Rekomendasi adi goldstein vmFzD3NeWGE unsplash1

12 Power Amplifier Terbaik 2024

Sebuah pertunjukan pasti memerlukan sebuah  sound system. agar suara yang di hasilkan lebih jelas, power amplifier dapat di gunakan. namun, beberapa orang masih bingung dalam memilih produk nya. hal ini karena ada juga power amplifier yang sangat  cocok untuk rumahan dan mobil.

tenang saja karena kami akan menjelaskan cara memilih power amplifier yang bagus untuk anda. kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek power amplifier terbaik, seperti JBL dan Marcopolo. ada  beberapa produk untuk speaker 12 inch serta 15 inch, hingga yang Bluetooth dan rakitan.

Apa itu power amplifier?

Dalam bahasa Indonesia, power amplifier di sebut sebagai penguat daya. Power amplifier di gunakan untuk memperkuat sinyal suara yang di terima (input) agar menghasilkan keluaran (output) yang secara  maksimal. Power amplifier juga dapat di maknai sebagai alat penguat sinyal audio supaya suara lebih keras dan jelas.

Alat ini di gunakan untuk bermacam keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Power amplifier bahkan bisa di gunakan untuk berbagai perangkat elektronik yang menghasilkan audio. tidak sampai di situ, power amplifier juga di gunakan untuk mendukung peralatan komunikasi satelit.

perlu di ketahui bahwa di pasaran terdapat integrated amplifier dan power amplifier. Integrated amplifier adalah gabungan dari preamplifier dan power amplifier. Jika anda seorang musisi, anda lebih di sarankan untuk dapat memilih integrated amplifier atau head amplifier.

Untuk perangkat dengan sistem yang high-end, Anda disarankan memilih produk yang preamplifier dan power amplifier-nya terpisah. Power amplifier berfungsi untuk dapat menerima sinyal line level dari preamplifier. setelah itu, tenaga nya di tingkatkan dan di salurkan ke speaker dengan impedansi rendah. anda dapat mengombinasikan keduanya sesuai dengan selera.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih power amplifier

Agar kualitas suara yang di hasilkan makin bagus, tentunya anda harus memilih power amplifier yang bagus juga. anda tidak bisa asal-asalan dalam membelinya. agar tidak salah pilih, simak lah penjelasan berikut di bawah ini :

Baca Juga:  8 Lampu Emergency Terbaik

 

① Ketahui jenis power amplifier

Sebelum memilih power amplifier, ada baik nya anda mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Jenis power amplifier dapat di bedakan berdasarkan jumlah jalur sinyal yang di kuatkan. anda bisa memperhatikan penjelasan di bawah ini agar lebih paham.

Mono, menguatkan sinyal satu jalur

Power amplifier mono hanya bisa di pakai untuk menguatkan sinyal pada satu jalur. penyebabnya adalah power amplifier ini hanya memiliki satu jalur input. tidak mengherankan jika jenis ini di katakan sebagai yang paling cukup sederhana. sementara itu, jalur output-nya bisa ada beberapa. hal tersebut tergantung dari produsennya. Jalur output ini berfungsi untuk di salurkan ke subwoofer.

dengan jenis power amplifier ini, suara yang di hasilkan juga berupa audio mono. Kelebihannya adalah setiap orang akan mendengar suara yang seolah-olah berasal dari satu posisi. harganya juga lebih terjangkau. Contoh power amplifier mono adalah integrated amplifier gitar atau biasa disebut dengan head amplifier gitar.

Jika Anda ingin menghasilkan audio stereo, dua power amplifier mono yang disambungkan kestereo source bisa di gunakan. Teknik ini di sebut dengan dual mono dan biasa nya butuh lebih banyak biaya. perlu di ketahui bahwa power amplifier yang banyak beredar di marketplace Indonesia adalah jenis stereo. Jadi, anda tidak akan banyak menemukan jenis mono.

Stereo, menguatkan sinyal dua jalur

Power amplifier stereo dapat di gunakan untuk dapat menguatkan dua jalur sekaligus, yaitu jalur audio left (L) dan right (R). Jenis power amplifier ini memiliki dua input dan output. menggunakannya akan menghasilkan audio stereo.

