Rekomendasi evan wise Gl1jwLrvl8A unsplash

5 Rekomendasi Joran Pancing Terbaik

Joran pancing merupakan salah satu alat pancing yang di butuhkan untuk anda yang hobi memancing. dengan menggunakan joran pancing yang bagus, anda bisa mendapatkan pengalaman memancing terbaik yang lebih cukup berkesan.

Joran pancing sendiri berfungsi sebagai sebuah  fasilitas untuk dudukan reel atau tempat bertumpu nya kenur atau senar, yang dapat mengarahkan tarikan ikan. selain itu fungsi lain nya yaitu untuk menjaga tangan agar terhindar dari gesekan senar, ketika melawan tarikan ikan.

Sehingga, anda bisa mendapatkan rasa nyaman ketika saat memancing. bahkan, ada beberapa joran pancing terbaik di buat khusus dengan spesifikasi tertentu, agar pemancing dapat menerapkan teknik-teknik nya. dan yang perlu anda tahu juga bahwa banyak jenis yang di tawar kan di pasaran yang pasti nya dengan segi  kualitas yang berbeda-beda.

Maka untuk itu sebelum membeli, pastikan anda mengetahui cara memilih joran pancing yang bagus dan cukup  sesuai. nah, di artikel ini kami akan memberikan cara memilih joran pancing terbaik serta merekomendasikannya. berikut penjelasan nya.

Cara Memilih Joran Pancing yang Bagus

Sebelum memilih produk yang tepat untuk anda gunakan apalagi untuk anda yang pemula, sebaiknya mengetahui cara dalam memilihnya terlebih dahulu agar tidak salah saat membelinya. berikut ini beberapa cara memilih joran pancing terbaik yang bisa menambah pengetahuan anda.

1. Perhatikanlah Ukuran Panjangnya

Salah satu hal penting yang harus anda lakukan ketika anda akan membeli joran pancing terbaik adalah memperhatikan ukuran panjangnya, mengapa? karena ukuran dapat mempengaruhi performa anda ketika sedang  saat memancing.

nah, untuk joran pancing yang berukuran pendek bisa nya di pakai ketika memancing menggunakan perahu. dan joran berukuran panjang biasa nya di gunakan ketika sedang memancing dari tepian air untuk mendapatkan jangkauan yang lebih jauh.

2. Perhatikan Kekuatan Dan Berat Ketika Membeli Joran

Selain ukuran, kekuatan dan bobotnya juga merupakan salah satu faktor penting lain nya, mengapa,  karena beratnya dapat berbanding lurus dengan kenyamanan dari penggunaa nya. untuk itu anda harus mampu memilih joran pancing terbaik yang cocok dan sesuai segala  kebutuhan anda.

3. Perhatikan Bahan Pembuatan

Memilih bahan pembuatan yang di gunakan merupakan hal yang penting, mengapa, karena semakin bagus bahan dasar nya maka akan berbanding lurus dengan fungsi nya. dimana biasanya bahan pembuatan joran pancing terdiri dari dua jenis yaitu fiberglass dan graphite atau kombinasi dari kedua bahan tersebut.

Cara Merawat Joran Pancing Agar Awet

Setelah anda mengetahui cara memilih joran pancing yang bagus, anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar lebih awet dan dapat di gunakan dalam waktu yang lama. ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merawatnya yaitu hindari menangkat joran dalam sudut 90derajat ketika sedang bertarung dengan ikan, jangan meletakkan dengan posisi bersender pada dinding atau sudut ruangan, karena akan membuatnya menjadi melengkung jika di sandarkan dalam waktu yang lama dan terakhir cuci lah joran pancing dengan air tawar dan sabun, kemudian bilas dengan air lalu keringkan.

Berikut ini 5 joran pancing terbaik seperti di bawah ini :

1. Joran Pancing Maguro EXTREME VIPER 180

Rekomendasi maguro

( Gambar Joran Pancing merek Maguro Extreme viper )

Maguro extreme viper 180 merupakan joran pancing keluaran merek maguro terbaru, karena telah sukses dengan versi sebelumnya yang telah dipercaya menjadi perlengkapan pancing berkualitas. Joran ini memiliki panjang 180 cm yang bisa digunakan di tepian sungai dan juga cocok digunakan ketika berada diperahu.

Nah, untuk mempermudah anda membawanya, bisa dicopot menjadi dua bagian. untuk bahan pembuatannya sendiri, joran pancing terbaik ini terbuat dari material carbon pomposite yang membuatnya ini memiliki bobot yang cukup ringan serta memiliki lubang benang sebanyak 7 buah.

Lokasi : Jl. Pluit Sakti Blok C16-17 No.28, RT.4/RW.6, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Website : www.indonesiamemancing.com

 

2. Joran Pancing Sougayilang 2 Section

 

Rekomendasi sougiyang

  ( Gambar Joran Pancing merek Sougiyang )

Apakah anda mencari joran untuk memancing yang ringan lentur dan kuat? Jika iya, Sougayilang 2 section bisa menjadi rekomendasi pilihan untuk anda. Dimana joran pancing ini memiliki panjang 1.2 meter dan terbagi menjadi 2 section.

