Rekomendasi glass 1587258 640

6 Rekomendasi Susu Tinggi Kalori untuk Anak

Pemenuhan kalori sangat penting untuk dapat menunjang pertumbuhan setiap anak, terutama bagi anak yang tengah menjalankan program peningkatan berat badan. Selain dari makanan, pemenuhan kalori tersebut juga bisa disuplai dari susu yang dikonsumsinya sehari-hari. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai susu tinggi kalori untuk anak, termasuk dengan list beberapa produk susu tersebut.

Kebutuhan Kalori Anak di Setiap Rentang Usia

Sebelum memutuskan produk susu tinggi kalori untuk anak mana yang akan dibeli, mari ketahui dulu kebutuhan kalori harian pada setiap rentang usia.

  • Anak usia 0-6 bulan, sekitar 550 kkal.
  • Anak usia 7-11 bulan, sekitar 725 kkal.
  • Anak usia 1-3 tahun, sekitar 1125 kkal.
  • Anak usia 4-6 tahun, sekitar 1600 kkal.
  • Anak usia 7-9 tahun, sekitar 1850 kkal.

Sebagai catatan, kebutuhan kalori harian sangat bergantung pada jenis kelamin dan aktif atau tidaknya kegiatan anak. Semakin banyak aktivitas anak di keseharian, maka semakin banyak juga suplai kalori yang diperlukan.

FYI, untuk anak yang berada pada rentang usia 1-3 tahun, bisa mendapatkan sekitar 28%  atau 320 kkal dari susu pertumbuhan yang dikonsumsi. Jadi kalau Anda ingin berat badan anak segera naik, pastikan untuk memberikan susu tinggi kalori untuk anak yang menyimpan minimal 100 kkal tiap sajian.

Cara Memilih Susu Tinggi Kalori untuk Anak

Karena masih berada pada fase pertumbuhan paling pesat, pemilihan susu tinggi kalori untuk anak tentu tidak bisa sembarangan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli susu tersebut.

1. Pastikan susu sesuai dengan usia anak

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, setiap fase tumbuh kembang anak memerlukan asupan gizi, nutrisi, dan kalori yang berbeda-beda. Jadi ketika akan memberikan susu tinggi kalori untuk anak, Anda harus mengecek usia yang disarankan. Tidak mungkin kan memberikan susu untuk anak 3 tahun kepada bayi 6 bulan? Bisa-bisa muncul efek buruk bagi kesehatan anak.

Suatu produk susu, baik untuk bayi maupun anak-anak, dikategorikan tinggi kalori kalau menyimpan setidaknya 8 kkal/ml. Bagaimana cara menghitungnya? Mudah, kok. Tinggal bagi saja jumlah kalori per takaran saji dengan saran takaran sajinya (dalam ml).

Baca Juga:  13 Daftar Restoran Keluarga Terfavorit di Jogja

Karena susu tinggi kalori untuk anak tidak mengandung gula tambahan sama sekali, maka penyumbang kalori terbesarnya adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Semakin tinggi kandungan ketiga makronutrien tersebut, maka semakin tinggi juga kalori yang disimpan oleh susu.

2.Perhatikan apa saja kandungannya

Kalori yang tersimpan dalam susu memang menjadi aspek paling penting untuk meningkatkan berat badan anak dan bayi. Tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikan nutrisi lainnya, seperti protein, mineral, AA, DHA, dan serat pangan.

  • Protein

Selain menjadi salah satu penyuplai kalori terbanyak, protein juga memegang peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan bayi. Fungsi lainnya, protein berperan sangat besar dalam pembentukan jaringan tubuh dan peningkatan massa otot anak. Jadi kalau asupan protein terpenuhi dengan baik, anak mengalami pertambahan tinggi badan cukup pesat, sedangkan kekurangan protein kronis bisa menyebabkan wasting (kurus) hingga stunting (pendek).

