Rekomendasi edward howell iDlZaCORBO0 unsplash 1

10 Makanan Khas Surabaya yang Enak, Bervariasi dan Wajib Di cicipi

Surabaya adalah salah satu sebuah  kota terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. beragam macam makanan khas Surabaya yang  sangat bervariasi membuatnya menjadi salah satu kota tujuan kuliner  yang berada di pulau Jawa.

Hal ini seolah-olah menutupi ada kelemahan nya dalam hal wisata alam. Karena tak seperti kota besar lain nya di Jawa Timur seperti Malang , Surabaya memang tak memiliki begitu banyak destinasi wisata dengan suasana  alam.

Variasi makanan yang  khas  dari Surabaya pun berasal dari banyak lapisan. kalian  dapat menikmatinya ala makanan restoran, kafe, warung makan, hingga kedai di pinggir jalan. Mencicipi kuliner Surabaya tidak akan cukup di lakukan dalam sehari karena jumlahnya yang banyak.

Dalam artikel kali ini, akan di berikan 10 rekomendasi makanan khas Surabaya yang paling sangat  populer dan wajib untuk di coba apa bila kalian  berkunjung atau berlibur  ke Kota Pahlawan ini.atau yang di sebut kota surabaya.

1. Rujak Cingur

 

Rekomendasi cingur

                                                              ( Gambar rujak cingur makanan khas surabaya )

Makanan khas Surabaya yang pertama adalah  sebuah rujak cingur. Bagi kalian yang mengaku pencinta rujak, wajib mencoba olahan rujak yang satu ini. Rujak cingur terdiri dari dua jenis, yaitu rujak cingur matengan yang semua bahan nya di masak dan rujak cingur campur buah.

Dalam rujak cingur matengan terdapat lauk lontong, taoge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng dan cingur. Sedangkan untuk rujak cingur campur buah, di dalamnya akan di tambah dengan  buah nanas, mangga muda, bengkuang dan mentimun. Makanan khas Surabaya yang satu ini sangat  lah terkenal  populer dan enak. apalagi, harga yang di tawarkan pun tergolong sangat  murah, rata-rata hanya berkisar Rp. 20.000,00 saja per porsinya.

Lokasi : Ruko Pd. Lestari, Blok A1, Jl. HOS Cokroaminoto No.2, RT.001/RW.001, Sudimara Jaya, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten 15157

No telpon : 0817-1717-1882

Website : www.nibble.com

Buka : Setiap hari pukul 10 pagi sampai dengan  jam 7 malam.

Harga :  mulai dari harga Rp. 20.000,00 saja per porsinya.

2. Sate Klopo

 

Rekomendasi sate koplo

                                                                          ( Gambar sate koplo surabaya )

Apa jadinya jika kelapa di jadikan sate? kalian harus mencobanya sendiri ketika kalan  berkunjung ke Surabaya. Makanan khas Surabaya yang kedua adalah sate klopo. Klopo adalah bahasa Jawa yang berarti kelapa. Sate klopo memang menggunakan buah kelapa sebagai bahan campuran satenya.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik

Sate klopo terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diberikan lumuran kelapa sebelum dibakar. Hal ini yang menjadi pembeda sate klopo dengan sate-sate lainnya. Jika sate pada umumnya di bakar menggunakan kecap, sate klopo di balur dulu dengan parutan kelapa sebelum di bakar. Rasa yang juga  di tawarkan oleh sate klopo adalah gurih ala kelapa yang menyatu dengan daging bakar, sehingga sensasi yang di timbulkan juga tentu tidak  akan biasa.

Lokasi : Jl. Walikota Mustajab No.36, RW.05, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272

No telpon : (031) 5474575

Website : www.resepkoki.com

Buka : Setiap hari pukul 7 pagi sampai dengan  jam 10 malam.

Harga : Mulai dari harga Rp.30.000

3. Lontong Balap

 

Rekomendasi lontong balap

                                                                     ( Gambar lontong balap khas surabaya )

Lontong balap adalah makanan khas dari daerah  Surabaya ketiga yang di rekomendasikan bagi para pencinta kuliner yang akan berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Lontong balap terbuat dari  berbagai macam campuran lontong, taoge, tahu, daging sapi, dan lento.