Dengan bentuknya yang pendek maka cocok untuk digunakan memancing diarea sungai atau jika anda berada dilaut maka memancing bisa menggunakan perahu. Selain itu, joran pancing terbaik ini terbuat dari material carbon sehingga memiliki berat yang cukup ringan dan mudah untuk di bawa kemana-mana.

Lokasi : Jl. Moh. Kahfi 1, RT.7/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630

Website : www.shopee.co.id

 

3. Joran Pancing Doido Manta Fiber Solid

Rekomendasi daido

( Gambar joran pancing Merek Dodo manta Fiber Solid )

Nah, untuk anda yang menyukai joran pancing dengan warna yang cerah dan desain yang keren, maka bisa memilih doido manta fiber solid menjadi  sebuah pertimbangan anda. tersedia beberapa warna yaitu kuning, biru, putih dan merah, maka bisa anda pilih sesuai selera anda.

Joran pancing ini terbuat dari material solid fiber yang memiliki kekuatan sampai 10 kg dan memiliki panjang yang variatif yaitu 1.5 meter sampai 2.4 meter. Terbagi menjadi dua section membuatnya menjadi mudah untuk dibawa kemana-mana dengan memasukkannya ke dalam tas ketika anda akan pergi memancing. Untuk jumlah benangnya sendiri, joran ini mengikuti panjangnya.

Dengan begitu semakin panjang ukuran joran maka semakin banyak jumlah lubang benang yang di miliki. Joran pancing terbaik ini cocok untuk di gunakan oleh anak-anak karena memiliki desain dan warna yang menarik. tunggu apalagi segera miliki joran pancing ini untuk diberikan kepada anak anda di rumah.

Lokasi : Jl. Prof. Dr. Latumeten No.21, RT.8/RW.9, Angke, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11330

Website : www.shipsapp.co.id

 

4. Joran Pancing Jingjie Pro

 

Rekomendasi jing

   ( Gambar Joran pncing Merek Jingjie Pro )

apakah anda mencari joran yang dibaderol dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas yang bagus? Pastinya dong, maka untuk itu anda bisa membeli joran pancing dari merek jingjie pro.

Terbuat dari material carbon maka joran ini terbilang kuat dan dapat menahan beban yang cukup berat serta tidak mudah patah. Apalagi untuk anda yang sering bertarung dengan ikan-ikan besar di laut, joran untuk memancing ini bisa jadi paling cocok untuk anda gunakan.

Selain itu, joran ini memiliki panjang 2.4 meter sehingga pas untuk di gunakan saat memancing di laut dan sungai. dengan desain telescopic membuat joran ini terlihat modern dan juga kekinian. Untuk anda yang tertarik untuk membeli joran pancing terbaik yang satu ini bisa membelinya melalui shopee atau tokopedia, ya!

Lokasi : Jl. H. Ung No.251, RT.8/RW.2, Utan Panjang, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10650

Website : www.mediaini.com

 

5. Joran Pancing Spinning Blood Weepro

 

Rekomendasi spinning

( Gambar Joran Pancing Merek Spinning Blood Weepro )

Joran pancing spinning blood weepro ini memiliki desain yang simple dengan dominasi warna putih dan hitam sehingga membuat tampilannya terlihat elegan. Dalam hal bentuk, joran ini memiliki panjang berkisar 180 cm dengan jumlah lubang benang sebanyak 7 buah.

Selain itu, joran pancing terbaik ini terbuat dari graphite yang membuatnya memiliki kekuatan yang tidak dapat diragukan lagi namun tetap memiliki bobot yang cukup ringan sehingga di sukai oleh  para pemancing yang sering menghabiskan waktunya untuk seharian memancing. Nah, tunggu apalagi segera miliki joran untuk memancing ikan yang satu ini ya.

Lokasi : Jl. Percetakan Negara, RT.4/RW.6, Cemp. Putih Bar., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10520

Website : www.patiupdate.com

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Joran Pancing

  1. Apa itu joran pancing

Joran pancing adalah alat yang di gunakan oleh pemancing untuk mengekstrak ikan dari air. biasanya terbuat dari bahan seperti fiberglass, karbon, atau bambu dan dilengkapi dengan rol pancing dan senar.

  1. Apa perbedaan antara joran pancing air tawar dan air asin

Joran pancing air tawar biasa nya lebih ringan dan lebih pendek dari pada jenis yang di gunakan pada air asin, yang biasa nya lebih panjang dan lebih kuat untuk menangani ikan yang lebih besar dan kondisi air yang lebih keras.