  • Kalsium

Kalsium memegang peran yang signifikan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, termasuk meningkatkan kecerdasan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Pembentukan jaringan tulang juga tidak bisa tanpa kalsium, sehingga kekurangan mineral dapat menyebabkan stunting hingga kerapuhan pada tulang dan gigi. Oleh karena itu, Anda juga harus mengecek berapa banyak kalsium dalam susu tinggi kalori untuk anak yang dibeli.

  • Zinc

Sudah memberikan susu tinggi kalori untuk anak, tapi berat badan tetap tidak kunjung naik? Mungkin saja anak kekurangan mineral zinc sehingga tubuhnya tidak bisa menyerap gizi dengan baik sehingga pembentukan massa ototnya juga terhambat. Kekurangan zinc juga menghambat pembentukan enzim-enzim pencernaan, perubahan cita rasa di lidah anak, dan penurunan nafsu makan. Perlu diketahui, zinc tidak memiliki sistem penyimpanan di dalam tubuh, jadi harus dipenuhi dari makanan sehari-hari, termasuk susu.

  • Probiotik

Probiotik bisa disebut sebagai bakteri baik yang berada di sistem pencernaan manusia dan keberadaannya sangat penting untuk memelihara kesehatan sistem cerna. Ada tiga jenis probiotik yang umum ditemukan pada susu tinggi kalori untuk anak, yakni Lactobacillus, Saccharomyces boulardii, dan Bifidobacterium. Ketika saluran cernanya sehat, tentu anak pun akan makan dengan lahap sehingga pertumbuhannya bisa berlangsung dengan baik.

  • AA dan DHA

Arachidonic acid (AA) adalah salah satu kelompok dari omega-6, fungsi utamanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan docosahexaenoic acid (DHA) adalah salah satu kelompok dari omega-3 yang sangat membantu perkembangan otak anak. Sayangnya kedua asam lemak tak jenuh itu tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga perlu disuplai dari susu tinggi kalori anak yang Anda belikan serta makanannya.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Modem 4G Terbaik

3.Pertimbangkan produk yang meningkatkan nafsu makan

Sekalipun Anda sudah membelikan susu tinggi kalori untuk anak, berat badannya tidak akan naik kalau asupan makanan yang sehat dan bergizi tidak dipenuhi. Lalu bagaimana solusinya kalau anak tidak terlalu nafsu makan, padahal makanannya sudah dibuat sevariatif mungkin?

Anda bisa memberinya produk yang merangsang nafsu makan, seperti minyak ikan dan curcuma (temulawak), atau susu formula yang mengandung dua bahan tersebut. Anda dapat memberikan susu tinggi kalori anak ini pada jam ngemil dan sebelum tidur malam untuk menghindari anak jadi terlalu kenyang di jam makan utama.

Ada beberapa merk susu tinggi kalori untuk anak yang menjadi favorit masyarakat, seperti PediaSure, Nestle, Nutricia, dan Curcuma Plus. Tapi bukan berarti merk selain itu tidak worth it dibeli, ya. Mari kita bahas empat produk susu tinggi kalori tersebut satu per satu seperti di bawah ini :

1.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

2.Promo di sini

Jika anda tertarik untuk memasang klinik Anda disini, silahkan kontak kami di halaman pasang iklan

 

3. Pedia Complete Vanila

 

Rekomendasi pedia

( Gambar Pedia Complete Vanila )

PediaComplete memang diformulasikan sebagai susu tinggi kalori untuk anak yang punya risiko gagal tumbuh atau gizi buruk. Kalorinya sangat padat, mencapai 1 kkal/mL dan protein 3.02 g/100 kkal yang sudah sesuai rekomendasi WHO. Anak pun juga masih mendapatkan sumber kalori dari campuran lemak nabati dengan MCT 15%.

Tidak lupa juga kandungan 14 vitamin, 9 mineral, AA-DHA, dan prebiotik FOS untuk mendukung seluruh aspek tumbuh kembang anak secara optimal. Rasa vanilanya gurih dan tidak amis sama sekali, dijamin anak akan semangat deh meminum susu ini. Tapi ingat, PediaComplete tidak ditujukan untuk bayi, ya, melainkan anak usia 1-10 tahun. Untuk harganya sendiri, sekitar 210 ribuan rupiah tiap kemasan 400 gram.

