Rekomendasi adli hadiyan munif krIssfp8rgw unsplash

10 Makanan Khas Sumatera Barat yang Menggoyang Lidah

Selama liburan  di Indonesia, Sobat Pesona sudah  dapat mengeksplorasi daerah mana saja? Supaya lebih sangat  berwarna, selain menjelajani destinasi wisata nya, hal yang tak boleh ketinggalan adalah menyantap deretan kuliner nya. Nah, kalau kalian  ingin berwisata kuliner, Sumatera Barat jadi tempat yang tepat buat di kunjungi. Tak hanya nasi padang, ada banyak sekali makanan khas Sumatera Barat yang dapat  menggoyang lidah. Berikut ini rekomendasi makanan khas Sumatera Barat yang bisa kalian  coba saat berkunjung ke sana di antara nya sebagai berikut :

1. Rendang

 

Rekomendasi rendang

                                                                                      ( Gambar Rendang )

Mari buka untuk  daftar makanan khas Sumatera Barat dengan menu yang sangat  legendaris satu ini. Ya, rendang. Menu yang di buat dari olahan daging sapi dan aneka rempah ini pernah menduduki peringkat pertama dalam daftar 50 hidangan paling lezat di dunia versi CNN International, lho. kalian  harus tahu nih, ternyata aneka bumbu dan rempah yang di gunakan untuk mengolah rendang merupakan bumbu yang mengandung antiseptik.

Meski saat ini rendang sangat lah mudah di jumpai di berbagai daerah, penghasil rendang yang sangat legendaris dan terkenal kualitasnya tetap ada di Minangkabau, yakni daerah Payakumbuh.

Lokasi : belakang terminal sago, Pertokoan blok timur lantai.2 No. 2BB-4BB, Jl. Arisun, Nunang, Kec. Payakumbuh Bar., Kota Payakumbuh, Sumatera Barat 26221

No Telpon : 0822-5536-6268

Website : www.goodnewsfromindonesia.id

Harga :  Mulai dari Rp. 61.000.

2. Sate Padang

Rekomendasi sate padang

                                                                                 ( Gambar sate padang )

Kuliner olahan daging di Sumatera Barat lain nya adalah sate padang. Sebagian orang pasti akan kesulitan membedakan sate padang karena bentuk nya yang berbeda-beda. Tak perlu bingung untuk kalian  karena sate padang memang hadir dalam tiga jenis, yakni sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman. Selain berbeda daerah asal nya, ketiga sate tersebut juga hadir dalam sajian bumbu kacang yang sangat berbeda. Sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuk nya menyerupai bubur. Sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah. Sedangkan, sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate yang berwarna kuning.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Sarung Tangan Kiper Terbaik

Lokasi : Jl. Tepi Pasang, Kp. Pd., Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25134

No Telpon : 0813-7430-8849

Website : www.rukita.com

Harga : Mulai dari Rp3.000 – Rp39.000

3.Dendeng Balado

 

Rekomendasi dendeng

                                                                             ( Gambar Dendeng Balado )

Makanan khas Sumatera Barat seperti nya memang di dominasi oleh olahan daging sapi. Selain rendang dan sate padang, kalian juga wajib menyantap dendeng balado. Makanan yang terbuat dari olahan daging sapi ini di buat dalam bentuk irisan tipis, lalu di goreng, dan di lumuri dengan bumbu balado yang kaya akan rempah dan cita rasa kuat. kalian  akan mudah menjumpai restoran atau tempat makan yang menjual dendeng balado dengan rasa otentik di Kota Padang, Sumatera Barat.

