Rekomendasi steve johnson N MqWXXZvNY unsplash

7 Rekomendasi Air Mineral pH Tinggi (Terbaru 2024)

Di Indonesia, air mineral sangat lah mudah di jumpai untuk  berbagai toko, baik minimarket, supermarket, mau pun warung-warung kecil. selain air mineral biasa, dalam beberapa waktu terakhir tengah populer air mineral dengan kandungan PH tinggi di masyarakat yang sudah di klaim punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menghidrasi tubuh, menetral kan kelebihan asam dalam tubuh, dan menjaga tekanan darah,  pada artikel ini akan di bahas mengenai cara memilih dan rekomendasi produk air mineral PH tinggi, serta beberapa manfaat nya untuk kesehatan.

Perbedaan Air Mineral pH Tinggi dan Air Mineral Biasa

Sesuai dengan nama nya, air mineral merupakan air yang memiliki kandungan mineral, bisa berupa magnesium, kalsium, natrium, zat besi, dan seng. kandungan mineral tersebut sebenar nya tidak mempengaruhi wujud, warna, mau pun rasa dari air mineral. meski sama-sama berupa air mineral, namun terdapat perbedaan pada air mineral biasa dan air mineral PH tinggi.

Baik air mineral biasa maupun air mineral PH tinggi sama-sama berasal dari mata air bawah tanah yang melalui dengan  serangkaian proses tertentu sehingga masih mengandung berbagai mineral penting yang di perlu kan oleh tubuh. air mineral biasa memiliki pH cenderung netral, antara 6 – 8. menurut Peraturan Menteri Perindustrian, air mineral alami di peroleh langsung dari sumber air yang terbentuk secara alami mau pun di bor dari sumur dalam dan pengolahan nya harus terhindar dari pencemaran fisik, kimiawi, dan mikrobiologi.

Sebelum membahas perbedaan nya dengan air mineral PH tinggi, mari kalian  ketahui dulu manfaat air mineral biasa untuk kesehatan.

  • Menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.
  • Membantu mendukung kesehatan tulang.
  • Memperbaiki sistem imun.
  • Memperlancar sirkulasi darah.
  • Membantu mengatasi sembelit karena biasa nya terdapat kandungan magnesium yang bersifat mengikat air dan membuat kotoran lebih lunak.

Perbedaan yang mendasar antara air mineral PH tinggi atau air alkali dengan air mineral biasa adalah tingkat pH dari air tersebut. Kalau pH air mineral biasa cenderung netral, maka PH air alkali biasa nya lebih dari 8. memang masih di perlu kan lebih banyak dengan penelitian terkait manfaat air yang punya PH tinggi, namun banyak yang percaya bahwa air alkali dapat memberikan beberapa manfaat di bawah ini.

  • Mendukung daya tahan tubuh
  • Melancarkan pencernaan hingga membantu menurunkan berat badan
  • Mengurangi nyeri karena maag karena bisa membantu menetralkan asam lambung

Meski demikian, ada beberapa dampak negatif dari mengonsumsi air mineral PH tinggi secara yang berlebihan, salah satu nya peningkatan risiko alkalosis metabolik. ketika kondisi pH tubuh terlalu basa, tubuh bisa mengalami dalam serangkaian gejala, seperti mual, muntah, otot berkedut, dan kesemutan di wajah.

Standarisasi untuk produksi air mineral biasa mau pun air mineral PH tinggi di setiap negara yang berbeda-beda. Contoh nya negara Jepang yang mengharus kan air mineral yang di jual harus sudah melalui sterilisasi dengan proses pemanasan, atau di negara-negara Eropa yang mengharus kan sumber air mineral berasal dari mata air yang bebas dari polusi. di Indonesia, setiap produk air mineral PH tinggi yang akan di pasar kan secara luas harus melewati standar mutu SNI dan mendapatkan izin edar dari BPOM. Air mineral konsumsi harus memenuhi syarat-syarat, seperti tidak memiliki rasa, tidak berbau, dan jernih. pengawasan juga di laku kan secara berkala terhadap lokasi produksi, sumber air, dan pengemasan air tersebut.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Pomade Rambut Pria Terbaik

Biasa nya produsen air mineral biasa maupun air mineral PH tinggi mengguna kan sumber mata air pegunungan, karena kandungan mineralnya relatif lebih tinggi di bandingkan sumber lain nya. Contoh nya, air mineral merk AQUA mengambil air dari sumber mata air Cipondok, subang dan air mineral water merk Equil mengambil air dari sumber mata air Gunung Salak.