Kelebihan dari audio stereo adalah suaranya terdengar natural. Sebab itu, power amplifier stereo menjadi standar industri atau syarat umum dalam menyelenggarakan pertunjukan. Suara yang dihasilkan pada pertunjukan akan terdengar lebih baik.

Pada umumnya, terdapat tiga mode pada amplifier, yaitu stereo, paralel, dan bridge mono. Mode yang paling sering untuk di gunakan pada amplifier multisaluran adalah stereo. Jika anda ingin setiap saluran amplifier bekerja secara mandiri, gunakan lah mode stereo.

Sama seperti mode stereo, paralel juga menggunakan dua speaker. namun, sumber nya hanya satu jalur. Sumber tersebut kemudian di pecah menggunakan splitter. sementara itu, bridge mono sama seperti paralel. akan tetapi, jalur untuk source atau sumbernya ada dua, lalu disalurkan ke dalam satu speaker.

 

② Pilih berdasarkan kelas power amplifier

Selain terdiri dari beberapa jenis, power amplifier memiliki beberapa kelas. setiap kelas tentu punya kelebihan yang  cukup berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan lengkap nya.

Baca Juga:  2 Merk Daging Burger Kemasan yang Enak

Kelas A: Tingkat distorsi sinyalnya rendah

Penguat daya kelas A memiliki desain yang paling sederhana sekaligus paling banyak di gunakan. Linieritasnya tertinggi dibandingkan semua kelas penguat daya sehingga tidak ada distorsi pada crossover. Power amplifier kelas A biasanya menggunakan satu atau dua transistor.

Kelas B: Efisien menguatkan setengah input gelombang

Penguat daya kelas B menggunakan dua atau lebih transistor yang biasa nya telah di sesuaikan. dengan begitu, setiap transistor hanya berjalan satu setengah siklus dari gelombang. teknik yang disebut konfigurasi push roll tersebut berfungsi untuk mengurangi panas yang ada. Jika dinyatakan dalam persen, penguatan kelas B mencapai angka 78,5%. Kelas B sayang nya sering menyebabkan distorsi crossover.

Kelas AB: Dayanya efisien dengan distorsi yang rendah

Dapat di katakan bahwa penguat daya kelas AB merupakan perpaduan dari kelas A dan B. dayanya efisien seperti kelas B. namun, tingkat distorsinya seperti kelas A. Karena itu, kelas ini kerap di gunakan pada desain audio power amplifier.

Kelas C: Efisiensi dayanya sangat tinggi

Power amplifier kelas C mengutamakan efisiensi daya, bahkan efisiensinya mencapai 90%. Alhasil power amplifier ini hanya dapat menguatkan sinyal input kurang dari setengah gelombang sehingga distorsi pada output-nya tinggi. karena itu, power amplifier kelas C jarang di gunakan. Kelas ini biasanya digunakan untuk frekuensi radio dan berbagai alat komunikasi.

Kelas D: Menggunakan teknik pulse width modulation

Power amplifier kelas D dikenal juga sebagai digital amplifier. Penguat daya nya memakai teknik pulse width modulation. Kelas ini memiliki efisiensi daya mulai dari 90% hingga 100%. dengan kata lain, penguat daya kelas D tidak boros daya. Kelas D juga tidak boros waktu saat transisi sinyal. namun, kelas ini biasa nya tidak akurat.

 

③ Sesuaikan fitur power amplifier dengan kebutuhan

Fitur juga bisa menjadi sebuah  pertimbangan dalam memilih power amplifier. Misalnya, anda dapat memilih power amplifier yang memiliki fitur integrated system pureband crossover. dengan fitur ini, kualitas suara yang di hasilkan dapat di tingkatkan.

Beberapa power amplifier juga dapat menerima input audio melalui Bluetooth. dengan kata lain, anda bisa memutar musik melalui smartphone. Jika anda ingin karaoke, pilih produk dengan channel mikrofon dan fitur karaoke digital input.

Anda bisa juga memilih power amplifier yang dilengkapi fitur plug untuk perangkat ponsel. Fitur ini memungkinkan HP tersambung langsung ke power amplifier. Selain itu, ada power amplifier dengan fitur yang dapat mengurangi panas.

