Rekomendasi volodymyr hryshchenko WU9dA3C4R28 unsplash

5 Rekomendasi Alat Pembersih Kaca Aquarium Terbaik

Bagi anda yang memiliki hobi memelihara ikan hias dalam sebuah akuarium, jangan pernah melewatkan alat pembersih kaca akuarium. alat ini dapat membantu anda  dalam membersihkan kaca secara lebih praktis dan sangat mudah. bahkan, tidak hanya membuat kaca jadi kinclong, lumut dan ganggang yang ada di dalamnya juga bisa terkikis bersih.

kami akan mengulas rekomendasi alat pembersih kaca akuarium yang bagus dari berbagai macam merek. anda akan menemukan merek Resun, Nikita Star, Recent, dan lain sebagai nya. sebelum mulai membeli nya, perlu di ketahui dahulu cara memilihnya berikut ini.

Table of Contents

Cara memilih alat pembersih kaca aquarium

Di artikel ini, kami akan membahas alat pembersih akuarium, khusus nya yang berbahan kaca. Yuk, simak lebih lanjut beberapa tips berikut ini.

 

① Pilih berdasarkan bentuknya

Alat pembersih kaca akuarium yang paling banyak beredar terdiri dari dua macam bentuk, yaitu magnet dan stik. kedua bentuk pembersih ini memiliki keunggulannya masing-masing.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Susu Formula Anak 1-3 Tahun Terbaik

Magnet: Bersihkan kaca dari dua sisi, dalam dan luar

Pembersih yang berbentuk magnet terdiri dari dua sisi. Sisi pertama di letakkan di dalam akuarium, sisi kedua di luar akuarium. Tiap-tiap sisi bisa saling menempel karena terdapat magnet. Jadi, jika anda menggerakkan sisi pembersih di luar akuarium, otomatis sisi di bagian dalam juga akan bergerak.

Pembersih ini lebih efektif karena hanya dengan sekali gosok, anda akan membersihkan kaca di dua sisi sekaligus. namun, jika kekuatan magnetnya kurang erat, sisi pembersih bagian dalam bisa saja terlepas. maka dari itu, cari lah pembersih yang ringan dan bisa mengapung supaya jika terlepas, bisa diambil dan ditempelkan kembali dengan  sangat mudah.

Stik: Bersihkan kaca tanpa membasahi tangan

Pembersih yang berbentuk stik memungkinkan anda untuk membersihkan dinding akuarium tanpa mencelupkan tangan ke air. Stiknya berukuran panjang dan di bagian ujung terdapat scrubber untuk menggosok dinding kaca.

dengan menggunakan pembersih ini, anda bisa membersihkan sudut-sudut akuarium yang sulit akan terjangkau. terlebih, bentuk pembersih stik ini lebih ramping sehingga akan mudah menyelip ke sudut akuarium yang sempit.

Nah, jika anda membutuhkan produk yang dapat membersihkan air, bebatuan, mau pun bagian lain dari akuarium, silakan klik tautan di bawah ini ya!

② Ketahui bahan scrubber pembersih kaca

Hal penting yang perlu di perhatikan lain nya adalah mengetahui bahan scrubber atau penggosok untuk membersihkan kaca. Scrubber ini terdiri dari dua jenis bahan, yaitu spons dan mata pisau.

Spons: Untuk membuat kaca yang kusam jadi kinclong

Scrubber bahan spons memiliki tekstur yang empuk dan sedikit kasar. Beberapa produk ada yang memiliki dua jenis spons, yaitu spons kuning dan spons hijau. Spons kuning teksturnya lebih lembut, sedangkan spons hijau teksturnya lebih kasar.

akan tetapi, kedua jenis scrubber spons ini memiliki fungsi yang sama, yaitu menggosok kaca menjadi kinclong kembali. Kotoran yang lunak, seperti lumut dan ganggang, bisa mudah dibersihkan dengan scrubber ini. selain itu, scrubber spons juga bisa mengurangi kemungkinan menggores kaca.

Mata pisau: Untuk menyingkirkan kerak pada kaca

Scrubber bahan mata pisau bentuknya keras dan tajam. Scrubber ini berfungsi untuk menggosok kerak atau kotoran kering yang menempel di kaca. Tidak hanya itu, scrubber ini juga bisa digunakan untuk mengikis lumut yang menempel di kaca.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik

karena bentuknya yang tajam, scrubber mata pisau hanya bisa di gunakan untuk akuarium kaca. untuk itu, beberapa produsen ada yang membuat scrubber berbahan karet yang lebih aman untuk berbagai jenis akuarium. namun, scrubber dari karet hanya bisa mengikis lumut dan agak sulit untuk mengikis kerak yang membandel.

③ Perhatikan ukuran nya

Pemilihan ukuran alat pembersih kaca akuarium ini di tentukan dengan ukuran akuarium nya. Jika anda memiliki akuarium yang besar, kami menyarankan untuk membeli scrubber spons yang area pembersihnya lebar. dengan begitu, membersihkan akuarium ukuran besar tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, perhatikan pula ukuran tinggi akuarium. Ketinggian akuarium ini menentukan pilihan Anda untuk alat pembersih berbentuk stik. Pilihlah stik yang ukurannya lebih tinggi daripada akuarium supaya bisa menjangkau area dasar akuarium tanpa tenggelam.

