Rekomendasi tai s captures 0I52FCHNjoU unsplash

3 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray Terbaik

Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk  dapat melindungi diri dari kuman dan virus penyebab penyakit adalah dengan mencuci tangan. Nah, hand sanitizer dapat menjadi alternatif yang lebih praktis bila Anda tidak menemukan sabun dan air. Kini hand sanitizer dalam kemasan spray sangat mudah ditemukan di pasaran. Produk manakah yang sebaiknya dipilih?

Kali ini kami akan memberikan tips memilih hand sanitizer spray yang bagus untuk membersihkan tangan. Selain itu, kami juga akan merekomendasi berbagai merek hand sanitizer spray terbaik, seperti Antis, Natura, Bigroot, dan lainnya. Simak artikelnya sampai selesai, ya!

Pentingnya menggunakan hand sanitizer

Untuk mencegah penyebaran kuman, termasuk COVID-19, Anda perlu rutin mencuci tangan dengan sabun dan air selama dua puluh detik. Namun, apabila sabun dan air tidak tersedia atau Anda tak sempat mencuci tangan, Anda dapat menggunakan hand sanitizer. Hal ini tentu lebih praktis, apalagi jika Anda sedang di perjalanan atau terburu-buru.

Kandungan alkohol, setidaknya 60%, di dalam hand sanitizer dipercaya mampu membasmi kuman dan virus serta menambah perlindungan pada tangan. Hand sanitizer juga membantu Anda menghindari penyakit atau menyebarkan kuman ke orang lain.

Salah satu jenis hand sanitizer yang digemari adalah hand sanitizer spray. Selain praktis karena cukup disemprotkan saja, hand sanitizer spray biasanya lebih cepat kering dan tidak terasa lengket. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena hand sanitizer ini kemungkinan lebih mudah terbawa angin saat disemprotkan ke tangan.

Baca Juga:  7 Hotel Terbaik di Tangerang

Cara memilih hand sanitizer spray

Ada banyak merek yang menyediakan hand sanitizer dalam kemasan spray. agar anda tidak salah pilih, simak poin-poin berikut ini sebelum membelinya.

 

① Sesuaikan dengan kondisi kulit tangan Anda

Jangan lupa untuk menyesuaikan hand sanitizer dengan kondisi kulit tangan Anda. Jika kulit Anda cenderung kering, pilih produk dengan klaim yang menghidrasi serta melembapkan. Sejumlah kandungan, seperti Aloe vera, glycerin, dan castor oil dipercaya dapat membantu melembapkan serta melembutkan kulit.

Sementara itu, apabila kulit Anda termasuk yang sensitif, carilah hand sanitizer dengan formula lembut. Anda juga bisa memilih hand sanitizer dengan formula yang lebih sederhana atau berbahan organik. Jika hand sanitizer pilihan Anda menyebabkan rasa gatal, panas, atau iritasi di kulit, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

 

② Pastikan produknya aman dan tepercaya

Beberapa waktu lalu sempat terjadi kelangkaan pasokan hand sanitizer sehingga banyak penjual menawarkan hand sanitizer buatan bermerek baru. Namun, Anda perlu waspada karena belum tentu hand sanitizer tersebut aman dan mampu membersihkan tangan. Pastikan bahwa produk pilihan Anda telah memiliki label lolos uji dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, cobalah untuk memeriksa apakah merek produk kesehatan andalan Anda juga memproduksi hand sanitizer spray. Memilih merek yang sudah jelas tepercaya tentu akan lebih aman dan Anda sekeluarga bisa lebih tenang saat memakainya. Anda juga sebaiknya membeli produk dari penjual dan reseller resmi agar terhindar dari produk palsu yang membahayakan kesehatan.

③ Cari tahu kandungan dalam produk

Meskipun sama-sama berguna sebagai pembersih tangan dari kuman dan virus, tiap produk memiliki kandungan yang berbeda. Karena itu, Anda sebaiknya mengetahui kandungan dalam hand sanitizer agar lebih mudah menemukan produk yang sesuai.

Baca Juga:  2 Tepung Terigu Terbaik

Alkohol minimal 60%, lebih efektif membunuh kuman

Agar lebih efektif dalam membasmi kuman dan virus, pilihlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Kadar alkohol antara 60% hingga 95% telah teruji mengurangi dan membunuh sebagian besar bakteri dan virus. Alkohol tersebut juga sering tercantum pada label produk sebagai etanol, etil alkohol, isopropanol, atau 2-propanol.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika memilih hand sanitizer yang mengandung alkohol, terutama untuk anak-anak. Anak-anak sering kali tanpa sadar memasukkan tangan ke dalam mulut sehingga berisiko keracunan. Perhatikan juga apakah produk yang dipilih telah memiliki label dari BPOM sehingga kandungannya aman.

