Rekomendasi zoltan tasi FuecpEqdGtc unsplash

3 Rekomendasi Sepeda Fixie Terbaik

Bersepeda menjadi salah satu sebuah  cara yang efektif untuk membakar kalori sekaligus menikmati udara segar. dari sekian banyak jenis sepeda, salah satu jenis yang di sukai oleh sebagian  masyarakat adalah sepeda fixie, karena berbentuk ramping, bobotnya ringan, dan sangat mudah di kendarai.

Kalau anda tengah mencari produk sepeda fixie berkualitas yang bagus, baik untuk keperluan sehari-hari atau berolahraga, pada artikel  ini akan di bahas tips dan pilihan nya secara lengkap.

Mengenal Sepeda Fixie

Sepeda fixie didesain dengan sistem penggerak (drivetrain) yang hanya memiliki sebuah gear dan yang dikenal sebagai fixed gear atau gigi tetap. Sebenarnya jenis sepeda lain, seperti BMX (bicycle motocross) juga menggunakan fixed gear tetapi memiliki perbedaan mendasar dengan sepeda fixie.

Pada fixie bicycle tidak terdapat mekanisme freewheel, sehingga pedal turut bergerak saat rodanya bergerak, baik ke depan maupun ke belakang. Oleh karena itu, kaki tidak dapat berhenti mengayuh atau melakukan coasting ketika roda masih berputar.

Meski mekanismenya terbilang tidak umum, sepeda fixie sangat populer di kalangan orang-orang yang mengutamakan tampilan sepeda yang menarik. Bentuknya yang sederhana dengan sparepart yang minim membuat tampilan sepeda ini menarik. Beberapa penjual sepeda ini juga menyediakan jasa custom warna untuk frame dan velg, jadi Anda bisa membuat sepeda pribadi dengan warna favorit.

Tips Memilih Sepeda Fixie yang Bagus

Salah satu daya tarik dari sepeda fixie memang tampilannya, sehingga banyak produk yang dibuat dalam aneka warna, bahkan perpaduan 2-3 warna sekaligus dalam satu sepeda. Selain tampilan, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih sepeda fixie, berikut selengkapnya.

1. Memastikan bahan frame sepeda

Pada dasarnya, bentuk rangka dari sepeda fixie mirip dengan bentuk frame sepeda balap atau road bike dan dibuat dari beberapa jenis bahan, seperti steel, aluminium, dan carbon fiber. Bahan steel yang terbuat dari bahan dasar besi biasanya digunakan untuk sepeda produksi lama, karena dikenal memiliki ketahanan yang tinggi, mudah diperbaiki bila bengkok, serta lebih menyerap getaran.

Sayangnya bobot steel terbilang paling berat di antara bahan-bahan lain yang sering digunakan untuk membuat frame sepeda dan cenderung mudah berkarat, sehingga diperlukan perawatan yang sangat cermat. Sepeda fixie yang kerangkanya terbuat dari besi lebih cocok digunakan sebagai sarana transportasi harian dalam jarak dekat, terlebih lagi harga sepeda ini biasanya relatif terjangkau namun cukup awet.

Bahan lain yang juga sering digunakan untuk membuat kerangka sepeda fixie adalah aluminium yang dikenal ringan sehingga sepeda bisa dikendarai dalam kecepatan lumayan tinggi. Selain itu, aluminium juga merupakan logam yang lebih tahan karat dibandingkan dengan besi, jadi tidak perlu khawatir sepeda Anda akan korosi dalam waktu relatif cepat.

Kekurangan dari sepeda fixie yang rangkanya terbuat dari aluminium adalah cenderung kurang kuat dan perbaikannya lebih sulit ketika terjadi kerusakan. Sepeda yang menggunakan bahan aluminium tidak direkomendasikan untuk perjalanan jarak jauh karena tidak terasa nyaman dan lebih sering digunakan sebagai gaya hidup para pencinta sepeda.