Berikut ini 5 rekomendasi alat pembersih kaca aquarium terbaik di antara nya sebagai berikut:

1. ResunMagnetic Brush

Rekomendasi resun

                                                            ( Gambar Resun Magnetic Brush )

Magnetnya kuat menempel dan tidak mudah terlepas

Menggosok kaca akuarium dengan cepat bisa membuat magnet terlepas. Jika seperti ini terus-menerus, tentu akan tidak nyaman. Karena itulah alat yang satu ini patut untuk dicoba. Resun Magnetic Brush memiliki kekuatan magnet yang superkuat sehingga tidak akan mudah terlepas.

Saat anda menggosok kaca dengan cepat, scrubber tetap erat menempel dan tidak terlepas dari magnet nya. anda pun bisa membersihkan kaca dengan cepat dan tanpa repot, deh.

lokasi : Ruko Metland, J7 Jl. Menteng Niaga No.6, Ujung Menteng, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13960

Website : www.aquajaya.com

 

2. Nikita Star Magnetic Brush

 

Rekomendasi nikita

                                                   ( Gambar Nikita star Magnetic Brush )

Handle grip ergonomis dan tidak licin saat untuk  di genggam

Bentuk handle grip sebuah alat pembersih kaca akuarium merupakan kunci kenyamanan penggunaan alat. nah, alat ini memiliki bentuk handle grip yang sangat ergonomis. Anda bisa dengan nyaman dalam  menggenggam nya tanpa licin atau seakan  terlepas-lepas dari tangan. alhasil, membersihkan akuarium jadi lebih akan  mudah dan tidak gampang capek lagi, deh!

Baca Juga:  4 Rekomendasi Kotak P3K Terbaik

lokasi : Jln petir, RT.011/RW.014, Petir, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15159

Website : www.tokopedia.com

 

3. Recent Magnet Pembersih Kaca Aquarium

 

Rekomendasi recent

                                             ( Gambar Recent Magnet Pembersih kaca Aquarium )

Pembersih bisa mengapung, mudah diambil jika tidak sengaja terlepas

Saat membersihkan kaca akuarium, anda mungkin malas untuk membasahi tangan. namun, bagaimana jadi nya jika pembersih terlepas dari magnetnya? tenang, pasalnya, alat ini sifat nya ringan dan bisa mengapung.

sekalipun tidak sengaja terlepas dari magnetnya, alat akan otomatis mengapung. anda bisa mengambil nya di permukaan air tanpa perlu membasahi tangan. mudah sekali, bukan.

lokasi : Gg. Muara V No.95c, RT.2/RW.3, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

Website : www.indonderdil.com

 

4. Sobo Floating Magnetic Glass Cleaner

 

Rekomendasi sobo

                                                ( Gambar Sobo Floating Magnetic Glass Cleaner )

Membersihkan kaca aquarium tebal bukan lagi masalah

Akuarium besar biasa nya memiliki dengan  ketebalan kaca di atas 10 mm. sayangnya, tidak semua pembersih kaca memiliki kekuatan magnet yang kuat untuk membersihkan kaca akuarium tebal.

Karena itu, pakai saja pembersih ini yang daya magnet nya kuat menempel pada dinding kaca dengan ketebalan 10–16 mm. dengan demikian, membersihkan kaca akuarium yang tebal tidak jadi masalah lagi karena magnet nya tidak akan  mudah terlepas.

lokasi : Jl. DR. Makaliwe Raya No. 32, RT.10/RW.4, Grogol, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11450

Website : www.premiumaquatics.com

 

5. Mag float Floating Magnet Aquarium Cleaner

 

Rekomendasi magfloat

                                        ( Gambar Mag Float Floating magnet Aquarium Cleaner )

Lumut di aquarium kaca ataupun akrilik bisa bersih dengan cepat

Alat ini memiliki area permukaan pembersih yang lebar. Ini lah yang membuatnya bisa membersihkan akuarium dengan cepat dan efisien. hanya dengan sekali usap, area yang di gosok lebih lebar.

Istimewanya pula, alat ini bisa di guna kan juga untuk membersihkan akuarium akrilik. mungkin anda tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan akuarium akrilik di rumah. Nah, produk yang satu ini adalah solusinya.

lokasi : Ruko Sentra Niaga, Jl. Green Lake City Boulevard No.5, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

Website : www.magfloat.com

Cara membersihkan kerak aquarium plastik dan akrilik

Akuarium berbahan plastik dan akrilik sama-sama mudah tergores. anda tidak bisa menggunakan alat pengikis yang terbuat dari mata pisau karena akan meninggalkan bekas goresan. lebih baik, gunakan alat pengikis kerak yang terbuat dari spons lembut, handuk katun, atau karet plastik.

hindari juga menggunakan amplas atau spons dengan permukaan kasar. Untuk polishing, Anda bisa menggunakan bahan alami, yaitu cuka putih yang di semprotkan ke dinding atau dekorasi akuarium plastik. selain itu, sebagai alternatif, anda bisa juga menggunakan pasta gigi berwarna putih untuk mengangkat kerak pada  sebuah akuarium.

Kesimpulan

Alat pembersih akuarium adalah sebuah  perlengkapan yang tidak boleh terlewat jika anda memiliki akuarium. alat ini akan menjaga kaca akuarium anda tetap bersih dan bening sehingga ikan yang berenang di dalamnya terlihat cantik.

apakah dari ulasan di atas anda sudah mendapatkan produk yang sesuai dengan segala  kebutuhan, semoga artikel ini membantu dan bisa mendukung hobi anda merawat ikan hias. Selamat memilih dan mencoba nya.