Pelembap dan vitamin, untuk menjaga kulit tetap ternutrisi

Menyemprotkan hand sanitizer yang mengandung alkohol sering kali mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit pecah-pecah, bahkan terkelupas jika dilakukan dalam jangka panjang dan terus-menerus. Padahal, kuman dan virus akan lebih membahayakan bila dibiarkan berkembang biak pada kulit pecah-pecah.

Karena itu, Anda sebaiknya memastikan hand sanitizer-nya mengandung pelembap dan vitamin. Aloe vera, glycerin, dan castor oil adalah beberapa kandungan pelembap yang umum ditemukan dalam hand sanitizer. Jadi, selain membersihkan, hand sanitizer juga bisa melembapkan dan menutrisi kulit. Apabila dirasa belum cukup menghidrasi kulit, Anda bisa memakai pelembap lain, seperti hand cream atau losion.

④ Pertimbangkan juga aroma yang disukai

Adanya pandemi ini meningkatkan kewaspadaan semua orang terhadap kebersihan, salah satunya dengan sering menyemprotkan hand sanitizer. Sayangnya, hand sanitizer dengan bau alkohol menyengat tentu akan terasa mengganggu bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Karena itu, Anda bisa memilih hand sanitizer yang minim bau alkohol atau dengan tambahan aroma tertentu. Produk dengan aroma yang menyegarkan, seperti lavender, lime, bahkan cucumber dapat dengan mudah Anda temukan.

Selain itu, banyak merek yang menawarkan hand sanitizer spray yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kurang sedap. Jadi, pilihlah hand sanitizer berdasarkan aroma yang Anda sukai.

Baca Juga:  10 Merek Mobil Terbaik di Indonesia 2024

1. Antis Antiseptic Spray

 

Rekomendasi antiseptic

                                                              ( Gambar Antis Antiseptic spray )

Memberikan perlindungan secara  maksimal dari kuman selama dua jam

Anda mungkin sudah familier dengan salah satu produk pelopor hand sanitizer ini. Antis Antiseptic Spray memang sudah populer sejak dahulu dan diandalkan oleh banyak orang sebagai alternatif pembersih tangan tanpa air.

Formulanya diklaim dapat membunuh virus hanya dalam waktu beberapa detik. Antis juga mengandung moisturizer yang melembapkan kulit dan pilihan aroma menenangkan. Selain itu, produk ini dapat memberikan perlindungan dari kuman selama dua jam. Tangan jadi terlindungi lebih lama, deh!

Lokasi : Jl. W R Supratman Blok Mushola No.50, RT.2/RW.5, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412

Website : www.enesis.com

 

2. Nuvo Hand Sanitizer Spray

Rekomendasi nuvo

                                                          ( Gambar Nuvo hand Sanitizer Spray )

Bentuknya compact, muat untuk dimasukkan kantong

Jika Anda membutuhkan hand sanitizer spray dengan kemasan compact, produk ini merupakan pilihan tepat. Biasanya hand sanitizer berbentuk spray hadir dalam kemasan botol. Namun, produk ini dikemas dalam kotak kecil tipis yang muat di kantong.

Meskipun memiliki kemasan kecil, Nuvo Hand Sanitizer Spray dapat digunakan hingga 250 kali semprot. Selain itu, hand sanitizer spray kotak ini juga diklaim telah lulus uji efektif membunuh kuman.

Lokasi : Jl. Kapten Tendean No.88 B, RT.2/RW.2, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710

Website : www.wingscorp.com

 

3. BETADINE Klarens Sanitizer Spray

 

Rekomendasi betidane

                                                   ( Gambar Betadine Klarens sanitazer  spray )

Pembersih multifungsi dengan 3 pilihan aroma nan khas

Sebenarnya, fungsi Klarens Sanitizer Spray ini tidak jauh berbeda dengan produk lain di rekomendasi produk. anda dapat menggunakannya untuk membersihkan tangan, kaki, serta permukaan benda lain sebagai nya.

Formulanya juga lembut dengan kandungan vitamin E dan castrol oil sehingga tidak membuat kulit kering. namun, hand sanitizer ini memiliki tiga pilihan aroma yang khas. Ada Pink Rose, Calming Musk, dan Sweet Honeydew. anda yang menyukai aroma nan calming dapat mencoba produk ini.

Lokasi : Jl. Pulo Kambing II No.20, RW.11, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930

Website : www.mahakamgroup.com

 

Kesimpulan

Ternyata ada banyak produk hand sanitizer spray yang patut dicoba, ya! Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menentukan hand sanitizer spray yang ingin dibeli? Hand sanitizer merupakan salah satu benda yang wajib di bawa mengingat banyaknya kuman dan virus yang membahayakan bagi  kesehatan.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan sejumlah poin di atas sebelum membeli hand sanitizer spray. Semoga anda dan keluarga selalu sehat dalam menjalani segala  aktivitas sehari-hari. Selamat memilih!