Lokasi : Jl. Kp. Sebelah No.Kelurahan, Berok Nipah, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat

No Telpon : 0813-6340-6019

Website : www.dapurkintamani.com

Harga : Mulai dari Rp 70,000.00

4. Lontong Sayur

 

Rekomendasi lontong

                                                                       ( Gambar Lontong Sayur Padang )

Makanan khas Padang yang tak kalah populer dari rendang adalah lontong sayur. Makanan yang biasa nya di jadi kan menu sarapan oleh orang Minang ini punya cita rasa yang khas dan juga kaya akan  dengan rempah. Kuah santan yang kental serta bumbunya yang gurih mampu memikat lidah para pecinta kuliner seantero negeri. Selain di daerah Padang, kalian  bisa mencoba lontong sayur khas Minang ini di daerah Pariaman, yang lokasi nya tidak begitu jauh dari Kota Padang.

Lokasi : Jalan Pauh depan Masjid Al Ikhlas, Katapiang, Kec. Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 25586, Indonesia  Kota Padang, Sumatera Barat

No Telpon : 0823-8686-0050

Website : ketupat-sayur-buk-peti.business.site

Harga : Mulai dari Rp 12.000 – Rp 21.000

5. Ayam Pop

 

Rekomendasi ayam pop

                                                                                 ( Gambar Ayam Pop )

kalian  kurang suka dengan daging sapi jadi  tak perlu khawatir, karena masakan  khas Sumatera Barat ada juga yang ber bahan utama daging ayam. Keunikan dari olahan ini adalah daging ayam akan tetap akan berwarna putih pucat meski sudah digoreng. Bagaimana bisa? Warna ayam tidak menjadi coklat seperti ayam goreng pada umum nya karena sebelum di goreng, ayam tersebut sudah di olah dan di beri bumbu. Ayam itu di rebus dengan air kelapa serta di beri bumbu bawang putih. Sangat unik bukan? Jika ingin dapat merasakan ayam pop yang asli dan otentik, kalian bisa datang langsung ke daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.

Baca Juga:  6 Oleh-Oleh Khas Semarang Kekinian & Terkenal

Lokasi : Pasar Usang, Jl. Raya Padang – Bukittinggi No.Km. 24, Sungai Buluh, Kec. Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 74384

No Telpon : (0751) 7878434

Website : www.foodierate.com

Harga : Mulai dari Rp  ‎ 35,000.00

6. Ikan Asam Padeh

 

Rekomendasi ikan asam

                                                                            ( Gambar Ikan Asam Padeh )

Berwisata kuliner #DiIndonesiaAja, terutama di Sumatera Barat seperti nya belumlah sangat  lengkap jika tak mencoba ikan asam padeh. Menu yang satu ini biasa juga di kenal dengan nama ikan asam pedas dalam Bahasa Indonesia. Masakan dengan rasa asam dan pedas ini siap memberi kan sensasi segar pada lidah dan perut kalian . Tak terbatas pada satu jenis ikan saja, menu ikan asam padeh bisa menggunakan berbagai jenis ikan, mulai dari ikan tongkol, kakap, cumi, gurame, hingga ikan kembung. Tak sabar ingin mencicipinya,  kalian bisa langsung meluncur ke daerah Solok, Padang Panjang, atau Pariaman untuk merasakan kelezatan ikan asam padeh yang otentik.

Lokasi : Jl. Tuanku Rao No.16161, Taruang Taruang, Kec. Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat 26353

No Telpon : 0812-6164-3624

Website : www.padangkita.com

Harga : Mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 25.000

7. Itiak Lado Mudo

 

Rekomendasi iTIK

                                                                            ( Gambar Itiak Lado Mudo )

Sudah pernah mencoba berbagai  makanan khas Sumatera Barat bernama itiak lado mudo,  Kuliner dari olahan daging bebek ini merupakan salah satu wisata  kuliner khas dari daerah Agam, Sumatera Barat. Hadir dalam rasa pedas dan gurih, itiak lado mudo di sebut-sebut sebagai menu favorit wisatawan lokal hingga mancanegara,  Nah, jika kalian  ke Ngarai Sianok, wajib sekali menyantap kuliner satu ini, ya. Di sana ada sebuah rumah makan yang  dapat menyaji kan itiak lado mudo sebagai menu utama nya dan selalu ramai  dengan pengunjung. Sambil menyantap itiak lado mudo yang lezat, kalian  juga bisa melihat pemandangan Ngarai Sianok yang sangat  memesona.

