Rekomendasi ca creative 8 Tlng54n8Y unsplash

12 Merk Pisau Dapur Terbaik dan Awet

Pisau dapur merupakan sebuah  peralatan penting yang harus ada di dapur. selain pisau koki yang biasa di gunakan, ada juga pisau daging, pisau buah, pisau paring, pisau roti, dan lain-lain. setiap pisau memiliki harga, bahan, serta kualitas yang cukup  berbeda-beda.

kami akan merekomendasikan pisau dapur terbaik untuk anda. merek pisau dapur yang bagus, seperti Oxone, Stein, dan BOLDe ada dalam rekomendasi, kami juga akan membagikan tips memilih pisau dapur terbaik beserta bagaimana  cara merawat nya. seperti di bawah ini :

Pisau dapur yang bagus terbuat dari bahan apa?

Pisau dapur yang bagus memengaruhi tampilan, tekstur, dan rasa pada makanan. saat terlalu sering memakai nya, terkadang anda tidak akan  menyadari bahwa pisau tersebut sudah tumpul dan tidak akan  nyaman di gunakan. untuk itu, anda harus melakukan  dengan perawatan rutin.

salah satu cara merawat pisau adalah dengan mengasah nya secara berkala agar pisau selalu tajam. Pisau yang tajam akan mempermudah pekerjaan rumah tangga dan menghindarkan anda dari teriris atau terpotong. sehubungan dengan itu, alat pengasah pisau perlu tersedia di dapur.

Perlu di ingat, pisau yang mahal pun akan menjadi tumpul jika tidak di perlakukan dengan secara  benar. namun, memilih pisau yang tepat setidak nya bisa meminimalkan aneka permasalahan yang mungkin timbul. untuk pisau yang bagus, anda dapat mempertimbangkan pisau yang terbuat dari bahan stainless steel, baja, atau keramik. ketiga bahan itu terkenal kuat, tajam, dan tahan lama. untuk lebih jelas nya, mari simak ulasan nya di bawah ini :

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pisau dapur

Untuk dapat menemukan pisau dapur terbaik, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus anda perhatikan saat memilih pisau dapur. karena pisau dapur merupakan alat yang di pakai setiap hari, pilih lah dengan cermat. mari simak cara memilih berikut ini  seperti :

 

① Pilih bilah yang terbuat dari stainless steel, baja, atau keramik

Terdapat bermacam-macam material yang di gunakan untuk membuat bilah pisau. namun, kali ini kami akan memperkenalkan tiga jenis material yang umum untuk di gunakan. mari memilih pisau dapur yang nyaman dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan tiap-tiap bahan.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Merk Lampu LED Terbaik, Hemat Listrik

Stainless steel, tahan karat dan mudah dibersihkan

Keunggulan pisau dapur dengan material stainless steel adalah tidak mudah berkarat, mudah di bersihkan, gampang di dapatkan, dan harganya terjangkau. Material ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan pisau dan bingung dengan aneka jenis material pisau.

Ketajaman pisau stainless steel bisa di pengaruhi oleh ada nya campuran material lain seperti molybdenum dan tungsten. Kedua campuran material tersebut akan berpengaruh pada ketajaman dan harga pisau. namun, tak perlu khawatir, pisau stainless steel bisa diasah dan ditajamkan kembali ketika tumpul.

Baja, ketajamannya lebih awet

Pisau dapur berbahan baja sangat cocok bagi anda yang sudah terampil memasak. selain memiliki ketajaman yang luar biasa, pisau dengan material baja mudah diasah ketika tumpul. Jika anda membeli pisau baja yang bagus, pisau ini bisa digunakan seumur hidup. namun, karena ketajaman nya lebih awet, harga pisau ini juga lebih pricey.

Selain lebih pricey, pisau baja juga cenderung mudah berkarat. Karena itu, jangan sekali-kali meninggalkan pisau ini dalam kondisi basah. Meskipun ketajamannya paling baik, pisau ini cukup berat untuk digunakan sehari-hari. Jika anda hendak membeli nya, ada baik nya anda pertimbangkan juga perawatan yang harus di lakukan.