Lokasi : Ged Menara Jamsostek 23th Floor, JL. Jend Gatot Subroto Kav 38, Jakarta, 12710 8 2, RT.8/RW.2, Karet Semanggi, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12710

Website : www.pediasure.co.id

4. Morigro Powder Vanilla

 

Rekomendasi morigro

( Gambar Morigro powder vanilla )

Kalau budget susu tinggi kalori untuk anak cukup terbatas, ada Morigro Powder Vanilla yang bisa jadi salah satu alternatif terbaik. Produk ini dibuat dengan formula GROMAX, yaitu mengandung minyak ikan untuk booster nafsu makan anak dan protein mencapai 5 gram tiap takaran saji. Apa lagi dengan karbohidrat 20-an gram dan lemak sekitar 7 gram, membuat Morigro Powder Vanilla menyimpan sekitar 180 kkal per sajian.

Baca Juga:  4 Topi Bucket Hat Terbaik

Bukan hanya tinggi kalori dan makronutrien, dalam susu Morigro juga terdapat hingga 220 juta bakteri Bifidobacterium longum BB536 demi mendukung kesehatan pencernaan anak. Susu tinggi kalori untuk anak ini dapat dipesan melalui official store Morinaga, dibandrol 80 ribuan rupiah untuk kemasan 200 gram.

Lokasi : Jl. Yos Sudarso Kav 85 No.21, Sunter Jaya, Kec. Tj. Priok, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

Website : www.morigro.id

5. Enfamil A+ Gentle Care Tahap 2

 

Rekomendasi enfanil

( Gambar Enfamil Gentle care tahap 2 )

Bagi bayi usia 6-12 bulan yang mengalami masalah pertumbuhan lambat, Anda bisa coba memberikannya Enfamil A+ Gentle Care tahap 2. Protein pada susu untuk bayi ini sudah mengalami hidrolisis parsial, mengakibatkan ukuran molekulnya jauh lebih kecil daripada protein biasa, jadi tubuh bayi pun bisa menyerapnya dengan lebih cepat.

Enfamil A+ Gentle Care Tahap 2 juga mengandung minyak sel tunggal sebagai sumber asam arakhidonat (ARA) yang sangat penting dalam perkembangan motorik anak dan peningkatan massa otot. Pembelian susu tinggi kalori ini bisa langsung melalui official store Enfamil, harganya sekitar 250 ribuan rupiah untuk kemsan 250 gram.

Lokasi : Gedung Treasury Tower, District 8, LT. 58 SCBD Lot 28. Jl. Jend Sudirman Kav 52-53 Senayan – Kebayoran Baru Jakarta .

Website : www.enfa.co.id

6. Nutricia Infatrini Powder

 

Rekomendasi nutricia

( Gambar Nutricia Infatrini powder)

Nutricia infatrini Powder memang dibuat oleh Nutricia untuk bayi-bayi yang mengalami gangguan pertumbuhan, atau punya gangguan medis lain yang menyebabkan naiknya kebutuhan kalori. Simpanan kalorinya lebih tinggi daripada susu formula bayi lain, mencapai 100 kkal/100 ml, sebab ditargetkan untuk meningkatkan berat badan anak dengan cepat.

Di samping tinggi kalori, kelengkapan nutrisi pada Nutricia Infatrini Powder juga patut diacungi jempol. Semua makronutrien, berbagai vitamin dan mineral penting, serat pangan, serta asam amino yang diperlukan bayi ada di dalamnya. Tidak heran kalau harga jualnya tergolong tinggi, sekitar 280 ribuan rupiah untuk kemasan kaleng isi 400 gram.

Lokasi : Jl. Raya Jakarta-Bogor No.KM. 26.6, RT.1/RW.4, Pekayon, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13710

Website : www.nutricia.com

Kesimpulan

Mau menaikkan berat atau tinggi badan anak dengan signifikan? Anda bisa coba dengan susu tinggi kalori untuk anak yang sudah dibahas pada artikel ini.