  1. Bagaimana saya memilih joran pancing yang tepat untuk saya

Pilih lah joran pancing yang sesuai dengan jenis memancing yang anda lakukan. pertimbangkan faktor-faktor seperti jenis ikan yang ingin anda tangkap, lingkungan memancing anda (air tawar atau air asin, pantai atau perahu), dan tingkat keterampilan dan kekuatan Anda.

  1. Apa itu joran pancing ‘telescopic’?

Joran pancing telescopic adalah jenis yang bisa di perpanjang dan di tarik kembali, sangat  memudahkan transportasi dan penyimpanan. mereka umum di gunakan dalam memancing perjalanan atau ketika ruang penyimpanan terbatas.

  1. Bisakah saya menggunakan joran air tawar untuk memancing di air asin

Meski teknisnya bisa, jenis yang digunakan pada air tawar mungkin tidak memiliki ketahanan korosi yang diperlukan untuk air asin dan ikan yang lebih besar dan lebih kuat yang biasanya ditemukan di air asin.

  1. Bagaimana cara merawat joran pancing saya

Setelah setiap penggunaan, bersihkan dengan air tawar dan keringkan sebelum menyimpannya. Periksa secara teratur untuk kerusakan atau keausan, dan ganti bagian yang rusak atau aus.

  1. Apa itu ‘action’ dalam konteks joran pancing

‘Action’ merujuk ke sejauh mana bentuknya akan membungkuk ketika tekanan diterapkan. Joran dengan ‘action’ cepat akan membungkuk lebih dekat ke ujung, sementara joran dengan ‘action’ lambat akan membungkuk sepanjang batang.

  1. Apa perbedaan antara joran pancing casting dan spinning

Jenis casting dirancang untuk digunakan dengan reel casting, di mana senar dilepaskan dari atas reel. Jenis spinning dirancang untuk reel spinning, di mana senar dilepaskan dari bawah reel.

  1. Seberapa panjang joran pancing yang harus saya gunakan

Panjang joran pancing yang tepat tergantung pada jenis memancing yang Anda lakukan. Untuk memancing di air yang luas dan terbuka ukuran lebih panjang mungkin lebih baik, sementara untuk memancing di daerah yang berhutan atau dengan banyak rintangan, ukuran yang lebih pendek mungkin lebih cocok.

  1. Apa itu ‘power’ dalam konteks joran pancing

Power’ merujuk pada kekuatan atau kapasitas beban yang dapat ditangani joran pancing. Misalnya, ‘heavy power’ dirancang untuk menangani ikan besar, sedangkan ‘light power’ lebih cocok untuk ikan kecil.

  1. Dapatkah saya menggunakan joran pancing untuk jenis ikan apa saja

Meskipun Anda bisa menggunakan joran pancing untuk menangkap berbagai jenis ikan, beberapa jenisnya dirancang khusus untuk jenis ikan tertentu atau metode memancing tertentu. Pemilihan yang tepat bisa meningkatkan kenyamanan dan keberhasilan Anda.

  1. Bagaimana cara memasang reel ke joran pancing

Cara memasang reel ke joran pancing bergantung pada jenis reel dan joran yang Anda gunakan. Biasanya, reel dipasang dengan memasukkannya ke slot di bawahnya dan mengencangkan baut atau baut penahan.

  1. Apakah joran pancing yang lebih mahal selalu lebih baik

Harga tidak selalu menentukan kualitas. Meski joran pancing yang lebih mahal biasanya dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki fitur lebih, yang terpenting adalah menemukan yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Bagaimana cara saya merawat dan menjaga joran pancing saya tetap dalam kondisi baik

Penting untuk selalu membersihkan joran pancing Anda setelah setiap penggunaan, terutama jika Anda telah memancing di air asin. Pastikan untuk menyimpannya dalam kondisi kering dan di tempat yang aman untuk mencegah kerusakan.

  1. Apa yang harus saya lakukan jika joran pancing saya patah

Jika joran pancing Anda patah, Anda mungkin bisa memperbaikinya tergantung pada tingkat kerusakan. Namun, dalam banyak kasus, lebih baik dan lebih aman untuk menggantinya, terutama jika kerusakannya terletak di bagian tengah atau dekat pangkalnya.

Kesimpulan

Memilih jenis joran pancing yang tepat dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam pengalaman memancing yang anda lakukan. Dalam memilih joran pancing, pertimbangkan jenis ikan yang akan Anda tangkap, kondisi perairan tempat memancing, teknik memancing yang Anda gunakan, serta kenyamanan dan preferensi pribadi. Pilihlah joran pancing dengan bahan dan kualitas terbaik sesuai dengan budget yang anda miliki. dengan memilih jenis joran pancing yang tepat, anda dapat meningkatkan peluang sukses dan memaksimalkan pengalaman memancing anda.

itulah beberapa rekomendasi joran pancing terbaik yang bisa menjadi sebuah pilihan anda ketika akan membeli. segera miliki salah satu joran pancing di atas untuk melengkapi peralatan memancing anda, ya. semoga bermanfaat.