2. Memilih berdasarkan jenis air mineral nya

Menurut Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, air minum dalam kemasan atau AMDK di beda kan menjadi empat jenis dengan nomor SNI yang juga  sangat lah berbeda-beda. ada air mineral yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa ada nya penambahan mineral dan memiliki kode SNI 3553:2015. kemudian ada air mineral alami yang bersumber dari mata air alami atau sumur hasil pengeboran dan memiliki kode SNI 6242:2015. Kedua jenis air mineral tersebut bisa juga di olah dengan proses tertentu untuk menghasil kan air mineral PH tinggi.

Jenis lain nya adalah air demineral yang melalui sebuah  proses permunian hingga kandungan mineral nya jadi sangat sedikit atau bahkan nol, jadi tidak memungkinan untuk menjadi air mineral PH tinggi. Kode SNI air demineral adalah  6241:2015 dan tidak di anjur kan untuk di konsumsi secara terus-menerus. terakhir, ada jenis air minum embun yang di peroleh dari pengembunan uap air dan memiliki nomor SNI 7812:2013.

3. Meneliti kandungan TDS dalam air mineral

TDS atau total dissolved solids menunjuk kan jumlah zat padat terlarut dalam air dan menjadi indikator jumlah partikel dari zat organik mau pun nonorganik dalam air tersebut. Partikel zat yang biasanya di temu kan dalam air mineral PH tinggi adalah natrium, kalsium, dan magnesium. WHO berpendapat bahwa sebenar nya kandungan mineral dalam air tidak berdampak buruk terhadap kesehatan, selama tidak mempengaruhi rasa, bau, dan warna air. Oleh karena itu, WHO menetapkan standar kandungan TDS dalam suatu air mineral.

-0, air dengan TDS 0 tidak baik untuk di konsumsi secara rutin karena dapat memicu gangguan kesehatan, seperti sembelit dan sesak napas.

-Kurang dari 300 mg/l yang dikategorikan sebagai air yang baik sekali dan bisa dikonsumsi secara terus-menerus.

-300−600 mg/l yang masih tergolong aman untuk di konsumsi secara rutin.

-600−900 mg/l, masih tergolong bisa di minum karena kandungan mineralnya tidak mempengaruhi rasa air.

-900−1.200 mg/l tergolong tidak layak untuk  di konsumsi karena rasa air menjadi kurang enak.

-Lebih dari 1.200 mg/l sudah termasuk air yang berbahaya di konsumsi dan memiliki rasanya juga t

4. Memastikan tingkat keasamannya

Pada dasar nya, tingkat keasaman atau pH tidak berpengaruh terhadap rasa air. oleh karena itu, kalian  tidak akan merasakan pahit ketika membeli air mineral PH tinggi yang di jual ada untuk  pasaran. selain air yang punya pH tinggi, ada juga air pH rendah dengan kisaran pH 0 sampai 6 yang kurang baik untuk di konsumsi. ada juga air pH 7,0 yang tergolong air netral dan aman di konsumsi untuk keseharian. untuk memperoleh manfaat maksimal dari sebuah air mineral, maka pilih lah produk yang mempunyai pH lebih dari 7,1.

dalam beberapa waktu terakhir, ada cukup banyak merk air mineral PH tinggi yang bisa di temukan dengan mudah di minimarket maupun supermarket, seperti Pristine, Total 8+, dan Vit 8+. di bawah ini terdapat daftar beberapa produk air mineral ber-PH tinggi yang mungkin beberapa di antaranya sudah pernah kalian  beli. Berikut mari kita  bahas selengkap nya di bawah ini :

Baca Juga:  4 Rekomendasi Beras Hitam Terbaik & Manfaatnya

1. Eternal Plus Mineral Water E+

 

Rekomendasi eternal

                                                                   ( Gambar Eternal Plus Mineral Water E + )

Air mineral PH tinggi Eternal Plus mengambil sumber air dari alam dan di proses sesuai dengan standar dari WHO. dengan kandungan TDS yang  cukup rendah, air mineral ini memiliki pH 8 yang tentunya aman untuk di konsumsi oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, mau pun orang dewasa. Eternal Plus Mineral Water sudah di jual secara luas di supermarket, minimarket, dan e-commerce dengan harga 9000-an rupiah untuk kemasan 500 ml.