Pisau keramik, tidak meninggalkan bau pada makanan

Bagi anda yang mengutamakan aspek fungsi pada pisau dapur, kami saran kan untuk dapat memilih pisau dapur berbahan keramik. Pisau dapur dengan material keramik tidak akan meninggalkan jejak bau pada makanan. Pisau dapur jenis ini sangat cocok di gunakan untuk membuat fillet.

akan tetapi, pisau keramik lebih sulit di asah di bandingkan pisau baja. selain itu, pisau keramik tidak bisa di pakai untuk memotong makanan yang keras, seperti tulang, daging, dan makanan beku. bahan keramik juga bisa geripis seiring dengan usia pemakaian sehingga agak tricky untuk di asah.

meskipun begitu, pisau keramik memiliki kelebihan, yaitu mudah dibersihkan dan tidak mudah berkarat. Pisau jenis ini juga cukup ringan sehingga nyaman digunakan untuk kegiatan masak sehari-hari.

 

② Perhatikan juga bahan gagangnya: Kayu, stainless steel, dan resin atau karet

Bahan untuk pembuatan gagang pisau secara garis besar dibagi menjadi tiga: baja tahan karat, kayu, dan resin. Perhatikan bentuk dan pemrosesannya saat memilih.

Kayu, tidak licin saat digenggam

Gagang kayu punya penampilan yang estetik dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan bahan gagang lain sebagainya. selain itu, gagang pisau dari kayu juga nyaman dipegang karena tidak licin. Namun, jika lingkungan penyimpanan buruk, air akan meresap ke dalam pegangan dan menyebabkan jamur tumbuh.

maka dari itu, setelah di gunakan, kering kan pisau dan gagang nya dengan secara  baik di tempat dengan ventilasi yang cukup. Lalu, pertimbangkan untuk memilih pisau gagang kayu yang menyatu dengan bilah untuk mencegah kuman memasuki celah.

Stainless steel, mudah dibersihkan dan awet

Gagang pisau stainless steel umumnya tidak memiliki sambungan. Jadi, kuman tidak bisa masuk ke celah sehingga lebih higienis. selain itu, gagang pisau seperti ini juga awet dan tahan lama. Jadi, kami merekomendasikannya untuk anda yang mencari pisau untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga:  10 tempat wisata terbaik di Bali

Kekurangan dari pisau bergagang stainless steel adalah permukaannya yang licin dan keras. Jika tangan anda berminyak, pisau ini akan lebih mudah terpeleset dari tangan. untuk mengakalinya, anda bisa mencari pegangan yang di desain bergerigi untuk meminimalkan sensasi licin tersebut.

Resin atau karet, punya bobot yang ringan

Terakhir, bahan yang cukup banyak di pakai untuk gagang pisau adalah resin atau karet. Resin adalah bahan yang ringan dan tahan terhadap air. Variasi warnanya banyak sehingga anda bisa memilih sesuai dengan selera. di sisi lain, karet juga ringan dan tidak licin saat di genggam.

Sayangnya, pisau dengan gagang resin atau karet pada umum nya memiliki celah sehingga rentan menyimpan kuman. Jika anda sangat mementingkan kebersihan, pilih produk yang memiliki antibakteri.

 

③ Pertimbangkan chef knife dan santoku knife jika anda mau yang serba guna

Untuk pisau pertama atau pisau dapur utama yang di gunakan sehari-hari, kami sarankan untuk memilih chef’s knife atau Santoku knife (pisau dapur Jepang). keduanya dapat di gunakan untuk berbagai jenis bahan makanan, mulai dari daging, sayur, buah, dan makanan lainnya. Bedanya, Santoku knife punya desain bilah yang beralur.

