 3 Jutaan Terbaik

Berikut ini kompor panggang terbaik seperti di bawah ini :

1.PROMO DISINI

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.PROMO DISINI

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

3. Getra OL-4B Griller 4 Burner Roaster Kompor Pemanggang

Rekomendasi getra

  ( Gambar getra Burner roaster kompor panggang )

Getra OL-4B Griller 4 Burner Roaster Kompor Pemanggang merupakan alat panggang gas yang telah dilengkapi dengan tungku keramik inframerah sehingga lebih hemat gas dan makanan dapat matang merata. Kompor panggang ini dilengkapi dengan 4 tunggu keramik dengan kaca kuarsa sehingga pembakaran dapat dilakukan secara merata.

Kompor Panggang Getra dapat Anda gunakan untuk memanggang steak, otak-otak, atau sate dengan tingkat panas panggangan yang dapat diatur. Produk Getra ini dapat Anda beli secara online melalui aplikasi Shopee, Tokopedia, atau online shop lainnya.

Lokasi :  Jl. Raya Tj. Barat No.163, Tj. Bar., Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

Website : www.ufoelektronika.com

4. Moegen Bulgogi Pan All New 32cm Grill BBQ Kompor Portable

Rekomendasi moegen

( Gambar Moegen Bugogi pan )

Bagi Anda yang sedang mencari kompor panggang 1 tungku saja, maka Moegen Bulgogi Pan All New 32cm Grill BBQ Kompor Portable adalah pilihan terbaik. Produk ini telah dilengkapi 1 pan, 1 tutup kaca, dan 1 kompor portable. Peralatan panggangan juga Sudha dilengkapi dengan fitur anti lengket degan bahan hard diecasting dengan kualitas terpercaya.

Selain itu alat panggang ini juga sudah food grade, anti-karat, dan anti gores ya sehingga aman untuk kesehatan. Pan kompor panggang Moegen ini berukuran 32 cm dan terdapat lubang di bagian tengah yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak ke pembuangan. Marble coating yang akan membuat masakan matang secara merata.

Lokasi : Ruko blok A, Jl. Kosambi Selatan Raya seberang Ext-1 No A5, RT.10/RW.13, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

Website : www.indonesiaindonesia.com

5. Sekai Kompor Gas Panggang

Rekomendasi sekai

    ( Gambar Sekai kompor gas panggang )

Sekai merupakan salah satu merk yang memproduksi perlengkapan alat elektronik rumah tangga yang berkualitas. Tidak heran lagi, jika merk ini juga menghasilkan produk kompor panggang yang sudah memenuhi standard SNI yang aman untuk digunakan dan sudah bergaransi.

Sekai Kompor Gas Panggang menyediakan 4 panggangan yang mampu menghasilkan panas lebih merata sehingga makanan yang dibakar matang sempurna. Anda dapat menggunakan gas LPG bertekanan rendah untuk menghasilkan api. Kompor panggang ini terbuat dari tungku keramik berpori mikro dan kaca kuarsa yang akan mencegah minyak atau serpihan makanan masuk kedalam tungku. Anda bisa menghasilkan panggang ikan, panggang ayam, steak, dan lainnya.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Pelumas Rantai Sepeda Terbaik

Lokasi : Greenville ruko maisonete blok D no.5,, RT.7/RW.5, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Website : www.sekaihome.co.id

6. Sanex Kompor Gas Panggang 2 In 1 SN-KKP128

 

Rekomendasi

( Gambar Sanex Kompor gas Panggang 2 in 1  )

Sanex Kompor Gas Panggang 2 In 1 SN-KKP128 merupakan kompor panggang 2 tungku, dimana 1 tungku untuk memanggang, dan 1 tungku lainnya seperti kompor biasa yang dapat digunakan untuk memasak sop dan makanan lainnya. Penggunaan alat panggang ini juga cukup mudah, Anda bisa langsung untuk menyambungkan ke gas LPG pada umumnya.

Terdapat sistem pemantik yang diputas untuk menyarakan perapian, kemudian elemen pemanas yang terdapat diatas dapat digunakan untuk membakar ikan, ayam, sosis, sate, dan lainnya. Dapatkan segera kompor panggang Sanex ini sebelum kehabisan.

Lokasi : Sanex Building, Jl. Agung Timur X Blok N-1 No. 11-14, RT.10/RW.11, Sunter Jaya, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Website : www.sanex.co.id

Cara Membersihkan Kompor Panggang

Stelah digunakan, pastinya akan ada sisa makanan dan lemak yang lengket di atas kompor panggang. Jika dibiarkan berlama-lama, maka kotoran tersebut akan menjadi noda membandal. Berikut ini beberapa cara membersihkan kompor panggang yang dapat diperhatikan.

1.Dinginkan dan Rendam Air Sabun

Sesaat setelah digunakan, pastikan Anda mendiamkan kompor panggang tersebut hingga suhunya kembali normal. Membersihkan kompor dalam posisi panas, akan membuat alat lebih cepat rusak dan tangan Anda terluka. Setelah kompor panggang sudah besih, maka rendamlah didalam air sabun. Kemudian gosok permukaan piringan kompor panggang dengan menggunakan sikat dan spons lembut agar lapisan porselennya tidak terkelupas.

2. Bersihkan dengan Bahan Makanan Dapur

Selain menggunakan sabun, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan makanan yang ada di dapur seperti baking soda, garam, air lemon, dan air. Anda juga dapat merendam alat pemanggang dengan air kopi untuk emnghilangkan lemak.

3. Panaskan Sejenak

Setelah membersihkan kompor panggang, Anda juga dapat memanaskan alat ini sejenak sekitar 15 menit. Hal ini akan menbantu Anda untuk memastikan sisa makanan sudah bersih sempurna atau tidak. Selain itu, hal ini juga dapat memastikan bahan pembersih terbakar dan tidak mengganggu rasa makanan yang akan dipanggang selanjutnya.

4. Keringkan

Setelah kompor panggang Anda sudah bersih, kemudian jemur atau tiriskanlah agar air yang tersisa dapat keluar hingga benar-benar kering. Setelah itu baru simpan kompor panggang untuk digunakan kembali diwaktu lain. Jangan sampai Anda menyimpan kompor dalam

keadaan lembab atau basah karena akan memicu timbulnya karat dan sarang kuman.

Kesimpulan

Kompor panggang akan sangat berguna saat anda melakukan barbeque di rumah. alat ini akan membantu anda untuk dapat menghasilkan makanan dengan lebih cepat dan praktis. ada banyak kompor panggang yang tersebar di pasaran dapat di jadikan pilihan. Artikel ini telah merangkum rekomendasi kompor panggang terbaik yang dapat di jadikan sebuah  pilihan. berdasarkan beberapa rekomendasi diatas, apakah anda sudah menemukan kompor panggang yang sesuai dengan segala kebutuhan,  kiranya produk tersebut dapat awet dan tahan lama ya.