Lokasi : Jl. Satelit Utara IV No.37, Tanjungsari, Kec. Sukomanunggal, Kota SBY, Jawa Timur 60187

Website : www.eternalplus.id

Harga : Mulai dari harga 9000-an rupiah

 

2. Total 8+ Air Mineral

 

Rekomendasi total 8

                                                                            ( Gambar Total 8+Air mineral )

Total 8+ juga menjadi sebuah  pilihan air mineral PH tinggi yang mudah untuk  di temui di berbagai store, dengan proses secara aman tanpa penambahan zat kimia berbahaya, Total 8+ akan dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti detoksifikasi, membantu proses diet, dan menjauhkan badan dari dehidrasi. Total 8+ di jual dengan harga yang cukup murah, hanya 7000-an rupiah untuk kemasan 500 ml.

Lokasi : SCBD, Treasury Tower 7th floor unit F District 8, Jl. Jenderal Sudirman No.kav 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Website :  www.totalbev.co.id

Harga : Mulai dari 7000-an rupiah

 

3. Pristine 8+ Air Mineral

 

Rekomendasi pristine

                                                                         ( Gambar Pristine 8+ Air mineral )

Pristine pH 8+ di olah melalui proses ionisasi, yaitu suatu sebuah  proses untuk menjadi kan air dan mineral menjadi ion yang ukuran nya lebih kecil. Partikel yang berukuran kecil tersebut membuat kandungan mineral dalam air mineral pH tinggi ini lebih cepat terserap dalam tubuh. dengan tingkat pH lebih dari 8, Pristine akan turut membantu untuk menjaga keseimbangan pH tubuh, jadi berbagai organ dalam tubuh bisa bekerja secara dengan  maksimal. Pristine 8+ dijual dengan harga 4000-an rupiah saja untuk kemasan 400 ml dan lebih nikmat diminum dalam kondisi dingin.

Lokasi : Jl. Jelambar Baru Raya No.35, RT.5/RW.7, Jelambar, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11460

Website : www.pristineofficial.com

Harga : Mulai dari  4000-an rupiah

 

4. KKV Fiji Water Mineral

 

Rekomendasi fiji

                                                                      ( Gambar KKV FIJI Water Mineral )

Selain menjual produk kecantikan, lifestyle, dan mainan anak, KKV juga menjual air mineral PH tinggi, yaitu Fiji Natural Artesian Water. Sumber air mineral ini berasal dari mata air terbaik Kepulauan Fiji yang kaya akan berbagai macam  kandungan baik yang di perlu kan tubuh, antara lain potassium, chloride, calcium, bicarbonates, dan magnesium. di proses dengan  menggunakan full mesin dari awal hingga akhir, Fiji Water sama sekali tidak tersentuh oleh tangan manusia hingga ke tangan konsumen. Air mineral ini bisa dibeli melalui official store KKV dan harganya 19 ribuan untuk 330 ml serta 25 ribuan untuk 500 ml.

Lokasi : Sona Topas Tower Lt. 5A, Jl. Jenderal Sudirman No.26, Karet, Gondangdia, RT.4/RW.2, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

Website : www.fijiwater.com

Harga : Mulai dari  19 ribuan Rupiah

 

5. Perfect Water pH 9.5

 

Rekomendasi perfect

                                                                       ( Gambar Perfect Water pH 9.5 )

Perfect Water memiliki pH mencapai 9.5 dan di ambil dari mata air terbaik yang bebas kontaminan dan polutan. menarik nya, air mineral PH tinggi ini memiliki struktur heksagonal jika di lihat melalui mikroskop dan sudah tersertifikai oleh DR. Masaru Emoto yang berasal dari Jepang. Dijual dengan harga 5000-an rupiah untuk kemasan 500 ml, Perfect Water pernah memperoleh penghargaan Superior Taste Award untuk rasa air alkaline terbaik.