Baca Juga:  4 Produk Penyegar Mulut Terbaik

Bukan hanya dari logam, frame sepeda fixie juga ada yang terbuat dari material serat karbon. Material ini dikenal mempunyai bobot yang paling ringan dan punya kemampuan yang baik untuk menyerap getaran jalan. Jadi, kegiatan bersepeda akan terasa nyaman walaupun menempuh jarak yang cukup jauh.

Serat karbon juga dapat dibentuk menjadi wujud yang kompleks sehingga produsen sepeda fixie dapat menjadikan efisiensi aerodinamik dari frame jadi lebih maksimal. Berbagai faktor tersebut menyebabkan sepeda yang rangkanya terbuat dari serat karbon dijual dengan harga paling mahal dan masih sulit ditemui pada toko-toko yang ada di Indonesia.

2. Memilih berdasarkan jenis setangnya

Setang sepeda fixie terbagi dalam beberapa model, antara lain model flatbar, risebar, bullhorn, dan dropbar yang semuanya memiliki karakter dan tingkat kenyamanan yang berbeda. Setang flatbar berbentuk seperti stik yang nyaris rata di sepanjang bodinya dan merupakan model yang umum ditemukan pada sepeda ini. Setang flat juga digemari oleh para pengguna sepeda fixie karena mudah digunakan, meskipun oleh pemula.

Jika setang risebar memiliki ciri berupa patahan yang melengkung ke bawah di bagian tengah dan biasanya digunakan pada sepeda MTB. Pada setang bullhorn, bentuknya menyerupai sebuah tanduk yang sekilas terlihat kurang sporty tetapi nyaman digunakan saat menanjak karena mendukung posisi badan menjadi lebih aerodinamis.

Jika pada sepeda fixie khusus balap, biasanya digunakan setang dropbar atau yang dikenal dengan setang balap karena memungkinkan penggunanya bisa berkendara dengan cepat namun tetap aman. Setang dropbar mempunyai ciri melengkung ke belakang di kedua ujungnya yang berfungsi untuk melakukan sprint dengan kecepatan tinggi.

3.Mempertimbangkan sepeda dengan atau tanpa rem sesuai kemampuan

Pada uraian sebelumnya telah dibahas bahwa sepeda fixie hanya menggunakan satu macam gear saja yang membuatnya terkesan lebih unik dibandingkan jenis sepeda lain. Bahkan di awal kemunculannya, berbagai produk sepeda fixie classic didesain tanpa adanya rem. Jadi untuk menghentikan lajunya, pengguna perlu menahan pedal dengan kuat agar putaran ban bagian belakang berhenti. Kalau masih belum berhenti juga, pengguna perlu berdiri di atas pedal untuk menghentikan perputarannya.

Cara pengereman yang seperti itu membuat banyak orang merasa ragu untuk menggunakan sepeda fixie, sehingga sekarang semakin banyak produk yang sudah dilengkapi dengan satu hingga dua rem tambahan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi menahan pedal sepeda. Beberapa produk sepeda fixie torpedo juga sudah dilengkapi dengan tromol untuk membuat kecepatan sepeda berkurang sampai berhenti ketika pedal dikayuh ke arah belakang.

Beberapa merk sepeda fixie bisa Anda temui di e-commerce, seperti merk Polygon, Tsunami, dan London Taxi. Bahkan cukup banyak juga pedagang yang menjual sepeda bekas, tentunya masih layak pakai namun harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan sepeda baru. Berikut rekomendasi beberapa sepeda fixie yang dapat di pesan melalui marketplace. atau toko on line di bawah ini :

1. Diavolo Fixie La Finale SS

Rekomendasi diavolo

( Gambar Sepeda diavolo fixie la finale ss )

Sepeda fixie dari Diavolo patut untuk diacungi jempol. Hal ini karena, sepeda tersebut punya material yang ringan dan kuat dari segi rangkanya. Selain itu, sepeda ini sangat mudah untuk Anda kayuh dan terdapat beberapa variasi pilihan warna yang menarik. Bagi Anda yang hobi bersepeda, tentu tidak ada salahnya untuk menambah koleksi sepeda baru di rumah seharga Rp3.850.000 ini.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Hotel di Medan Terbaik