 

④ Pertimbangkan tempat pemasangan dan jumlah daya

Dalam memilih power amplifier, anda juga harus melihat tempat pemasangan. Power amplifier yang di butuhkan untuk indoor dan outdoor tentu berbeda. anda bisa memilihnya dengan mempertimbangkan jenis solid. Terdapat dua jenis solid power amplifier, yaitu solid state dan solid tabung. Berikut penjelasannya.

Baca Juga:  15 Diskotik dan Club Malam Populer di Jakarta

-Solid state

Daya dari solid state beragam, mulai 5 watt hingga 200 watt. Makin besar dayanya, makin besar pula suara yang keluar. Jika anda ingin menggunakannya di dalam kamar atau ruangan yang kecil, daya 15 watt sudah cukup. Sebaliknya, pilihlah solid state power amplifier dengan daya 100 watt ke atas untuk ruangan yang besar.

-Solid tabung

Power amplifier ini adalah yang tipe yang lebih terdahulu. apabila anda memilih solid tabung, pastikan dayanya 50 watt. Suara yang dihasilkan jauh di bawah solid state karena belum bersih dan detail. daya yang di ambil juga sedikit boros. maka dari itu, beberapa orang lebih menyukai solid state di bandingkan solid tabung.

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan dua produk power amplifier terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini di pilih secara  teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan  dengan popularitas nya seperti di bawah ini :

1. Junejour Stereo Audio Amplifier BT-298A

 

Rekomendasi june

                                                        ( Gambar nampak Junejour Stereo Audio )

Fungsinya banyak untuk harga yang bersahabat

Kelebihan:

  • Ada slot MMC dan port USB yang bisa digunakan untuk memutar musik
  • Tersedia remote control untuk mengatur fungsi amplifier
  • Harga nya cukup  terjangkau untuk ragam dan  fungsinya

Kekurangan:

  • ada review yang mengatakan bahwa koneksi Bluetooth tidak stabil dan sering hilang

Jika anda ingin memiliki salah satu power amplifier terbaik untuk rumah, pilih produk ini. Junejour BT-298A sangat lah  cocok untuk anda yang ingin merasakan sensasi home theater. meski berukuran kecil, produk ini di beri ragam fungsi. anda dapat mengatur suara bass dan treble sesuai dengan preferensi.

Power amplifier yang bagus untuk subwoofer rumahan ini juga di lengkapi dua channel mikrofon. Jadi, anda bisa menggunakannya untuk berbagai beragam kebutuhan, dari menikmati musik, menonton film, hingga karaoke. berbagai kelebihan tersebut dapat anda nikmati dengan harga yang  cukup bersahabat

Lokasi : Mekar Jaya, Kec. Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten 15520

Website :www.patia.co.id

 

2. Amplifier BoardPAM8610

 

Rekomendasi board

                                                                  ( Gambar Amplitier Board )

Power amplifier rakitan yang bisa di sesuaikan dengan segala  kebutuhan

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk power amplifier yang bisa dirakit

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa power amplifier dapat menyebabkan suara dengung ketika player sedang standby

Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan papan power amplifier yang perlu di rakit. Produk yang tergolong kelas D ini di rekomendasikan untuk tegangan input 12 V dengan arus 3 A. Alhasil produk ini lebih sesuai untuk speaker hingga 8 inch.

Jika anda menginginkan power amplifier rakitan, produk ini bisa menjadi  sebuah pilihan. namun, anda harus berhati-hati ketika menggunakannya. tegangan input sebaiknya tidak lebih dari 15 V karena dapat menyebab kan pada  kerusakan.

Lokasi : Smart Market jl. Daan Mogot Km. 19, RT.003/RW.002, Kb. Besar, Kec. Batuceper, Kota Tangerang, Banten 15122

Website : www.shf-communication.com

 

Kesimpulan

Dalam memilih power amplifier, anda harus benar-benar jeli. Kualitas output suara akan jauh lebih bagus bila Anda memilih power amplifier yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mempertimbangkan jenis, fitur, dan tempat pemasangan nya.

kami telah membahas cara memilih power amplifier terbaik secara mendetail. kami juga sudah memberikan rekomendasi produknya. anda bisa memilih yang paling pas dengan segala kebutuhan. Selamat menentukan produk pilihan anda dan bermanfaat bagi kalian semua.