Kuah lontong balap berwarna dengan  kecokelatan, yang di hasilkan dari siraman bumbu petis. Rasanya tentu tak kalah autentik dengan kuliner-kuliner Surabaya lain nya.

Lokasi : Jl. Bromo No.7, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251

No telpon : 0812-3092-6252

Website : www.gotravelly.com

Buka : Setiap hari pukul 7 pagi sampai dengan  jam 8 malam

Harga : Mulai dari harga Rp.10.000

4. Tahu Telor/Tahu Tek

 

Rekomendasi tahu tek

                                                                   ( Gambar tahu telor / tahu tek surabaya )

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah tahu telor atau tahu tek. Makanan khas Surabaya yang  satu ini berisi potongan tahu yang di campur dengan  sebuah telur, lalu di goreng bersamaan dan di potong-potong.di atasnya di tambahkan taoge, kentang dan kemudian di siram dengan saus kacang pedas di tambah petis khas Surabaya dan kerupuk. Hmm membayangkannya saja sudah bikin  kalian ngiler.

Lokasi : Jl. Dinoyo No.147, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60265

No telpon : 0821-1181-3989

Website : www,bango.com

Buka : Setiap hari pukul 10 pagi sampai dengan  jam 12 malam

Harga : Mulai dari harga Rp.15.000

5. Kepiting Cak Gundul 1992

 

Rekomendasi kepiting

                                                               ( Gambar kepiting cak gundul khas surabaya )

Bagi Anda yang mengaku pencinta seafood, ketika ke Surabaya wajib mencoba makanan yang satu ini. Makanan khas Surabaya yang kelima adalah kepiting Cak Gundul 1992 yang sangat terkenal dan sudah mulai beroperasi sejak 1992 silam. Saat ini restoran kepiting Cak Gundul sudah membuka beberapa cabang saking ramainya pengunjung yang memadati restorannya.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Hotel di Jakarta Utara yang Dekat Tempat Wisata

Kepiting Cak Gundul terkenal dengan kelezatan kepitingnya yang berukuran besar, segar, dan harganya yang terjangkau. Selain kepiting, di restoran ini juga menyediakan hidangan seafood lain seperi ikan-ikanan, udang, cumi-cumi, dan juga ayam.

Lokasi : Jl. Raya Kupang Indah No.45, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Kota SBY, Jawa Timur 60225

No telpon : (031) 7327554

Website : www,foursquare.com

Buka : Setiap hari pukul 11 siang sampai dengan  jam 2 dini hari

Harga : Mulai dari harga Rp.100.000

6.Tahu Campur

 

Rekomendasi campur

                                                                      ( Gambar tahu campur khas surabaya )

Makanan khas Surabaya yang keenam adalah tahu campur. Tahu campur adalah salah satu  sebuah kuliner berkuah yang segar dan menghangat kan. Tahu campur juga memiliki banyak sebuah  kandungan gizi karena terdiri dari banyak sayur dan sumber protein dalam setiap porsinya.

Dalam tahu campur terdapat macam sayuran, irisan tahu goreng, perkedel ubi (lentho), daging, tauge, mie kuning, petis, dan kuah kaldu daging yang lezat. Semua bahan-bahan di potong lalu di siram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah di campur dengan  suatu petis. di jamin enak apalagi dengan tambahan sambal dan kerupuk udang. mak nyos.

Lokasi : Jl. Kalasan, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60131

No telpon : –

Website : www.gofood.com

Buka : Setiap hari pukul 10 pagi sampai dengan  jam 10 malam

Harga : Mulai dari harga Rp.15.000

7. Sego Sambel

Rekomendasi sego sambal

                                                                          ( Gambar sego sambel surabaya )

Sego sambel adalah sebuah  makanan khas Surabaya ketujuh yang masuk dalam daftar rekomendasi makanan enak di Surabaya. Sego sambel dalam bahasa Indonesia berarti nasi sambal. Ini adalah salah satu bentuk  kuliner pedas yang cukup  banyak di gemari oleh  sebagian banyak orang pada umum nya dan oleh masyarakat Surabaya.