Lokasi : Jl. Binuang Ngarai Sianok, Sianok Anam Suku, Kec. Iv Koto, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26181

No Telpon :  081363190572

Website : www.jelajahsumbar.com

Harga :  Mulai dari Rp 25,000.00 – Rp 175,000.00

8. Lamang

 

Rekomendasi lemang

                                                                    ( Gambar Lemang khas suamtera barat )

Ini lah kudapan klasik khas Sumatera Barat yang masih sangat  eksis hingga saat ini. Lamang merupa kan olahan ketan yang di campur dengan santan. Ketan tersebut akan di bungkus dengan daun pisang lalu di masukkan ke dalam bambu untuk selanjut nya di bakar. Jika Sobat Pesona ingin mencicipi lamang dari tanah kelahiran nya, datang lah ke daerah Tanah Datar, Sumatera Barat. Cuaca yang dingin di Tanah Datar, akan terasa lebih hangat saat Sobat Pesona menyantap lamang yang saat  masih hangat.

Baca Juga:  3 Kopi Instan Terbaik

Lokasi : Jl. Raya Padang Panjang – Bukittinggi No.KM. 8, Aie Angek, Kec. Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27151

No Telpon : 082388379077

Website : www.indonesiakaya.com

Harga : Rp 35.000 ;

9. Sala Lauak

 

Rekomendasi sala

                                                                ( Gambar Sala Lauak khas sumatera barat )

Indonesia punya banyak berbagai macam  sajian kuliner, mulai dari makanan berat hingga cemilan yang nikmat. Salah satu camilan yang sangat menggoda untuk di coba adalah sala lauak. Kuliner yang satu ini adalah gorengan khas Pariaman. Karena berbentuk bulat, banyak juga yang menyebut kudapan ini mirip dengan combro dari Jawa Barat. Bedanya, sala lauak tidak menggunakan oncom, melain kan teri atau udang halus. Gorengan ini memiliki tekstur renyah di bagian luar, tapi lembut di bagian dalam nya.

Lokasi : Dusun Keramat Jaya, Kel. Manggopoh, Palak Gadang, Kec. Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 25572

No Telpon : 0823-8498-9847

Website : www.saribundo.com

Harga : ‎Rp 37,500.00

10. Bika Talago

 

Rekomendasi bika

                                                                ( Gambar Bika Talago Khas Sumatera barat )

Jika kalian sedang mengeksplorasi Bukit tinggi dan mulai dapat merasakan hawa dingin nya, saat nya menghangat kan tubuh dengan menyantap salah satu kuliner khas nya, yakni bika talago. Makanan ini akan di sajikan hangat-hangat, karena biasa nya baru akan di masak ke dalam tungku pembakaran ketika ada yang membeli. Bika talago memiliki rasa yang gurih dan manis berkat perpaduan antara tepung beras, kelapa parut, serta gula merah dan gula putih.

Lokasi : Jalan Raya Padang Bukittinggi km 10,Kenagarian Koto Baru, Kecamatan, Kec. Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 26181

No Telpon : 0812-6725-4567

Website : www.kidalnarsis.com

Harga : Mulai dari  Rp.3000

 

Nah, jika kalian  punya kesempatan untuk berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk menyantap deretan kuliner di atas, ya. Di jamin deh, selain bikin perut kenyang, kalian bakalan semakin cinta dengan sajian kuliner Indonesia yang lezat ini. Selain makanan yang sudah di sebutkan, kalian juga  bisa melihat juga rekomendasi makanan khas Indonesia lain nya yang tak boleh di lewatkan saat berwisata, semoga artikel di aats bermanfaat bagi kalian semua dan selamat mencoba nya.