Sepeda fixie La Finale SS bermerk Diavolo ini hadir dengan ban yang sudah anti slip terbaik. Jadi, sangat bisa diandalkan untuk medan jalanan yang basah. Dengan begitu, Anda tetap bisa bersepeda dengan menyenangkan meskipun kondisi jalan sedang basah akibat hujan. Desain sepeda ini pastinya sangat keren dan nyaman untuk digunakan. Ukuran ban sepeda ini yaitu mencapai angka 28 inch dengan tipe pedal berupa strap dan flat.

Bagian rem sepeda ini terbuat dari material alloy dan bagian frame dibuat menggunakan bahan fork alloy 6061 serta alloy. Kemudian, untuk handlebars pada sepeda ini bentuknya sangat unik yakni drop bars. Secara kualitas, sepeda ini tahan lama digunakan dan perawatannya juga tidak sulit.

Lokasi : Jl. Panglima Polim V No.60 1, RT.1/RW.7, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Website : www.carousell.com

2. United Fixie Evolution 700c East T2

 

Rekomendasi united

   ( Gambar Sepeda united Fixie Evolution )

Rekomendasi sepeda fixie terbaik dari kalangan merk United Bike tentu tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, sepeda dengan harga jual sebesar Rp2.800.000 hingga Rp3.450.000 ini punya model yang keren dan trendy. Jadi, cocok buat Anda yang ingin olahraga menggunakan sepeda namun tetap dengan penampilan stylish dan kekinian. Adapun pilihan warna yang tersedia antara lain navy, silver, dan hitam velg putih ini mampu menciptakan nuansa yang mempesona.

Sepeda fixie dari United dengan tipe evolution 700c east T2 ini punya rangka yang kokoh, kuat, dan solid. Jadi, tidak mudah rusak atau patah ketika sepeda ini terjatuh. Bahkan, untuk masa penggunaannya sendiri Anda bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama. Tentunya, bersepeda sambil menikmati indahnya pemandangan di pagi hari serta sore hari menggunakan sepeda ini terasa lebih rileks dan menyenangkan.

Pedal sepeda terasa lebih nyaman untuk dikayuh dan rem sepeda terasa lebih cakram. Penampilan sepeda semakin modis berkat jari-jari yang tersusun secara rapi, minimalis, dan profesional. Ban sepedanya tidak mudah aus dan memiliki gaya gesek yang baik di medan jalan.

Lokasi : Jalan Anggrek Neli Murni 2 C No.114, RT.15/RW.1, 1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480

Website : www.unitedbike.com

3. Polygon Zenith FX

 

Rekomendasi polygon

( Gambar Polygon Zenith FX )

Polygon yang merupakan salah satu sebuah brand sepeda ternama di Indonesia ini juga mengeluarkan produk sepeda fixie melalui Polygon Zenith FX. Hadir dengan warna rangka chrome plated, menjadikan sepeda ini tampak keren, modern, dan minimalis. Bagian frame-nya terbuat dari material campuran logam yang ringan namun tetap kuat, jadi tetap nyaman ketika digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ditambah lagi dengan saddle yang empuk, perjalanan bersepeda pun akan tetap nyaman walaupun dalam waktu yang lama.

Pada bagian pedal Polygon Zenith FX terdapat toe clip yang membuatnya semakin nyaman digunakan, terutama di daerah perkotaan. Dengan diameter ban yang cukup besar, sepeda fixie ini masih cukup nyaman digunakan untuk melaju dengan cepat. Untuk harganya, Polygon Zenith FX dibandrol dengan harga 3,5 jutaan rupiah.

Baca Juga:  5 Tas Kulit untuk Pria Terbaik yang Awet dan Tahan Lama

Lokasi : Jl. Pangeran Tubagus Angke No.18, RT.1/RW.6, Jelambar, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Website : www.polygonbikes.com

Jenis Sepeda Lain dan Kegunaannya

Selain sepeda fixie, masih ada cukup banyak jenis sepeda lain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa jenis sepeda tersebut serta kegunaannya.