Pada umumnya, panjang keseluruhan (bilah dan gagang) chef’s knife atau Santoku knife adalah sekitar 25–35 cm. Jadi, bila hendak membeli, pastikan ukuran talenan anda tidak lebih kecil daripada pisau yang anda pilih. Jika bilah pisau lebih panjang dari pada talenan, hal itu akan membuat pisau lebih sulit di guna kan.

 

④ Gunakan cleaver knife bila anda perlu pisau untuk memotong daging

Cleaver knife adalah pisau khusus untuk memotong daging. Bagian bilahnya lebar dan besar, serta lebih kuat di banding dengan pisau lainnya. Pisau ini bisa memotong, baik daging maupun tulang. Jika anda sering memasak ayam utuh, daging, dan semacamnya, pisau ini akan sangat berguna. anda tak perlu tenaga yang besar untuk memotong daging-daging yang hendak dimasak.

selain untuk memotong daging, pisau ini juga bisa di pakai untuk mencincang bumbu dapur, sayuran, dan bahan masak lain sebagai nya. namun, ukuran nya yang besar mungkin membutuhkan tempat khusus juga saat di simpan. Jadi, jika anda membeli pisau ini, pastikan anda memiliki tempat penyimpanan yang pas untuk cleaver knife.

 

⑤ Pakai utility knife dan paring knife untuk mengupas buah atau memotong sayur

Jika ingin mengupas buah atau memotong sayuran, anda bisa menggunakan pisau utility atau pisau paring yang bilah nya lebih pendek. kedua pisau ini memang di kenal juga sebagai pisau pengupas buah.

namun, pisau-pisau tersebut tak hanya bisa digunakan mengupas atau memotong buah dan sayur. Jika anda tidak terlalu sering memasak dan menggunakan pisau, pisau utility dan pisau paring sudah cocok dijadikan pisau utama. Panjang keseluruhan pisau ini berkisar antara 8–20 cm.

 

⑥ Khusus untuk memotong roti atau kue, cari bread knife

Bread knife adalah pisau khusus yang biasa di gunakan untuk memotong roti atau kue. Bagian bilahnya bergerigi sehingga roti yang lembut ataupun keras tidak hancur saat dipotong. Pisau biasa tentu saja tidak disarankan untuk memotong roti karena akan membuat roti mudah hancur.

akan tetapi, jika anda jarang membeli roti yang utuh, pisau ini mungkin tidak akan terpakai. Jadi, pikir kan dahulu sebelum anda ingin membeli pisau ini secara terpisah, kecuali anda mendapatkannya saat membeli pisau set.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Merk Piring Makan Keramik Elegan Terbaik

 

⑦ Untuk hadiah atau kado, pertimbangkan pisau yang di jual satu set

Jika Anda ingin membeli beberapa pisau, kami merekomendasikan set pisau dapur. Karena dijual dalam kemasan satu set, anda bisa mendapatkan beberapa tipe pisau sekaligus untuk beberapa penggunaan.

Pisau yang di jual dalam satu set juga bisa jadi ide yang menarik untuk dijadikan kado. Anda bisa memilihkan set pisau terbaik berisi empat hingga lima buah pisau yang dilengkapi gunting dan peeler.

Biasanya, pisau set dilengkapi juga dengan tempat untuk menyimpan pisau ataupun talenan kecil. selain lebih ekonomis, set pisau dapur juga jauh lebih sangat praktis karena anda tak perlu pusing memilih pisau satuan.

1. LocknLock Cookplus Knife 5P Set Blac

 

Rekomendasi lock

                                              ( Gambar Pisau merek Lock n Lock cook plus Knife )

Set pisau dapur terbaik yang cocok dijadikan hadiah

Kelebihan:

  • Bilah pisau terbuat dari bahan chromium stainless steel antikarat
  • Desain elegan, komplet dengan boks yang cocok dijadikan kado
  • Dilengkapi alat pengupas kulit buah dan sayuran

Kekurangan:

  • Tidak terdapat pengasah pisau dalam set penjualan

Bingung membelikan apa untuk hadiah housewarming? Pilih saja set pisau dapur dari LocknLock ini. Warna hitamnya yang elegan, di tambah kelengkapan jenis pisau dan peeler, pasti akan membuat tuan rumah senang.