Menu sego sambel menyaji kan dengan  rasa pedas dari sambal dengan bumbu-bumbu  berbagai pilihan. Untuk satu porsi sego sambel, kalian biasanya akan mendapat nasi hangat dengan siraman sambal, lengkap dengan  suatu pilihan lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng suwir, hingga ikan-ikanan dan lain sebagai nya . Sego sambel sangat lah cocok bagi kalian  pecinta makanan pedas.

Lokasi : Jl. Ruko Villa Bukit Mas, Dukuh Pakis, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur 60225

No telpon : (031) 5636058

Website : www,traveltempo.com

Buka : Setiap hari pukul 10 pagi sampai dengan  jam 12 malam

Harga : Mulai dari harga Rp.20.000

8. Rawon

 

Rekomendasi rawon

                                                                          ( Gambar rawon khas surabaya )

Rawon menjadi salah satu  sebuah makanan khas Surabaya berkuah yang paling banyak di cari oleh masyarakat pada umum nya Rawon memiliki kekhasan dalam warna dan rasa nya. Kuah hitam rawon yang khas berpadu dengan daging empuk adalah hidangan yang  ter favorit yang biasa di santap warga Surabaya maupun para wisatawan lokal atau wisatawan dari mancanegara

Baca Juga:  14 Rekomendasi Merk Kipas Angin Gantung Terbaik 2024

Karena rasa nya yang enak dan unik, kini beragam jenis rawon telah tersebar dan di jual di seluruh Indonesia dengan inovasi varian yang sangat  berbeda-beda. Rawon adalah salah satu ciri khas Surabaya yang wajib kalian coba langsung di tempat asal nya.

Lokasi : Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60261

No telpon : 0812-2559-1682

Website : www.briliofood.com

Buka : Setiap hari pukul 8 pagi sampai dengan  jam 5 sore

Harga : Mulai dari harga Rp.10.000

9. Soto Gubeng

 

Rekomendasi gubeng

                                                                     ( Gambat Soto gubeng khas surabaya )

Soto Gubeng adalah salah satu sebuah  varian soto yang telah menjadi  suatu makanan khas Surabaya. Sejarah soto Gubeng cukup lah  menarik, karena soto ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Nama soto Gubeng di ambil dari nama sebuah kecamatan di Surabaya tempat stasiun paling besar di kota itu berada.

Di stasiun Gubeng ini lah soto gubeng pertama kali muncul. Soto ini menggunakan bahan dasar daging dan jeroan sapi dengan kuah kaldunya yang sangat  lah nikmat untuk di cicipi atau di coba.

Lokasi : Jl. Raya Gubeng No.50, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281

No telpon : 0821-2970-1818

Website : www.tripadvisor.com

Buka : Setiap hari pukul 7 pagi sampai dengan  jam 4 sore

Harga : Mulai dari harga Rp.15.000

10. Zangrandi Ice Cream

 

Rekomendasi ice cream

                                                                 ( Gambar Ice cream Zangrandi surabaya )

Setelah menikmati makanan-makanan sebelumnya yang cenderung pedas dan berminyak, kini saatnya kalian  berkenalan dengan salah satu dessert paling sangat  populer di Surabaya. Zangrandi Ice Cream adalah makanan khas Surabaya terakhir yang berada di daftar rekomendasi kali ini.

Toko es krim Zangrandi sudah berdiri sejak  tahun 1930-an dan menawarkan ragam desert klasik yang lezat. Setiap varian es krimnya serasa menyeret kalian  ke masa lalu dan bernostalgia. Di Zangrandi Ice Cream, kalian bisa menikmati banana split, macadonia, tutti fruity, dan masih banyak lagi. Toko es krim ini adalah salah satu yang legendaris di  kota Surabaya.

Lokasi : l. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271

No telpon : (031) 5345820

Website : www.kumpulaninfo.com

Buka : Setiap hari pukul 10 pagi sampai dengan  jam 10 Malam

Harga : Mulai dari harga Rp.20.000

Itu lah beberapa rangkuman di atas mengenai 10 khas makanan dari kota pahlawan biasa di sebut dengan kota pahlawan,yang harus kalian coba dan cicipi dan kunjungi  apabila kalian bersama keluaraga berlibur ke surabaya , semoga artikel di atas bermanfaat bagi kalian semua serta  selamat mencoba dan terima kasih.