1.Sepeda Balap

Sebagai sepeda yang memang dirancang khusus untuk kepentingan balapan, harga jenis sepeda ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan sepeda fixie. Kerangka sepeda balap biasanya sangat ringan karena terbuat dari kombinasi aluminium dan serat karbon, bahkan ada yang dapat diangkat hanya dengan satu tangan. Posisi setang sepeda dibuat berbentuk melengkung, sehingga pengendara dapat merendahkan posisi badannya dan memperoleh aerodinamis yang baik meskipun dalam kecepatan tinggi.

2.MTB

Sepeda MTB terbilang menjadi jenis sepeda yang paling  popular di Indonesia, bahkan lebih populer dibandingkan sepeda fixie karena bisa digunakan untuk melalui jalan berlubang hingga berlumpur. Didukung dengan suspensi yang empuk, sepeda ini akan tetap nyaman digunakan melalui jalanan yang kurang halus. Supaya bisa memenuhi berbagai keperluan itu, sepeda gunung didesain dengan tapak ban yang cukup besar dan lengkap dengan ulir ban yang bergerigi, jadi daya cengkeramnya juga jadi lebih kuat.

3. BMX

Berikutnya ada jenis sepeda BMX yag seringkali digunakan untuk melakukan olahraga ekstrim. Desain dari sepeda BMX memang ditujukan supaya bisa melakukan atraksi di rintangan ekstrim dan bermanuver dengan cantik. Oleh karena itu, sepeda BMX biasanya cenderung digemari oleh anak muda yang sudah mahir bersepeda. Berbeda dengan sepeda fixie yang dapat digunakan oleh semua kalangan.

4. Sepeda Tandem

Kalau tampilan sepeda fixie menurut Anda sudah cukup unik, maka sepeda tandem punya bentuk yang lebih unik lagi karena memiliki dua pasang pedal dan dua kursi utama atau bahkan lebih dalam satu rangka. Hal ini membuat sepeda tandem sering ditemukan pada berbagai tempat hiburan keluarga, karena bisa digunakan oleh ayah, ibu, dan anak sekaligus.

5. Sepeda Lipat

Sesuai dengan namanya, perbedaan mencolok dari sepeda lipat dibandingkan dengan sepeda fixie adalah kerangkanya yang dapat dilipat menjadi bentuk lebih kecil, jadi pengguna akan mudah membawanya ke berbagai tempat. Hal tersebut membuat sepeda ini cocok digunakan oleh orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, karena bisa dibawa pada transportasi umum, misalnya KRL, bahkan bisa dimasukkan ke dalam bagasi mobil.

6. City Bike

City bike memiliki ciri khas terdapat keranjang pada bagian depannya dan mempunyai rangka yang rendah, jadi sering dipilih oleh para wanita. Sepeda ini cukup mudah ditemui di kota-kota yang menjadikan sepeda sebagai kendaraan utamanya, misalnya berbagai kota di Eropa. Selain keranjang, pada bagian belakang sepeda biasanya terdapat jok tambahan ya untuk memboncengkan orang lain.

7. Touring Bike

Memiliki kerangka yang sangat kuat, touring bike biasanya dilengkapi dengan lampu penerangan, jadi Anda tetap bisa berkendara dengan aman di malam hari. Ketika membeli sepeda jenis ini, biasanya sudah ada juga pelindung rantai sebagai fitur keamanan tambahan

Kesimpulan

Sepeda fixie merupakan sepeda yang hanya memiliki satu gear atau yang dikenal dengan nama fixed gear dan cocok di pakai untuk berbagai macam  keperluan, baik itu berolahraga maupun bersepeda santai. pada artikel ini sudah di bahas secara lengkap mengenai rekomendasi sepeda fixie serta sekilas tentang jenis sepeda lain selain sepeda fixie.