Pisau ini juga tidak mengandung bahan berbahaya sehingga aman untuk memotong berbagai jenis makanan. Gagangnya terbuat dari plastik, mudah digenggam, serta tidak licin. Produk ini pas untuk siapa pun yang baru belajar memasak.

Lokasi : Palma Tower, Jl. R.A. Kartini No.Kav.6, RT.6/RW.14, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310

Website : www.locknlockmall.co.id

 

2. Maxim Santoku Knife

 

Rekomendasi

                                                ( Gambar Pisau merek Maxim Santoku knife )

Pisau Jepang dengan tiga fungsi utama: memotong, mengiris, dan mencincang daging

Kelebihan:

  • Terbuat dari stainless steel berkualitas untuk kemudahan memotong dan mengiris daging
  • Gagang pisau ergonomis sehingga nyaman ketika digenggam dalam waktu lama

Kekurangan:

  • Ukuran pisau kecil sehingga hanya cocok digunakan untuk keperluan rumah tangga
  • Kurang ideal untuk mencacah daging dan tulang berukuran besar

Bagi anda yang mencari pisau serba guna, pisau santoku yang satu ini bisa anda masukkan keranjang belanjaan anda. Pasal nya, pisau Jepang ini memiliki tiga fungsi utama, yakni memotong, mengiris, dan mencincang daging.

Pisau ini terbuat dari stainless steel yang berkualitas yang anti karat sehingga tahan lama. Gagangnya sangat ergonomis sehingga nyaman anda pegang dalam waktu lama. selain daging, pisau ini juga dapat anda gunakan untuk memotong sayur dan buah-buahan.

Lokasi : Maspion Plaza, Lt. Ground [GF, Jl. Gn. Sahari No.Kav.18, RT.4/RW.1, Pademangan Bar., Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14420

Website : www.maxim.co.id

 

Tips merawat pisau dapur

Agar pisau dapur anda tetap awet dan tahan lama, anda harus merawatnya dengan tepat. berikut ini kami berikan beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat pisau dapur.

Cuci setiap kali habis dipakai

Setiap habis di pakai, cucilah pisau dapur anda supaya bau tidak menempel. selain itu, beberapa bahan masakan mungkin juga akan meninggalkan noda jika tidak langsung di bersihkan.

Jangan terlalu lama mendiamkan pisau yang habis dipakai di bak cuci

Pisau yang di rendam dalam air atau keadaannya basah dalam waktu lama biasanya akan cepat tumpul.

Keringkan setelah dicuci

Pisau yang tidak segera di keringkan setelah di cuci akan mudah berkarat. karena itu, kering kan segera dengan lap, lalu simpan di dalam laci dapur anda. anda juga bisa menyimpan pisau di knife block agar aman dan lebih awet.

 Asah pisau secara berkala

Pisau sebagus dan semahal apa pun tetap harus di asah secara berkala. anda bisa mengasahnya dengan batu asah atau alat khusus untuk mengasah pisau. mengasah pisau secara berkala juga bisa meminimalkan kemungkinan pisau akan  berkarat.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami sudah memperkenal kan beberapa pisau dapur yang cukup  populer. bagaimana tanggapan anda tentang produk-produk yang kami rekomendasikan,  karena ukuran tangan setiap orang berbeda, ada baik nya anda mencoba menggunakan produk tersebut satu per satu.

setiap produk memiliki kelebihan nya masing-masing, baik dari segi bahan pembuat nya, ketajaman, hingga harga nya. Pilih lah pisau yang paling mampu menjawab semua tentang kebutuhan anda dan jadikan momen memasak makin akan menyenangkan.