Baca Juga:  6 Celana Pendek Wanita untuk Jogging Terbaik

Lokasi : Graha Cempaka Mas, Jl. Letjen Suprapto No.16, RT.1/RW.1, Cempaka Putih, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10640

Website : www.perfect.co.id

Harga : Mulai dari  5000-an rupiah

 

6. Oasis Air Minum + PH 9

 

Rekomendasi oasis

                                                                         ( Gambar Oasis Air Minum +PH 9 )

Selain memproduksi air mineral biasa, Oasis juga memproduksi air mineral PH tinggi yang cukup  di proses menggunakan teknologi terkini untuk menjaga pH-nya tetap di kisaran 8-9. untuk menjamin keamanan nya, air mineral ini di kemas dalam wadah plastik yang sudah bebas dari BPA. Oasis+ di jual dengan harga relatif lebih mahal di bandingkan dengan air mineral Oasis yang bukan pH tinggi, yaitu 3000-an rupiah untuk kemasan 330 ml.

Lokasi : Jl. Jati Baru Raya no. 3ABC Kampung Bali Tanah Abang RT.10, RT.10/RW.3, Kp. Bali, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250

Website : www.oasisplus.co.id

Harga : Mulai dari 3000-an rupiah

 

7. VIT 8+ Mineral Water

 

Rekomendasi VIT

                                                                              ( Gambar VIT 8 + Mineral Water )

VIT 8+ berasal dari sumber mata air yang tidak tercemar dengan  kontaminan dan d iproses dalam tiga tahap penyaringan, kemudian di lanjut kan dengan ionisasi untuk menghilang kan zat yang bersifat asam. Air mineral PH tinggi ini tidak mengandung penambahan mineral dari luar dan sudah memperoleh sertifikasi dari BPOM, jadi pasti nya aman untuk konsumsi sehari-hari bagi semua kalangan. Vit 8+ Mineral Water dijual dengan harga 4000-an rupiah untuk kemasan 550 ml.

Lokasi : BCS, Jl. Talempong No.12, RT.4/RW.7, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Website : www.minumvit.co.id

Harga : Mulai dari 4000-an rupiah

 

Manfaat dan Dampak Negatif Air Mineral pH Tinggi

Karena di proses dengan teknologi yang lebih rumit di bandingkan dengan air mineral biasa, harga air mineral PH tinggi jadi lebih mahal di banding kan dengan air mineral yang pH netral. bukan hanya segar untuk di konsumsi, air yang punya PH tinggi di percaya bisa memberi efek positif berikut ini.

  1. Mencegah penyakit asam lambung dengan cara menetralkan tingkat asam yang terlalu tinggi di lambung dan menonaktifkan enzim pepsin yang merangsang pengeluaran asam lambung.
  2. Kandungan bikarbonat dalam air mineral PH tinggi dapat meningkat kan kekuatan dan kesehatan tulang.
  3. Mengurangi kadar keasaman darah sehingga bisa membantu dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

meski di percaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, namun mengonsumsi air mineral PH tinggi secara berlebihan bisa membawa dampak negatif pada kesehatan. salah satu nya adalah mengganggu pH normal tubuh dan memicu terjadi nya alkalosis

metabolik, yaitu kondisi ketika tubuh kekurangan asam dan kelebihan basa. Gejala umum dari alkalosis bisa berupa mual dan muntah, sesak napas, kram otot, tremor, mati rasa di beberapa bagian tubuh, aritmia, bahkan bisa hingga kejang dan koma.

Memang risiko muncul nya alkalosis karena air mineral PH tinggi cukup kecil, namun sangat rentan menyerang orang yang mengidap penyakit ginjal atau paru-paru berat. salah satu dampak buruk alkalosis membuat kadar kalsium dalam tubuh berkurang, sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada tulang. Jadi kalau kalian berencana untuk mengonsumsi air alkali secara rutin, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu, apa lagi kalau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Kesimpulan

Pada beberapa waktu terakhir, air mineral PH tinggi banyak di temukan juga  pada pasaran karena di percaya memberi banyak efek bagus untuk kesehatan. namun perlu dapat di ketahui juga kalau mengonsumsi air alkali berlebihan bisa mengganggu kesehatan,  untuk  artikel kali ini sudah di bahas mengenai cara memilih dan daftar air mineral yang punya PH tinggi, serta beberapa manfaat sekaligus dampak negatifnya untuk kesehatan, semoga bermanfaat buat kalian semua.

 

 

4.8/5 - (9 votes)